PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL TERHADAP DISPARITAS PENDAPATAN REGIONAL DI INDONESIA TAHUN 2001-200
Keywords: data panel, desentralisasi fiskal, disparitas pendapatan regional, fiscal decentralization, Indonesia, panel data, regional income disparity
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimanakah pengaruh desentralisasi fiskal terhadap disparitas pendapatan regional di Indonesia selama periode 2001-2008. Studi dilakukan terhadap Kabupaten/Kota di Indonesia yang merupakan titik tolak dari desentralisasi di Indonesia. Sampel yang diteliti sebanyak 253 Kabupaten/Kota. Variabel yang digunakan sebagai proxy dari desentralisasi fiskal adalah: belanja langsung (desentralisasi pengeluaran), serta PAD, DAU dan Dana Bagi Hasil (desentralisasi penerimaan). Studi menggunakan pendekatan data panel dan alat analisis Least Square Dummy Variables (LSDV) atau juga dikenal sebagai Fixed Effect Model (FEM) dan Newey West Method atau juga dikenal sebagai HAC (heteroscedasticity-and autocorrelation-consistent) untuk menghilangkan heteroskedastisitas dan autokorelasi. Hasil studi menunjukkan bahwa variabel belanja langsung telah mampu untuk mengurangi disparitas pendapatan regional, sebaliknya DAU justru mengakibatkan meningkatnya disparitas pendapatan regional. Terdapat indikasi bahwa penyebab utamanya adalah adanya missallocated di dalam mekanisme alokasi DAU. Sementara itu variabel PAD dan Dana Bagi Hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap disparitas pendapatan regional.
This study aims to analyze how the influence of fiscal decentralization on regional income disparity in Indonesia during the period 2001-2008. Studies conducted on municipalities in Indonesia. 253 municipalities are used as samples. The variables used as proxies of fiscal decentralization are: direct expenditure (expenditure decentralization), and PAD, DAU and DBH (revenue decentralization). The study is using panel data approach and Least Square Dummy Variables (LSDV) as an analytical tool or also known as the Fixed Effect Modeland Newey West method or also known as HAC (heteroscedasticity-and Autocorrelation-consistent) to remove heteroscedasticity and autocorrelation. The study shows that direct expenditure variable has been able to reduce regional income disparities, on the contrary DAU has increased regional income disparity. There are indications that the main cause is the presence missallocated in DAU allocation mechanism. Meanwhile, PAD and DBH have no significant effect on regional income disparities.
Downloads
References
Amri, P, D. (2000). Dampak ekonomi dan politik UU No. 22 dan 25 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah. Jakarta: CSIS Working Paper Series.
Badan Pusat Statistik. (2002). Berita resmi statistik No. 07/V/18 Februari 2002. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2003). Berita resmi statistik No. 08/VI/17 Februari 2003. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2004). Berita resmi statistik No. 12/VII/16 Februari 2004. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2004). Statistik keuangan pemerintah kabupaten/kota 2001-2003. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2005). Berita resmi statistik No. 12/VIII/16 Februari 2005. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2005). Statistik keuangan pemerintah kabupaten/kota 2003-2004. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2005). Produk domestik regional bruto kabupaten/kota di Indonesia 2000-2004. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2006). Berita resmi statistik No. 09/IX/15 Februari 2006. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2006). Statistik keuangan pemerintah kabupaten/kota 2004-2005. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2007). Berita resmi statistik No. 10/02/Th. X, 16 Februari 2007. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2007). Statistik keuangan pemerintah kabupaten/kota 2005-2006. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2008). Berita resmi statistik No. 10/02/Th. XI, 15 Februari 2008. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2008). Statistik keuangan pemerintah kabupaten/kota 2006-2007. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2008). Produk domestik regional bruto kabupaten/kota di Indonesia 2003-2007. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2009). Berita resmi statistik No. 11/02/Th. XII, 16 Februari 2009. Jakarta: BPS.
B
adan Pusat Statistik. (2009). Statistik keuangan pemerintah kabupaten/kota 2007-2008. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2009). Produk domestik regional bruto kabupaten/kota di Indonesia 2004-2008. Jakarta: BPS.
Bahl. (2002). Fiscal decentralization in Indonesia: The first year in review and the challenges ahead. Maryland: Center for Institutional Reform and the Informal Sector (IRIS) University of Maryland at College Park.
Besley & Ghatak. (2003). Indonesia intergovernmental transfer in decentralization era: The case of general allocation fund. Tokyo: An International Symposium on Intergovernmental Trasfers in Asian Countries: Issues and Practices 9-10 Februari 2001.
Bonet, J. (2006). Fiscal decentralization and regional income disparities: Evidence from the Columbian experience. The Annals of Regional Science, 40, 661-676.
Brodjonegoro, B. (2001). Incentives, choice, and ain the provision of public services. Oxford Review of Economic Policy, 19, 235-249.
