PELATIHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM MASYARAKAT DI DESA WATES KULON PROGO

Authors

  • Ferriawan Yudhanto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Rinasa Agistya Anugrah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Oki Wijaya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.1833

Keywords:

counseling and training, online marketing, pemasaran online, pengemasan produk, penyuluhan dan pelatihan, product packaging

Abstract

The government provides full support and facilities for UMKM in Wates Village, Kulon Progo Regency, to develop their business. The use of information technology is considered appropriate to be used as a solution in the marketing of the product. The purpose of this activity is to expand product marketing and create attractive packaging. The method was used is to provide counseling and training on product packaging and digital marketing. Marketing is the spearhead of a business, so it needs to be improved by utilizing existing technology or marketplaces. This activity shows that UMKM people more understand how to apply attractive packaging and used social media to support online marketing.

Pemerintah memberikan dukungan dan fasilitas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Wates Kabupaten Kulon Progo untuk terus mengembangkan usahanya. Pemanfaatan teknologi informasi dinilai tepat digunakan sebagai solusi dalam memperluas produk. Tujuan dari pengabdian ini untuk memperluas pemasaran produk dan membuat kemasan yang menarik. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang pengemasan produk dan pemasaran digital. Pemasaran menjadi ujung tombak dalam suatu usaha, sehingga perlu ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi atau marketplace yang sudah ada. Hasil dari kegiatan ini yaitu para pelaku UMKM lebih memahami bagaimana cara mengaplikasikan kemasan yang menarik dan menggunakan media sosial dalam mendukung pemasaran secara online.

Author Biographies

Rinasa Agistya Anugrah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Program Studi Teknologi Mesin, Fakultas Program Vokasi

Oki Wijaya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

References

Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Hartono, S., & Ubed, R. S. (2018). Pelatihan Online Marketing kepada Pelaku UMKM Desa Cibogo, Cisauk, Tangerang. Prosiding Sembadha, 1(1), 270-274.

Istiqomah, S., Fajaryanti, Y., & Dewi, A. S. (2020). Peningkatan Kinerja Bisnis Melalui Strategi Pemasaran Berbasis Online pada UKM Produk Camilan Tradisional. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 5-18.

Kristiyanti, M., & Rahmasari, L. (2015). Website sebagai media pemasaran produk-produk unggulan umkm di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 186-196.

Makmun, S. (2020). Pelatihan Pengemasan Dan Pemasaran Produk Secara Digital. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 3(2), 170-187.

Downloads

Published

2022-03-17

Issue

Section

Articles