GURU SEKOLAH DASAR PINTAR ONLINE (GPO) DI KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Jaka Warsihna Universitas Terbuka
  • Andayani Andayani Universitas Terbuka
  • A.A Ketut Budiastra Universitas Terbuka
  • Monika Handayani Universitas Terbuka
  • Suryo Prabowo Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1A.2997

Keywords:

guru pintar online, problem-based leaning, SD, Tangerang Selatan

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 menutut guru menyelenggarakan pembelajaran di kelas berkualitas. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) harus dimanfaatkan oleh guru untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Belum semua guru sekolah dasar di wilayah Kota Tangerang Selatan memiliki kemampuan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. Pada masa pandemik Covid 19 menunjukkan banyak keluhan dari guru, siswa, dan orangtua tentang pemanfaatan TIK untuk pembelajaran jarak jauh. Peningkatan kemampuan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran baik di kelas secara tatap muka maupun jarak jauh harus terus dilakukan oleh guru. Pada tanggal 23 Maret sampai dengan 6 April 2021 telah dilakukan pelatihan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran di wilayah Kota Tangerang Selatan. Pelatihan tersebut dilaksanakan secara dalam jaringan yang diikuti oleh 307 guru SD Kota Tangerang Selatan. Hasil dari pelatihan tersebut menunjukkan bahwa: 1) Peserta memiliki kemampuan menyelenggarakan PJJ pada masa pandemi; 2) Peserta memiliki kesadaran pentingnya kecepatan beradaptasi dan berinovasi dalam pembelajaran terutama dalam kondisi darurat bencana misalnya Covid 19; 3) Peserta mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan aplikasi berbasis daring; 4) Peserta mampu memanfaatkan aplikasi daring untuk evaluasi pembelajaran; dan 5) Peserta mampu membuat soal/evaluasi pembelajaran dengan berpikir tingkat tinggi dan tepat.

Author Biographies

Jaka Warsihna, Universitas Terbuka

FKIP

Andayani Andayani, Universitas Terbuka

FKIP

A.A Ketut Budiastra, Universitas Terbuka

FKIP

Suryo Prabowo, Universitas Terbuka

FKIP

References

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19.

Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan learning management system (LMS) sebagai media pembelajaran online selama pandemi covid-19. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 4(2), 1–8. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicomTelp. +62-21-3905050.

Lanier, M. M. (2006). Academic integrity and distance learning. Journal of Criminal Justice Education, 17(2), 244–261. https://doi.org/10.1080/10511250600866166.

Liaw, E. (2017). Application of computer-mediated communication on teacher ef fi cacy during school-based fi eld experience. Teaching and Teacher Education, 65, 81–90. https://doi.org/10.1016/ j.tate.2017.03.002.

Livingstone, S., Mascheroni, G., Dreier, M., Chaudron, S., & Lagae, K. (2015). How parents of young children manage digital devices at home: The role of income , education and parental style. EU Kids Online, September, 3–25. https://doi.org/10.1136/bjophthalmol-2011-300110.

Markova, T., Glazkova, I., & Zaborova, E. (2017). Quality Issues of Online Distance Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237 (June 2016), 685–691. https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2017.02.043.

Mei-ju, C., Chen-hsin, Y., & Pin-chen, H. (2014). The beauty of character education on preschool children’s parent-child relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431.

Murphy, P. K., M. Delli, L. A., & Edwards, M. N. (2010). The good teacher and good teaching: Comparing beliefs of second-grade students, preservice teachers, and inservice teachers. The Journal of Experimental Education, 72(2).

Philippe, S., Souchet, A. D., Lameras, P., & Petridis, P. (2020). Multimodal teaching, learning and training in virtual reality: a review and case study. Vr-Ih.Com, 2(5), 421–442. https://doi.org/10.1016/j.vrih. 2020.07.008.

Prakoso, B. H., Ramdani, Z., & Rahmah, B. (2021). Self-introspection in teaching students with virtual learning in COVID-19 pandemic: A qualitative finding. Proceedings of the International Conference on Educational Assessment and Policy (ICEAP 2020), 12–15.

Ramdani, Z, dkk (2021), Panduan Implementasi Kurikulum di Era Digital, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rădulescu, C., & Iucu, R. (2014). The Importance of Developing a Sense of Self as a Teacher During the Training Programmes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 127, 401–405. https://doi.org/ 10.1016/j.sbspro.2014.03.279.

Reivich, K. J., Seligman, M. E. P., & McBride, S. (2011). Master Resilience Training in the U.S. Army. American Psychologist, 66(1), 25–34. https://doi.org/10.1037/a0021897.

Restauri, N., & Sheridan, A. D. (2020). Burnout and posttraumatic stress disorder in the coronavirus disease 2019 (COVID-19) pandemic: Intersection, impact, and interventions. Journal of the American College of Radiology, 17(7), 921–926. https://doi.org/10.1016/j.jacr.2020.05.021.

Warsihna, J. (2012). Kompetensi TIK untuk guru. Jurnal Teknodik, XVI(2), 230–239.

Warsihna, J. (2013). Pemanfaatn TIK untuk pendidikan (e-learning) di SMP. Jurnal Teknodik, 4, 523–532.

Warsihna, Jaka dkk, (2020), Berdamai dengan Bencana Melalui Pendidikan, Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-03-24

Issue

Section

Articles