REPOSITIONING TOURISM IN INDONESIA USING CONCEPTUAL MODEL OF STRATEGIC MARKETING
Keywords: culture base, epositioning/positioning, strategic marketing, tourism
Abstract
Tulisan ini mengetengahkan suatu model untuk mereposisi sektor pariwisata di Indonesia dengan menekankan pada pengembangan strategi pemasaran. Pengembangan model ini lebih melihat pada aspek kontekstual strategis. Bahasan terfokus pada repositioning pariwisata dengan menggunakan tiga tahapan strategis: analisis situasi saat ini, proses dan implementasi. Beberapa teori pemasaran seperti differentiation, segmentation dan positioning digunakan sebagai pendekatan untuk mengidentifikasi persepsi dan preferensi konsumen terhadap produk dan service yang dihasilkan oleh sektor pariwisata. Paradigma ‘cultur base’ yang melandasi teori ini menggunakan pendekatan konsep experience marketing yang menekankan pada sisi keatraktifan dan keunikan dalam menciptakan competitive advantage. Model ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memecahkan problem sektor pariwisata secara komprehensif.
Downloads
References
Al Ries & Trout, J. (1998). Pemasaran adalah perang. Visi eksekutif, No.1, Agustus.
Al Ries & Trout, J. (2001). Positioning: The battle for your mind. Salemba 4, Jakarta.
Belch & Belch. (2001). Customer behavior. New York: Prentice Hall.
Boone & Kurtz. (1999). Contemporary marketing. London: The Dryden Press.
Bradley, F. (1995). Marketing management: Providing, communicating, and delivering value. London: Prentice Hall.
Biro Pusat Statistik (2006). Laporan Perekonomian Indonesia. Jakarta.
Hawkins, C.B. (1998). Customer ehavior: Building Marketing Strategy (7th ed). Chicago: Irwin Mc Graw Hill.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2006). Marketing management (12th ed). New Jersey: Person International, Prentice Hall.
Kusworo, H.A. (2000). Menyambung rantai putus pariwisata Indonesia. Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata, Universitas Gajah Mada.
Malhotra, N.K. (1999). Marketing research: An applied orientation (3rd ed). New Jersey: Prentice Hall.
Murphy, P.E. (1995). Tourism: Economic, physical, and social impact. New York: Long Man, Inc.
Mc Carthy. R., Perrelaut J.R., & William D. (1999). Basic marketing: A global mangarial approach. Boston: Irwin, Mc Graw–Hill.
Pariwisata Indonesia. (2006, 9 Februari). Kompas, hal. 10.
Peter, J.P. & Olson, J.C. (1999). Consumer behavior and marketing strategy, (2nd ed). Homewood Il: Richard D. Irwin, Inc.
Pride, W.P. (1995). Marketing. Boston: Houghton Mifflin Company.
Soekidjo. (2000). Pariwisata sebagai systematic linkage. Jakarta: PT Gramedia.
Suwantoro, G. (1997). Dasar-dasar pariwisata. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Wisata pasar, pasar wisatawan. (2002, 2 Mei). Kompas, hal. 12.