PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DENGAN PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI AREA BERMAIN BALITA LINGKUNGAN RW 014 KELURAHAN SERUA, CIPUTAT

Authors

  • Heriani Heriani Universitas Terbuka
  • Trini Prastati Universitas Terbuka
  • Rahmad Purnama Universitas Terbuka
  • Tutisiana Silawati Universitas Terbuka
  • Faizal Madya Universitas Terbuka
  • Alfiatun Ni mah Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1A.2968

Keywords:

area bermain, sosialisasi protokol covid-19, teknologi tepat guna

Abstract

Memasuki era Kebiasaan Baru (New normal) ini, aktivitas masyarakat perlahan kembali seperti sebelum pandemi dengan syarat protokol kesehatan harus selalu diperhatikan, dijalankan, dan ditaati. Para balita yang sudah mulai bosan bermain di dalam rumah, ingin bermain di luar rumah. Namun lingkungan pemukiman rumah belum mendukung dikarenaka tidak tersedia arena bermain yang dapat menjadi wahana bagi balita untuk bermain sambil belajar, belajar bergaul dengan kawan sebaya, belajar berinteraksi dengan kawan sebaya sambil menggunakan sarana/alat permainan, dan belajar mandiri dalam bermain sambil diawasi Ayah, Bunda, atau Pengasuh. Melalui Program Pengabdian Masyarakat ini, tim mencoba untuk membantu masyarakat mewujudkan kebutuhan akan ruang bermain anak yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang protokol Kesehatan untuk mencegah Penyebaran Covid-19 yang ramah lingkungan dan ramah penyandang disabilitas berupa tempat cuci tangan otomatis (Touch less) bertenaga surya. Selain membantu dalam menyediakan alat teknologi  tepat guna tersebut, Pengabdian kepada Masyarakat ini juga akan melakukan sosialisasi mengenai protokol kesehatan dan pentingnya waktu bermain kepada anak-anak dan orang tua di lingkungan RW 014 Bukit Nusa Indah, Kelurahan Serua, Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

References

ISSN: 2086-3357 (p); 2540-9182 Vol. 14, No. 1 (2020), hal. 29-50, doi: 10.20414/Qawwam.v14i1.2310. http://journal.uinmataram.ac.id/indeks.php/qawwam.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik IndonesiaNomor 23 Tahun 2017 tentang Pengembangan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa.

Rohayani, Farida. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. QAWWAM: JOURNAL FOR GENDER MAINSTREAMING.

Wonoseputro, Christine. (2007). Ruang Publik Sebagai Tempat Bermain Bagi Anak-Anak. DIMENSI TEKNIK ARSITEKTUR Vol. 35, No. 1, Juli 2007: 73- 79.

Downloads

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles