MODEL MANAJEMEN PEMASARAN BERSAMA BERBASIS INTERNET DALAM UPAYA MENINGKATKAN SISTEM PENJUALAN PRODUK MASYARAKAT DESA DI KABUPATEN SERANG
Keywords: model of joint marketing, model pemasaran bersama, product sales system of the village, sistem penjualan produk desa
Abstract
The research purpose was to produce a model of marketing management, the model is joint marketing management of Internet-based for village product. The results of this research are expected to overcome the deadlock village product marketing that is less extensive and often trapped by realtor marketing system. This research method used is research and development approach.The results of comparative hypotheses on marketing management model shown significant differences product sales performance effectiveness of rural communities in the district Waringin Kurung and Keramatwatu before and after implementation of the model joint marketing management based onInternet or the joint marketing management of Internet-based for village product is effective
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu model manajemen pemasaran, hasil inovasi berupa cara pengelolaan pemasaran bersama produk unggulan desa berbasis internet. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengatasi kebuntuan pemasaran produk desa yang kurang luas dan sering terjebak oleh sistim makelar pemasaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development).Berdasarkan hasil pengamartan serta analisis data penelitian menunjukan bahwa pengujian hipotesis atas penerapan model yang dilakukan secara terbatas hanya pada 2 kecamatan menunjukkan terdapat perbedaan secara signifikan efektifitas kinerja penjualan produk masyarakat desa di kecamatan Waringin Kurung dan Kecamatan Keramatwatu sebelum dan setelah penerapan model Pemasaran bersama berbasis Internet.
Downloads
References
http://esemka17a.blogspot.com/2012/01/peranan-internet-dalam-dunia-pemasaran.html.
Kotler, Philip. (2000). Marketing Management: Edisi Milenium, International Edition. Prentice Hall International, Inc, New Jersey.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian, alfabeta, Bandung: Alfabeta.
Syahza, Almasdi. (2012). Kendala pemasaran produk pertanian di pedesaan, dipublikasikan pada Inspirasi Vol 2, No 35, Lembaga Penelitian Universitas Riau.