PENERAPAN VISUAL BRANDING AGRO-EDU WISATA DESA DATARAN KEMPAS SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN PROMOSI PARIWISATA

Authors

  • Ulfa Khaira Universitas Jambi
  • Indra Weni Universitas Jambi
  • Edi Saputra Universitas Jambi
  • Zainil Abidin Universitas Jambi
  • Yolla Noverina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.2295

Keywords:

agro-educational tourism, agro-eduwisata, dataran kempas village, desa dataran kempas, visual branding

Abstract

Dataran Kempas Village has a lot of potential in agriculture so it has the opportunity to be developed into agro-edu tourism. Currently, Dataran Kempas Village together with farmer groups are pioneering a self-help agricultural and rural training center, namely an educational tourism area and applied technology, integrated tourism agro-education in rural areas. The image of Dataran Kempas Village as an agro-educational tourism destination is not yet very popular, and there is no visual identity that portrays Dataran Kempas village as a village that has agro-education potential. In this community service, training related to visual branding is carried out as a strategy to strengthen tourism promotion, making Agro-Edu Wisata logo designs, stationary sets, and merchandise. This Community Service (PPM) implementation activity was carried out in 2 activity sessions. The first session was a discussion with village officials and farmer groups on ideas to strengthen tourism promotion through visual branding. The second session will include training in creating attractive visual content designs for social media using simple applications. The result of this activity is the existence of a visual branding identity owned by partners such as the logo design of the Agro-Edu Wisata Desa Dataran Kempas, stationary sets, and merchandise as an effort to strengthen the brand image. From visual content design training using the Photoroom and Canva applications, managers of farmer groups and youth organizations are able to edit product photos to become more attractive and be able to create product promotion designs for social media.

Desa Dataran Kempas memiliki banyak potensi di bidang pertanian sehingga berpeluang untuk dikembangkan menjadi agro-edu wisata. Saat ini Desa Dataran Kempas bersama kelompok tani sedang merintis pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya yaitu kawasan wisata pendidikan dan teknologi terapan, agro edukasi wisata terpadu dalam kawasan pedesaan. Citra Desa Dataran Kempas sebagai destinasi agro-edu wisata belum begitu populer, serta belum adanya identitas visual yang mencitrakan desa Dataran Kempas sebagai desa yang memiliki potensi agro-edu wisata. Pada pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pelatihan terkait visual branding sebagai strategi penguatan promosi wisata, pembuatan desain logo Agro-Edu Wisata, stationary set, dan merchandise. Kegiatan pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan dalam 2 sesi kegiatan. Sesi pertama dilakukan diskusi bersama perangkat desa dan kelompok tani mengenai gagasan untuk menguatkan promosi wisata melalui visual branding. Sesi kedua akan dilakukan pelatihan membuat desain konten visual yang menarik untuk media sosial dengan menggunakan aplikasi sederhana. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya identitas visual branding yang dimiliki oleh mitra seperti desain logo Agro-Edu Wisata Desa Dataran Kempas, stationary set, dan merchandise sebagai upaya penguatan brand image. Dari pelatihan desain konten visual menggunakan aplikasi Photoroom dan Canva, pengelola kelompok tani dan karang taruna mampu melakukan editing foto produk menjadi lebih menarik serta mampu membuat desain promosi produk untuk media sosial.

References

Dharmadi, A. L., Tanudjaja, B. B., & Salamoon, D. K. (2016). Perancangan Visual Branding Sebagai Media Promosi Kampoeng Djawi Kabupaten Jombang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 10.

Harisaputra, I. L. (2021). TA: Perancangan Destination Branding Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Pradana, K. W. A., Swendra, C. G. R., & Sari, N. L. D. I. D. (2020). Branding Desa Kerta Sebagai Destinasi Wisata Di Kabupaten Gianyar. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(2), 56-67.

Ramadhani, F. (2020). Strategi Perancangan Rebranding Kabupaten Tuban Yang Memiliki Potensi Religi, Budaya Dan Sejarahnya. DeKaVe, 1(2), 1-13.

Syah, T. Y. R., & Yanuar, T. (2013). Perbedaan Pengaruh Citra Merek dan Reputasi Perusahaan terhadap kualitas produk, nilai pelanggan dan loyalitas pelanggan di Pasar Bisnis. Esa Unggul University.

Yanti, F., Zubaidah., Ahdi, S. (2017). Perancangan Visual Branding Kota Sawahlunto. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

Downloads

Published

2022-03-14

Issue

Section

Articles