PELATIHAN DARING PENGGUNAAN KALKULATOR SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HARAPAN MAHASISWA YANG MENGAMBIL MATA KULIAH PSIKOMETRIKA

Authors

  • Yonathan Natanael UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zulmi Ramdani 081224442801
  • Fidia Hanan Zahara UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i2.5001

Keywords:

Harapan, Kalkulator Saintifik, Pendekatan Pendidikan, paired sample t-test

Abstract

Kalkulator saintifik biasanya banyak digunakan oleh mahasiswa terlebih di jurusan matematika dan pendidikan matematika dan ilmu-ilmu alam lainnya. Dengan begitu, tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk melihat perubahan harapan mahasiswa psikologi dengan menyediakan pelatihan yang penting dengan menggunakan kalkulator saintifik melalui tutorial video yang digunakan untuk menyelesaikan hitungan reliabilitas dalam mata kuliah psikometri. Metode pengabdian yang digunakan menggunakan pendekatan kuasi eksperimental (kelompok tunggal dengan pretes dan postes). Partisipan yang terlibat sejumlah 51 orang pada program psikologi yang bersedia untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian ini. Analisis menggunakan paired sample t-test dengan hasil t = -3.954 dan signifikansi di bawah 5%. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat perubahan harapan pada mahasiswa yang meningkat. Aktivitas pengabdian ini bisa meningkatkan belajar siswa terutama dalam hal harapan dan ketertarikannya dalam mempelajari pengetahuan yang baru.

 

Scientific calculators are generally used more by science students, especially those majoring in Mathematics and Other Sciences. Therefore, this community service activity aims to see changes in hope for students majoring in Psychology by providing essential training on using scientific calculators through video tutorials to complete reliability calculations in Psychometrics courses. A community service method is an educative approach accompanied by a quasi-experimental approach (single group pre-test and post-test). The participants of this activity were 51 students majoring in Psychology who were willing to participate in this initial pioneering activity voluntarily. The analysis using the paired sample t-test yielded a value of t = -3.954 and a significance of 0.00 <0.05, which indicated a change in students' hope to increase. The activities can impact student learning of hope and interest in the newly learned knowledge.

References

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Bayuningrum, W. A. (2021). Curiosity dalam kehidupan sehari-hari. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i1.15706

Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangkan Media Animaker Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator di Kelas IV SD UMP. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11.

Fitrianingsih, A., Hasanudin, C., Mujahidin, A., Noerudin, A., & Novitasari, D. (2020). Mengelola Kelas Online dengan Aplikasi Schoology. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–11.

Kusuma, E., & Siadi, K. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Life Skill Mahasiwa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 544–551.

Miller, D. N. (2011). Positive Affect. In Encyclopedia of Child Behavior and Development (p. 1121). Springer Link. https://doi.org/10.1007/978-0-387-79061-9_2193

Natanael, Y. (2021). Kepuasan Hidup Mahasiswa jurusan Psikologi mengikuti Pelatihan Analisis Data menggunakan Sintaks dengan Aplikasi Mplus. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 621–629. https://dx.doi.org/10.31100/matappa.v4i4.1477

Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial sebagai Media Pembelajaran Semester IV Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. JURNAL PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(2), 11–20.

Rozali, Y. A. (2013). Perbedaan Motivasi Belajari ditinjau dari Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Studi pada Mahasiswa Kelas Psikometri, Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul). Jurnal Psikologi, 11(2), 21–28.

Sahidi, & Maryanto, E. T. (2020). Pelatihan Pemanfaatan “ Scientifik Calculator ” dalam mendukung pembelajaran Science , Technology , Enginering , and Mathematics ( STEM ) bagi Guru Matematika SMA / SMK Se-Kota dan Kabupaten Sorong Papua Barat. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Kepada Masyarakat;, 3(1), 58–64.

Snyder, C. R., Ilardi, S. S., Cheavens, J., Michael, S. T., Yamhure, L., & Sympson, S. (2000). The role of hope in cognitive-behavior therapies. Cognitive Therapy and Research, 24(6), 747–762.

Sufren, & Natanael, Y. (2014). Belajar otodidak SPSS Pasti Bisa. Elex Media Komputindo.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. IKRAITH-ABDIMAS, 3(3), 169–175.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles