ANALISIS STRATEGI KLASTER INDUSTRI CANTING CAP DI KOTA PEKALONGAN
Keywords: analisis GE, analisis SWOT, canting cap industry cluster, GE analysis, klaster industri canting cap, SWOT analysis
Abstract
In this study aims to analyze the strategic position of the canting cap industry cluster in Pekalongan City. The population in this research is the perpetrators of micro and small and medium enterprises canting cap in Pekalongan City. To determine the strategic position of cluster canitng cap, SWOT analysis and General Electric (GE) analysis were used. The results show that the canting cap industry clusters have a medium-sized competitive appeal and strength, so the right strategy to develop a canting cap is to identify growth factors, specialization and selective investment.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi strategis dari klaster industri canting cap di Kota Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha mikro kecil dan menengah canting cap di Kota Pekalongan. Untuk menentukan posisi startegis klaster canitng cap digunakan analisis SWOT dan analisis General Elektrik (GE). Hasil penelitian menunjukkan posisi klaster industri canting cap mempunya daya tarik dan kekuatan persaingan yang menengah, sehingga strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha canting cap adalah mengidentifikasi faktor pertumbuhan, spesialisasi, dan melakukan investasi yang selektif.Downloads
Download data is not yet available.
References
Arabzad, Mohammad S., Ghorbani, Mazaher., Razmi, Jafar., & Shirouyehzad, Hadi. (2015). Employing fuzzy TOPSIS and SWOT for Suplier Selection and Order Alllocation Problem. The International Journal of Advanced Manufacturing Technology, Vol 76 hal. 803-818.
Aritonang, L.R. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2018. Pertumbuhan Produksi Triwulan Industri Mikro dan Kecil Menurut Provinsi. Badan Pusat Statistik.
Dalmiyatun, T., Prastiwi, W.D., & Setiyawan, H. (2017). Analisis General Elektrik Matrik Usaha Beras Organik di Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Vol 1 No 2 hal. 174-182.
David, Fred R. (2003). Manajemen Strategis Konsep terjemahan. Jakarta: Perbahalindo.
Hadi, Syamsul., Wasahua, Olos., & Masri, Zainal Arifin. (2017). Metode Analisis SWOT dalam Pelaksanaan One Village One Product Agribisnis Hortikultura. Journal Applied Business and Economics, Vol 4 No 2. Hal. 159-172.
Idris, Junainah & Wahab, Norazla Abdul. (2015). The Competitive Advantages of Sharia –Compliant Hotel Concept in Malaysia: SWOT Analysis. Proceding of the 2th International Conference on Management and Muamalah 2015.
Ikhsan, Sadik & Aid, Artahnan. (2011). Analisis SWOT untuk Merumuskan Strategi Pengembangan Komoditas Karet di Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Jurnal Agribisnis Pedesaan. Vol 1 No 3. Diakses dari http://www.academia.edu/download/31859843/ 013_1Sadik-SWOT.doc pada tanggal 19 Februari 2018.
Kajanus, Miika., Leskinen, Pekka., Kurttila, Mikko., & Kangas, Jyrki. (2012). Making Use of MCDS metdhods in SWOT Analysis-Lesson Learnt in Strategic Natural Resourcer Management. Journal of Forest Policy and Economics, Vol 20. Hal. 1-9.
Kuncoro, Mudrajad, (2006). Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Bersaing. Jakarta: Erlangga.
Lestari, Etty P. (2010). Penguatan Ekonomi Industri Kecil dan Menengah Melalui Platform Klaster Indutri. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol 6 No 2. Hal 146-157.
Machmud, Senen & Sidharta, Iwan. (2014). Business Model for SME’s in Bandung: SWOT Analysis. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterpreneurship, Vol 8 No 1. Hal.51- 61.
Nugroho, B.A.A & Nurcahyanto, Herbasuki. (2016). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, Vol 5 No 1. Diakses dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ jppmr/article/view/10431/10133 pada tanggal 19 Februari 2018.
