JEJARING USAHA “RASENDRIYA KRIYA TULANG DAUN” SEBAGAI STRATEGI KEBERLANJUTAN PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA PRODUK INTELEKTUAL KAMPUS

Authors

  • Amin RETNONINGSIH Universitas Negeri Semarang
  • Widowati Widowati Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad KHAFID Universitas Negeri Semarang
  • Sucihatiningsih Dian Wisika PRAJANTI Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v3i1.1342

Abstract

Woody tree leaves have diverse shapes and repeats. The skeleton leaves in the woody plant group are quite strong and have a unique shape so that they can become as the raw material for making exclusive crafts. Raw materials of skeleton leaves have been used by the business unit "Rasendriya Kriya Tulang Daun" as the main ingredient in making six types of crafts. This business unit was born from the service community of the Campus Intellectual Product Development Program (PPUPIK) at Universitas Negeri Semarang (UNNES). In addition to producing crafts, Rasendriya also provides training services ranging from the manufacturing and coloring of skeleton leaf to make craft products. Rasendriya's goal is to become an innovative business unit that is able to motivate students to become entrepreneurs while contributing income generating for UNNES. One of the craft products that is in great demand by consumers is painting on skeleton leaves. This product marketing can reach various consumers from individuals to government and private institutions. The key to successful marketing is a wide network of institutions such as banks, the Department of Trade and the Office of Cooperatives. These institutions routinely provide training to improve managerial skills and facilitate exhibitions for promotion so that Rasendriya products are widely known at local, national and international events, as well as they become customers of painting products on skeleton leaves as souvenirs of the company/institution. An extensive network encourages Rasendriya to continue to increase the quantity of quality products so that the sustainability of the campus business as income generating can be predicted.

Daun pohon berkayu memiliki bentuk dan pertulangan yang beranekaragaman. Tulang daun pada kelompok tanaman tersebut cukup kuat dan bentuknya unik sehingga dapat menjadi bahan baku pembuatan kriya/kerajinan yang eksklusif. Bahan baku tulang daun telah digunakan unit usaha “Rasendriya  Kriya Tulang Daun†sebagai bahan utama pembuatan enam jenis kriya. Unit usaha ini lahir dari skema pengabdian Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Selain memproduksi kriya, Rasendriya juga menyediakan  jasa pelatihan mulai dari pembuatan dan pewarnaan tulang daun hingga pembuatan produk kriya. Tujuan Rasendriya adalah menjadi unit usaha inovatif yang mampu memotivasi mahasiswa menjadi wirausaha sekaligus memberikan kontribusi income generating untuk UNNES. Salah satu produk kriya yang sangat diminati konsumen adalah lukisan di atas tulang daun. Pemasaran produk ini dapat menjangkau berbagai lapisan konsumen mulai perseorangan hingga lembaga pemerintah maupun swasta. Kunci keberhasilan pemasarannya adalah jejaring yang luas dengan berbagai lembaga yang relevan seperti bank, Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi. Lembaga-lembagl tersebut secara rutin memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan manajerial dan memfasilitasi pameran untuk promosi sehingga produk Rasendriya dikenal luas, baik pada event lokal, nasional, maupun internasional, sekaligus mereka menjadi pelanggan produk lukisan di atas tulang daun sebagai souvenir perusahaan/lembaga tersebut. Jejaring yang luas mendorong Rasendriya untuk terus meningkatkan  kuantitas produk berkualitas sehingga keberlanjutan usaha kampus sebagai income generating dapat diprediksikan.

Author Biographies

Amin RETNONINGSIH, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Widowati Widowati, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Muhammad KHAFID, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Sucihatiningsih Dian Wisika PRAJANTI, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Badarudin R. (2012). Ekonomika Otonomi Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Barovih G. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Kepada Pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Produsen Pia Kota Palembang. Comvice, Vol 2 No 2, Oktober2018 http://ejournal.stiedewantara.ac.id/ index.php/COMVICE/issue/view.
Fiati R & Zulfiyati. (2016). Strategi Pengembangan Jaringan Usaha Umkm Pigura Kaligrafi Memasuki Pasar Ekspor. Jurnal DIANMAS, 5 (1): 53-62.
Gunartin. (2017). Penguatan UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Eduka Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis, 1 (V):59-74.
Ie H, Oroh SG, & Meniharapon S. (2015). Penerapan Strategi Promosi Pada Pemasaran Produk Federal Parts Cv. Kanaka Jaya Manado. Jurnal Emba, 3(2):650-659.
Juditha C. (2017). Memahami Struktur Jaringan Media Sosial sebagai Cara Strategis Periklanan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Pekommas, 2 (1): 99-114.
Kartawinata K. (2010). Dua Abad Mengungkap Kekayaan Flora dan Ekosistem Indonesia. Makalah pada Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture X. LIPI, 23 Agustus 2010.
Masitoh MR, Wibowo HA, & Sunaryo D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online Tokopedia. Jurnal Manajemen, 8(1):61-77.
Nurhayati. (2019). Belanja “Online” Sebagai Cara Belanja Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kajian Budaya Di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh) Aceh. Anthropological Journal, 1 (2):1-22.
Putra AH. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2): 40-52.
Retnoningsih A, E. Soesilowati, & Widowati. (2014a). Pengembangan Kluster Industri Kertas Handmade Berbahan Baku Gulma dan Limbah di Kelurahan Plalangan, Kecamatan Gunungpati Semarang. Laporan KKN-PPM.
Retnoningsih A, E. Soesilowati, & Widowati. (2014b). Pemberdayaan Masyarakat di Plalangan Gunungpati Semarang Melalui Pengembangan Industri Kriya Berbahan Baku Kerangka Daun. Proceeding Seminar Nasional Percepatan Desa berdikari melalui Pemberdayaan Masyarakat dan Inovasi teknologi. Universitas Sordirman Purwokerto, 20-21 Nopember 2014.





Sofyan S. (2017). Peran Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia, 11(1):33-63.
Wahyuningtyas P, Sukmawati A, & Kartika L. (2014). Peningkatan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kluster Kerajinan di Kota Depok Menggunakan The House Model. Jurnal Manajemen dan Organisasi V (2):154-166.
Williams O, Akinlabi B, & Sufian JB. (2012). The Impact of Sales Promotion on Organization Effectiveness in Nigerian Manufacturing Industry. Universal Journal of Marketing and Business Research, 1(4):123-131.

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles