PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SEDERHANA DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK
Keywords: media flashcard, keterampilan berhitung sederhana, perkembangan kognitif
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan berhitung sederhana dan perkembangan kognitif pada kelompok A dan B di TKIT Nusantara Banten. Variabel X (media flashcard) memiliki 9 indikator, Y1 (keterampilan berhitung sederhana) memiliki 6 indikator. Variabel Y2 (perkembangan kognitif) terdapat 22 indikator. Desain penelitian menggunakan kuantitatif kausal. Metode penentuan luas wilayah dengan cara purposive sampling. Teknik studi demografi melibatkan 31 anak kelompok A dan B. Teknik pengumpulan data: 1). observasi, 2). wawancara, 3). dokumen. Hasil wawancara kemudian ditransformasikan ke dalam beberapa uji instrumental yaitu uji validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji hipotesis klasik yang meliputi uji normalitas, uji validitas, dan uji reliabilitas, uji homogenitas, uji autokorelasi dan uji korelasi, uji heterogenitas, dan terakhir pengujian hipotesis meliputi uji t dan uji F. Hasil uji t X dibandingkan sig Y1<0,05 (0,000). Terdapat pengaruh penggunaan media flashcard terhadap perkembangan kognitif anak kelompok A dan B di TKIT Nusantara Banten. Ada pengaruh media flashcard terhadap kemampuan berhitung sederhana anak kelompok A dan B di TKIT Nusantara Banten.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 Amat Hidayat Amat Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.