PENGENALAN CREATIVEPRENEURSHIP PADA SISWA MTS MUHAMMADIYAH SARWODADI, PEJAWARAN, BANJARNEGARA

Authors

  • Pinta Astuti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Adhitya Yoga Purnama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Surya Dewi Puspitasari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Dewi Sekar Kencono Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i2.3532

Keywords:

creativepreneurship, MTs Muhammadiyah, counseling

Abstract

Desa Sarwodadi, Pejawaran, Banjarnegara memiliki potensi ekonomi dari penghasil komoditas, UMKM, dan wisata karena lokasinya yang menjadi daerah penyangga Kawasan wisata Dieng, Banjarnegara.  Dengan adanya potensi tersebut maka kebutuhan akan adanya kegiatan generasi muda yang berbasis entrepreneurship dan kreatifitas merupakan tuntutan di era digital ini. Apalagi minat generasi muda terhadap dunia digital memang sangat tinggi. Munculnya para pemuda yang memberikan pengaruh (influence) yang sukses di bidang digital semakin meningkatkan daya tarik. Hal tersebut juga terjadi pada pemuda yang ada di Desa Sarwodadi, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, khususnya pemuda dan pemudi yang saat ini sedang bersekolah di MTs Muhammadiyah Sarwodadi, Pejawaran. Para siswa memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler seperti tapak suci, HW, badminton, voli, dan PMR. Tetapi hanya tapak suci saja yang aktif dan berjalan secara regular diikuti siswa. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan pengembangan jenis kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat siswa dan memiliki keunggulan dalam peningkatan kemampuan siswa dan dapat memberikan value lebih. Di dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengambil tema pendampingan kegiatan siswa di sekolah tersebut yang berbasis creativepreneur. Adapun kegiatan meliputi kegiatan persiapan, kegiatan pelaksanaan penyuluhan, kegiatan evaluasi, dan pelaporan. Kegiatan persiapan meliputi observasi, pre-test, pemetaan minat dan bakat siswa, dan penentuan jenis program kegiatan yang berkaitan dengan digital dan kreativitas. Selain itu, kegiatan evaluasi berupa posttest, dan evaluasi dari para pihak yang terlibat. Semua kegiatan berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil evaluasi, rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa dari 8,2% menjadi 93%.

 

Sarwodadi Village, Pejawaran, Banjarnegara has economic potential from commodity producers, MSMEs, and tourism because of its location which is a buffer zone for the Dieng tourist area, Banjarnegara. With this potential, the need for youth-based activities based on entrepreneurship and creativity is a demand in this digital era. Moreover, the younger generation's interest in the digital world is very high. The emergence of young people who are successful influencers in the digital field further increases the attractiveness. This also happened to young people in Sarwodadi Village, Pejawaran District, Banjarnegara Regency, especially young people who are currently studying at MTs Muhammadiyah Sarwodadi, Pejawaran. The students have several extracurricular activities such as Tapak Suci, HW, badminton, volleyball, and PMR. But only the sacred site is active and runs regularly followed by students. Therefore, it is necessary to develop types of extracurricular activities according to students' interests and have advantages in increasing students' abilities and can provide more value. In this community service activity, the theme of mentoring student activities at the school is creativepreneur based. The activities include preparation activities, extension activities, evaluation activities, and reporting. The preparatory activities include observation, pre-test, mapping of students' interests and talents, and determining the type of activity program related to digital and creativity. In addition, evaluation activities are in the form of posttest, and evaluation of the parties involved. All activities went well and based on the evaluation results, this series of activities could increase students' knowledge from 8.2% to 93%.

References

D. Rizki, B. R. Wijonarko, and P. Purwanto, “Karakter Agronomis dan Fisiologis Tanaman Kopi Robusta (Coffea canephora) pada Dataran Tinggi di Kecamatan Pejawaran Kab. Banjarnegara,” Composite: Jurnal Ilmu Pertanian, vol. 2, no. 1, pp. 11–16, Mar. 2020, doi: 10.37577/composite.v2i1.168.

Y. Kusmayadi, “PENGEMBANGAN POTENSI WISATA SITUS GANDOANG WANASIGRA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA WANASIGRA KECAMATAN SINDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS,” Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, vol. 4, no. 1, p. 31, May 2018, doi: 10.30870/candrasangkala.v4i1.3432.

M. M. Anam, “STRATEGI IKONIK WISATA UNTUK MEMPERKENALKAN KOTA MALANG SEBAGAI SALAH SATU DESTINASI WISATA RELIGI,” Jurnal Pariwisata Pesona, vol. 2, no. 2, Dec. 2017, doi: 10.26905/jpp.v2i2.1488.

E. Faizal, T. Suprawoto, N. N. Kurniyati, and S. Setyowati, “PENGEMBANGAN WISATA TEMATIK SEBAGAI RINTISAN KAWASAN EDUKATIF RAMAH ANAK,” Jurnal Berdaya Mandiri, vol. 2, no. 1, pp. 202–214, Feb. 2020, doi: 10.31316/jbm.v2i1.423.

R. Rahayu, A. Talkah, and A. Daroini, “Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Hutan Obat Mbambingan Gunung Kelud Kabupaten Kediri,” Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, vol. 4, no. 2, pp. 400–410, Apr. 2020, doi: 10.21776/ub.jepa.2020.004.02.17.

