PEMANFAATAN PEMBUKUAN DIGITAL PADA PENJUAL DI PASAR CIKAMPEK SEBAGAI MEDIA PERENCANAAN KEUANGAN

Authors

  • Eva Islamia STAI DR. KH. EZ. MUTTAQIEN
  • Ade Irvi Nurul Husna STAI DR. KH. EZ. Muttaqien

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i2.6211

Keywords:

Bookkeeping, Digital, Financial, Market, Planning

Abstract

Sasaran dalam kegiatan pelatihan pembukuan digital ini tertuju pada pedagang yang berada di pasar Cikampek, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Pedagang pasar di sini mempunyai banyak variasi penjualan. Masalah yang terjadi pada para penjualan di pasar Cikampek ini adalah masih menerapkan sistem pembukuan manual dalam menuliskan laporan keuangan. Pembukuan secara manual ini dilakuakan dengan mencatat laporan keuangan ke dalam buku catatan tanpa adanya bantuan alat digital lain. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian kali ini adalah meningkatkan manajemen juga teknologi dalam melakukan pencatatan laporan keuangan para pedagang pasar Cikampek. Pembukuan keuangan sangatlah penting dibuat terutama untuk para pedagang agar dapat mengetahui jumlah pemasukan usaha, pengeluaran usaha, juga perencanaan keuangan usaha yang untuk ke depannya. Pencatatan laporan keuangan secara manual punya banyak kelemahan yang terjadi seperti adanya ketidaktelitian dan tidak terkendali, tidak ada pengawasan dalam pembukuan, juga sulitnya mengetahui berapa besar laba atau rugi yang terjadi dalam penjualan. Produk yang diajukan adalah mensosialisasikan dan mentransfer pengetahuan tentang pencatatan laporan keuangan atau manajemen keuangan melalui digital dengan aplikasi yang terdapat di Appstore atau Google Playstore yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap dari satu lapak ke lapak lain terhadap pedagang di pasar Cikampek

 

The target of this digital bookkeeping training activity is aimed at traders located in Cikampek market, Cikampek District, Karawang Regency. Market traders here have many variations of sales. The problem that occurs in sales in the Cikampek market is that it still applies a manual bookkeeping system in writing financial statements. Manual bookkeeping is carried out by recording financial statements into a notebook without the help of other digital tools. The problem raised in this research is to improve management and technology in recording the financial statements of Cikampek market traders. Financial bookkeeping is very important to make, especially for traders to be able to know the amount of operating income, business expenses, as well as business financial planning will be in the future. Manual recording of financial statements has a lot of weaknesses that occur such as inaccuracy and uncontrolled, no supervision in the bookkeeping, also difficulty knowing how much profit or loss occurs in sales. The proposed product is to socialize and transfer knowledge about recording financial statements or financial management through digital with the application contained in the Appstore or Google Playstore which can be accessed anywhere and anytime. This activity is carried out gradually from one stall to another to traders in the Cikampek market with the stages of socialization, training, and assistance in the use of digital financial recording applications. The result of this activity is to measure the target response at the time before and also after participating in this bookkeeping training. Through the activities carried out, the target of being satisfied also increases the knowledge of previous traders regarding digital bookkeeping.

References

Azwar Karim, Adiwarman. 2018. Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani.

Budiarta, Kustoro. Ovinus Ginting, Sugianta. dan Simarmata, Janner. 2020. Ekonomi dan Bisnis Digital. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Handoko, Hani T. 2012. Manajemen personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPEE Yogyakarta.

Irawan, dkk. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi untuk Laporan Keuangan Bumdes OTABIU Dulamayo Selatan, Kabupaten Gorontalo. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 96-102. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1A.2993.

Irvi Nurul Husna, A. (2020). Kebijakan Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 1(1), 43–55. https://doi.org/10.52593/mtq.01.1.03

Kusnindar. Pratiwi, Arum Arupi. Yuniarsih, Dian. “Optimalisasi Digital Bagi Pedagang Pasar Tradisional”, dalam BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT: Vol 4, No 1. Surakarta: LPPM ITB ASS Indonesia Surakarta.

Rini, Ana s. 2010. Sukses Buka Toko Kelontong Modal 2,5 Juta. Yogyakarta: Medpress

Teguh Suyudi. 2021. “Begini Cara Bukukas Bantu UMKM Berkembang dan Tumbuh di Era Digital”, https://www.itworks.id/40015/begini-cara-bukukas-bantu-umkm-berkembang-dan-tumbuh-di-era-digital.html#:~:text=BukuKas%20adalah%20startup%20teknologi%20yang,dan%20memberikan%20apresiasi%20terhadap%20komunitas, diakses pada 19 Mei 2021.

Yulius, Hendri. 2011. 7 Langkah Praktis Membuat Pencatatan Akuntansi Keuangan untuk Perusahaan Jasa. Jakarta: PT Elex Media Komputerindo.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles