PENINGKATAN KUALITAS ARTISTIK LINGKUNGAN MELALUI MEDIA MURAL DI RPTRA KELURAHAN KRENDANG, JAKARTA BARAT

Authors

  • Elda FRANZIA Universitas Trisakti
  • Yosua Reydo RESPATI Universitas Trisakti
  • Ekananda HARYADI Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v3i1.1335

Abstract

The Community Service activity held by Trisakti University, Faculty of Art and Design, Visual Communication Design Program, through Multi 2-1 Program Theme “The Enhancement of Knowledge and Environment Quality Training“ in Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, West Jakarta. The Multi Program is prime program from Community Service Agency of Trisakti University, and one of them located at Kelurahan Krendang. The Environmentally Friendly Integrated Public Space (RPTRA) is an open space area functioned as the center of social activity in Kelurahan Krendang including sports and social community activites. RPTRA Krendang in under development and has many blank wall spaces functioned as activity limit area. This program aims in to improve the quality of environment and develop man power creative quality in Kelurahan Krendang. The program’s target is orange troops and the Karang Taruna youngsters at Kelurahan Krendang with trainer from lecturer and students of Visual Communication Design Program. The program’s participants are 16 men with age range 20-40 years old. The method are three activities stages which are (1) training with lecture, discussion, and Q&A method, (2) lecture of mural making procedures, (3) mural making practice with sketching techniques. The results are 7 (seven) wall area painted in mural with variative and creative images made by participants.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh Universitas Trisakti, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Program Studi Desain Komunikasi Visual melalui program Multi 2-1 dalam tema besar “Peningkatan Pengetahuan dan Pelatihan Perbaikan Kondisi Lingkungan†di Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Program Multi merupakan program unggulan yang dikelola oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Trisakti dan salah satunya berlokasi di Kelurahan Krendang. Ruang Publik Terpadu Ramah Lingkungan (RPTRA) merupakan ruang terbuka yang menjadi pusat aktivitas masyarakat di Kelurahan Krendang, termasuk kegiatan olah raga dan kegiatan sosial masyarakat. Kondisi RPTRA Krendang belum terolah dan memiliki banyak area dinding kosong yang juga berfungsi sebagai batas area kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk perbaikan kualitas lingkungan dan pengembangan kreativitas sumber daya manusia di Kelurahan Krendang. Sasaran kegiatan adalah pasukan oranye dan remaja Karang Taruna di Kelurahan Krendang. Pelatihan diikuti oleh 16 orang peserta dengan rentang usia 20-40 tahun dengan pemateri dosen dan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual. Metode pelatihan dilakukan dalam beberapa tahapan kerja yaitu (1) pelatihan dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab, (2) penyuluhan tahapan kerja pembuatan mural, (3) praktik pembuatan mural dengan teknik sketsa langsung. Hasil dari kegiatan ini adalah 7 (tujuh) area dinding yang terolah menjadi mural dengan gambar-gambar yang variatif dan kreatif yang dibuat oleh para peserta pelatihan.

Author Biographies

Elda FRANZIA, Universitas Trisakti

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain

Yosua Reydo RESPATI, Universitas Trisakti

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain

Ekananda HARYADI, Universitas Trisakti

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

Alizamar, & Couto, N. (2016). Psikologi Persepsi dan Desain Informasi. Yogyakarta: Media Akademi.
Althaf, M. A., & Aditya, D. K. (2017). Mural Sebagai Media Edukasi Mengenai Kebudayaan Kecamatan Bojongsoang dengan Memanfaatkan Ruang Dua Dimensi yang Terbengkalai. E-Proceeding of Art & Design, 4(3), 438–446.
Endriawan, D., Maulana, T. A., & Sadono, S. (2017). Mural Sebagai Media Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. In Seminar Nasional Seni dan Desain FBS Unesa. Surabaya. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/196120-mural-sebagai-media-pendidikan-dan-penga-c50e43d6.pdf.
Herlina, N., & Nadiroh, N. (2018). Peran Strategis Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (Rptra) Dalam Rangka Pemenuhan Hak Anak Terhadap Lingkungan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 104–117. https://doi.org/10.21009//jpud.121.09.
Tabrani, P. (2006). Kreativitas dan Humanitas. Yogyakarta: Jalasutra.
Triyanto. (2016). Paradigma Humanistik dalam Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi, X(1), 1–10.

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles