Hubungan Pendidikan Prasekolah Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Usia 6-8 Tahun
Keywords: Preschool Education, PAUD , Perkembangan Kognitif
Abstract
Pendidikan prasekolah memiliki peran yang penting bagi perkembangan seorang peserta didik. Pendidikan prasekolah atau pendidikan anak usia dini memiliki kurikulum yang berfungsi sebagai pedoman umum dalam penyelenggaraan sistem pendidikan. Salah satu aspek kurikulum pendidikan prasekolah yaitu kognitif. Perkembangan kognitif berkaitan dengan potensi kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang meliputi kemampuan berpikir dan memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pendidikan prasekolah terhadap perkembangan kognitif peserta didik usia 6-8 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan prasekolah terhadap perkembangan kognitif sebesar 7,3%.
Copyright (c) 2024 Khairussalwa Wasalsabila, Mega Febriani Sya, Yusuf Safari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.