Rangkuti, Freddy. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.
Susanti, Aries., Handayani, Naniek Utami., & Jati, Prima Andidya. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perumbuhan Klaster Batik Pekalongan (Studi Kasus pada Klaster Batik Kauman, Pesindon dan Jenggot. Jurnal Teknik Industri, Vol 8 No 1 hal. 1-14.
Yunanto. Ary. (2011). Analisis Posisi Strategis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Shuttlecock. Prosisding Seminar, Vol 1 No 1. Diakses dari http://journal.unipdu.ac.id/index.php/ seminas/article/view/29 pada tanggal 28 Februari 2018.
Aritonang, L.R. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2018. Pertumbuhan Produksi Triwulan Industri Mikro dan Kecil Menurut Provinsi. Badan Pusat Statistik.
Dalmiyatun, T., Prastiwi, W.D., & Setiyawan, H. (2017). Analisis General Elektrik Matrik Usaha Beras Organik di Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Vol 1 No 2 hal. 174-182.
David, Fred R. (2003). Manajemen Strategis Konsep terjemahan. Jakarta: Perbahalindo.
Hadi, Syamsul., Wasahua, Olos., & Masri, Zainal Arifin. (2017). Metode Analisis SWOT dalam Pelaksanaan One Village One Product Agribisnis Hortikultura. Journal Applied Business and Economics, Vol 4 No 2. Hal. 159-172.
Idris, Junainah & Wahab, Norazla Abdul. (2015). The Competitive Advantages of Sharia –Compliant Hotel Concept in Malaysia: SWOT Analysis. Proceding of the 2th International Conference on Management and Muamalah 2015.
Ikhsan, Sadik & Aid, Artahnan. (2011). Analisis SWOT untuk Merumuskan Strategi Pengembangan Komoditas Karet di Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Jurnal Agribisnis Pedesaan. Vol 1 No 3. Diakses dari http://www.academia.edu/download/31859843/ 013_1Sadik-SWOT.doc pada tanggal 19 Februari 2018.
Kajanus, Miika., Leskinen, Pekka., Kurttila, Mikko., & Kangas, Jyrki. (2012). Making Use of MCDS metdhods in SWOT Analysis-Lesson Learnt in Strategic Natural Resourcer Management. Journal of Forest Policy and Economics, Vol 20. Hal. 1-9.
Kuncoro, Mudrajad, (2006). Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Bersaing. Jakarta: Erlangga.
Lestari, Etty P. (2010). Penguatan Ekonomi Industri Kecil dan Menengah Melalui Platform Klaster Indutri. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol 6 No 2. Hal 146-157.
Machmud, Senen & Sidharta, Iwan. (2014). Business Model for SME’s in Bandung: SWOT Analysis. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterpreneurship, Vol 8 No 1. Hal.51- 61.
Nugroho, B.A.A & Nurcahyanto, Herbasuki. (2016). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, Vol 5 No 1. Diakses dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ jppmr/article/view/10431/10133 pada tanggal 19 Februari 2018.
Rangkuti, Freddy. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.
Susanti, Aries., Handayani, Naniek Utami., & Jati, Prima Andidya. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perumbuhan Klaster Batik Pekalongan (Studi Kasus pada Klaster Batik Kauman, Pesindon dan Jenggot. Jurnal Teknik Industri, Vol 8 No 1 hal. 1-14.
Yunanto. Ary. (2011). Analisis Posisi Strategis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Shuttlecock. Prosisding Seminar, Vol 1 No 1. Diakses dari http://journal.unipdu.ac.id/index.php/ seminas/article/view/29 pada tanggal 28 Februari 2018.
Published
Mar 28, 2018
DOI:
How to Cite
Basir, M. A. (2018). ANALISIS STRATEGI KLASTER INDUSTRI CANTING CAP DI KOTA PEKALONGAN. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 14(1), 30–40. https://doi.org/10.33830/jom.v14i1.144.2018
Download Citation
Issue
Section
Articles
License & Copyright Holder