N. Mulyana, H. Fauziyyah, and R. Resnawaty, “PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL JATINANGOR MELALUI WISATA EDUKASI,” Share : Social Work Journal, vol. 7, no. 1, p. 115, Jul. 2017, doi: 10.24198/share.v7i1.13827.

A. A. Gede Agung, “PENGEMBANGAN MODEL WISATA EDUKASI-EKONOMI BERBASIS INDUSTRI KREATIF BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT,” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 4, no. 2, Jan. 2016, doi: 10.23887/jish-undiksha.v4i2.6380.

P. Astuti and A. Y. Purnama, “PENDAMPINGAN PEMBUATAN SITE PLAN KOMPLEKS EDUWISATA MUHAMMADIYAH PEJAWARAN BANJARNEGARA,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, vol. 5, no. 3, pp. 74–81, Jun. 2022, doi: 10.36341/jpm.v5i3.2432.

S. Sarno, “Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Perajin Bambu di Desa Sirkandi Purwareja Klampok Banjarnegara,” JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), vol. 2, no. 2, p. 309, Oct. 2018, doi: 10.30595/jppm.v2i2.2395.

I. Faturohman and E. A. Afriansyah, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving,” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 1, pp. 107–118, Feb. 2020, doi: 10.31980/mosharafa.v9i1.562.

A. A. Fikri, V. Ismah, and P. Paidi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa,” THABIEA : JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, vol. 1, no. 1, p. 1, Nov. 2018, doi: 10.21043/thabiea.v1i1.3651.

I. N. L. Julianto, I. N. Wirakesuma, I. W. Swandi, and I. N. W. Adnyana, “Pendampingan Mendesain Merchandise ‘Tari Leko’ Desa Kukuh Kerambitan Tabanan – Bali,” Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 1, pp. 73–80, Mar. 2022, doi: 10.30656/jpmwp.v6i1.3764.

I. Kartika, H. D. Molasy, and I. S. Magfiroh, “Penerapan Entrepreneural Marketing Pada Kelompok Usaha Ekonomi Kreatif (Creativepreneur) di Desa Pakis Dalam Upaya Penguatan Desa Pakis Sebagai Desa Sejahtera Mandiri (DSM),” Warta Pengabdian, vol. 13, no. 3, p. 49, Sep. 2019, doi: 10.19184/wrtp.v13i3.9808.

E. S. Ariestiningsih, D. F. S. Has, and D. O. Ningrum, “PEMBERDAYAAN ANGGOTA SEKOPER MENJADI ‘CREATIVEPRENEUR HEALTHY FOOD’ BERBASIS POTENSI PANGAN LOKAL DI DESA KRAMATINGGIL KABUPATEN GRESIK,” Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 2, Sep. 2021, doi: 10.30813/jpk.v5i2.2984.

A. Alwiyah and S. Sayyida, “Penerapan E-Learning untuk Meningkatkan Inovasi Creativepreneur Mahasiswa,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 1, no. 1, pp. 35–40, Jun. 2020, doi: 10.34306/abdi.v1i1.108.

J. Potts and S. Cunningham, “Four models of the creative industries,” International Journal of Cultural Policy, vol. 14, no. 3, pp. 233–247, Aug. 2008, doi:10.1080/10286630802281780.

P. K. Kannan and H. “Alice” Li, “Digital marketing: A framework, review and research agenda,” International Journal of Research in Marketing, vol. 34, no. 1, pp. 22–45, Mar. 2017, doi: 10.1016/j.ijresmar.2016.11.006.

N. Morris, “Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation,” Journal of Direct, Data and Digital Marketing Practice, vol. 10, no. 4, pp. 384–387, Apr. 2009, doi: 10.1057/dddmp.2009.7.

H. A. Mumtahana, S. Nita, and A. W. Tito, “Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 3, no. 1, p. 6, Jun. 2017, doi: 10.23917/khif.v3i1.3309.

N. Sumarni, U. Rosidin, and U. Sumarna, “PENGUATAN KAPASITAS SISWA SD JATI III TAROGONG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEWASPADAAN PADA JAJANAN TIDAK SEHAT,” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, p. 289, Aug. 2020, doi: 10.24198/kumawula.v3i2.28026.

E. Y. Titisari and D. Asikin, “Penataan Lansekap Pada Program Kampung Agropreneur Di Tembalangan Malang,” Review of Urbanism and Architectural Studies, vol. 13, no. 2, pp. 12–19, Dec. 2015, doi: 10.21776/ub.ruas.2015.013.02.2.

O. W. al Pratama and R. S. Wibowo, “KOMPOSISI PORTRAIT LANDSCAPE DENGAN OBJEK PEMANDANGAN PADA 12 LOKASI DI BALI,” Jurnal Ilmiah Publipreneur, vol. 2, no. 1, pp. 51–65, Jun. 2014, doi: 10.46961/jip.v2i1.124.

B. Maringka, Debby, and G. Sukowiyono, “BANTUAN TEKNIS PERENCANAAN SITE PLAN – REST AREA DESA KALISONGO, KECAMATAN DAU, KABUPATEN MALANG,” Pawon: Jurnal Arsitektur, vol. 5, no. 2, pp. 213–222, Aug. 2021, doi: 10.36040/pawon.v5i2.3690

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles