PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN BANK SAMPAH SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN LIMBAH PLASTIK DI DESA API - API KECAMATAN WONOKERTO KABUPATEN PEKALONGAN

Authors

  • Mochammad Najmul Afad IAIN Pekalongan
  • Evi Oiyah IAIN Pekalongan
  • Nur Fajariyah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i1.1982

Keywords:

Pemberdayaan, Ekonomi kreatif, Bank Sampah, Kesejahteraan

Abstract

This community service program is a form of community service activity. This service focuses on community
empowerment in the creative economy through TPS Bestari. The purpose of this service is to provide related
knowledge the amount of potential that can be developed from the Bestari TPS which can increase welfare
community and at the same time as an effort to overcome the waste problem in Api-api Village. Service
activities are located in Api – Api Village, Wonokerto District, Pekalongan Regency with the people of Dusun
Pegedangan Desa Api – Api RT 01/ RW 01 as the target object. The result of this research is TPS Bestari
with the organization changed to Bank waste becomes a place for local communities to develop collective
awareness in protect the environment and develop the creative economy and create an independent
economy.

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat ini sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan sebagai solusi dalam menyelesaikan masalah yang sedang dialami. Pengabdian ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat dibidang ekonomi kreatif melalui TPS Bestari. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan terkait besarnya potensi yang dapat dikembangkan dari TPS Bestari yang dapat meningkatan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan sampah di Desa Api-api. Kegiatan pengabdian berlokasi di Desa Api – Api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan dengan masyarakat Dusun Pegedangan Desa Api – Api RT 01/ RW 01 sebagai objek sasarannya. Hasil dari penelitian ini adalah TPS Bestari dengan pengorganisasian yang diubah menjadi Bank sampah menjadi wadah bagi masyarakat setempat dalam mengembangkan kesadaran kolektif dalam menjaga lingkungan hidup serta mengembangkan ekonomi kreatif dan menciptakan ekonomi mandiri.

References

Ayu, T. S., Najmul, A. M., dan Lutfi, H. M., (2021), Merdeka Belajar Dari Rumah: Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lokalitas Dimasa Pandemi Covid-19, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, Volume 9, No. 1, Hlm 36-37.
Bachtiar, H, Hanafi, I. dan Rozikin, M., Pengembangan Bank Sampah Sebagai Bentuk Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah (Studi Pada Koperasi Bank Sampah Malang, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 1.
Purnama, P. H., dan Yuriandala Y., (2010), Studi Pemanfaatan Sampah Plastic Menjadi Produk Dan Jasa Kreatif, Jurnal Sainsndan Teknologi Lingkungan Vol. 2 No. 1.
Linda, R., (2016), Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Daur Ulang Sampah Plastik (Studi Kasus Bank Sampah Berlian Kelurahan Tangkerang Labuai), Jurnal Al-Iqtishad, Edisi 12 Volume I.
Selomo, M. B., Agus B. M., dan Anwar M., (2016), Bank Sampah Sebagai Salah Satu Solusi Penanganan Sampah Di Kota Makassar, Jurnal Mkmi, Vol. 12 No. 4.
Setiawan, W, J., Hartati S, dan Legowati, E., (2021), Pengabdian Masyarakat Bagi Relawan Sampah Di Desa Kemantren J-ABDIPAMAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5, No. 1, Hal. 8.
Suryani, Anih, Sri, (2014), Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang), Aspirasi Vol. 5 No. 1.

Downloads

Published

2023-03-29

Issue

Section

Articles