Brodjonegoro, B., & Martinez-Vazquez, J. (2002). An analysis of Indonesias transfer system: Recent performance and future prospects. United States of America: Andrewn Young School of Policy Studies & Georgia State University.
Cheshire, & Gordon. (1998). Territorial competition: Some lessons for policy. Annuals of Regional Science, 32, 321-346.
Dartanto, T., & Brodjonegoro, B.P.S. (2003). Dampak desentralisasi fiskal terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesenjangan daerah. Indonesian Journal of Economics and Development, 4(1), 17-37.
Djoni Hartono, & Tony Irawan. (2008). Decentralization policy and equality: A theil analysis of Indonesian income inequality. Bandung: Padjadjaran University.
Gil, Pascud, & Rapun. (2002). Decentralization and regional economic disparities. Pamplona: Universidad Pblica de Navarra.
Gujarati, D, N. (2004). Basic econometrics, (4th ed). United States of America: McGraw-Hill Companies.
Hyman, D. N. (1999). Public finance: A contemporary application of theory to policy. United States of America: The Dryden Press.
Mardiasmo. (2009). Kebijakan awal desentralisasi fiskal 1999-2004 dalam Abimanyu, Anggito dan Megantara, Andie, Era baru kebijakan fiskal; pemikiran, konsep dan implementasi. Jakarta: Penerbit Kompas.
Martinez-Vzquez, & McNab. (2003). Fiscal decentralization and economic growth. World Development, 31, 1597-1616.
McKinnon. (1997). Market Preserving Fiscal Federalism in The American Monetary Union dalam Vito Tanzi ed. Macroeconomic Dimensions of Public Finance: Essays in Honour of Vito Tanzi. Vol 36, Routledge, London, hlm 73-93.
Oates, W.E. (1972). Fiscal federalism. New York: Hartcourt Brave Jovanovich.
Presiden Republik Indonesia. (2007). Peraturan presiden republik Indonesia No. 110 Tahun 2007 Tentang Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2008. Jakarta: available online at www.djpk.depkeu.go.id.
Presiden Republik Indonesia. (2008). Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 74 Tahun 2008 Tentang Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2009. Jakarta: available online at www.djpk.depkeu.go.id.
Presiden Republik Indonesia. (2009). Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 53 Tahun 2009 Tentang Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2010. Jakarta: available online at www.djpk.depkeu.go.id.
Prudhomme, R. (1995). The dangers of decentralization. World Bank Research Observer, 10, 201-220.
Qian & Weingast. (1997). Federalism as a commitment to preserving market incentives. Journal of Economic Perspectives, 11, 83-92.
Qiao, et.al. (2003). The trade off between growth and equity in decentralization policy: Chinas Experience. United States of America: Andrewn Young School of Policy Studies & Georgia State University.
Republik Indonesia. (2004). Undang Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah. Jakarta: available online at www.bpkp.go.id.
Republik Indonesia. (2008). Nota keuangan dan anggaran pendapatan & belanja negara tahun a2009. Jakarta: available online at www.fiskal.depkeu.go.id.
Resosudarmo, B, P. (2005). The politics and economics of Indonesia natural resources. Singapore: Institute for Southeast Asian Studies.
Rodrguez-Pose, A, & Ezcurra, R. (2009). Does decentralization matter for regional disparities? A cross country analysis. Madrid: IMDEA.
Shah, A, dan Thompson, T. (2004). Implementing decentralized local governance: A threacherous road with potholes, detours, and road closures. Washington DC: World Bank.
Shankar, R., & Shah, A. (2003). Bridging the economic divide within countries: A scorecard on the performance of regional policies in reducing regional income disparities. World Development, 31(8), 14211441.
Siddik, M. (2009). Kebijakan awal desentralisasi fiskal 1999-2004 dalam Abimanyu, Anggito dan Megantara, Andie, Era baru kebijakan fiskal; Pemikiran, konsep dan implementasi. Jakarta: Penerbit Kompas.
Sjafrizal. (2008). Ekonomi regional: Teori dan aplikasi. Padang: Badouse Media.
Waluyo, J. (2007). Dampak desentralisasi fiskal terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan antar daerah di Indonesia. Depok: Parallel Session IA: Fiscal Decentralization 12 Desember 2007.
Weingast. (1995). The economic role of political institutions: Market-preserving federalism and economic development. Journal of Law, Economics, and Organization, 11, 1-31.
Widhiyanto, I. (2008). Fiscal decentralization and Indonesia regional income disparity, Jurnal Keuangan Publik, 5(1), Oktober 2008.
Williamson. (1965). Regional inequality and the process of national development. Economic Development and Cultural Change, 4, 3-47.
Work. (2002). Overview of decentralization worldwide: A stepping stone to improved governance and human development. Manila 2nd International Conference on Decentralization.