PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SMP KRISTEN ELKANA KOTA PASURUAN

Authors

  • Selsha Arbianti Universitas PGRI Wiranegara
  • Yuniar Mujiwati Universitas PGRI Wiranegara
  • Shofiyyah Almaas Hakimah Universitas PGRI Wiranegara
  • Siti Nur Azizah Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i1.7391

Keywords:

kampus mengajar, literasi, numerasi

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan 5 merupakan program yang melibatkan mahasiswa di setiap kampus dengan berbagai latar belakang. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas selama 1 (satu) semester dengan menjadi mitra guru dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif di satuan pendidikan. Fokus utama pada program ini adalah peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran dari program Kampus Mengajar adalah SMP Kristen Elkana yang terletak di Jalan Panglima Sudirman No. 35, Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Mahasiswa yang ditunjuk dalam program Kampus Mengajar bertanggung jawab untuk membantu pihak sekolah dalam hal mengajar, pembelajaran literasi dan numerasi di dalam dan luar kelas, pengelolaan perpustakaan/pojok baca, gerakan literasi dan numerasi di sekolah, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Hasil yang diperoleh dari program ini yaitu dapat menanamkan empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya, serta dapat mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja sama dengan mahasiswa lain yang memiliki bidang ilmu berbeda. 

Kampus Mengajar Program Batch 5 is a program that inovolves students from each campus with various backgrounds. This program provides an opportunity for students to study outside the classroom for 1 (one) semester by becoming a teacher partner in developing creative and innovative learning strategies and models in educational units. The main focus of this program is improving the literacy and numeracy abilities of students in target schools. One of the targeted by the Kampus Mengajar Program is Junior High School of Kristen Elkana, located at Panglima Sudirman St. 35, Purworejo, Pasuruan City, East Java. Students who selected by the Kampus Mengajar Program are responsible for assisting the school in terms of teaching, learning literacy and numeracy inside and outside the classroom, managing libraries/reading corners, literacy and numeracy movements in schools, technology adaptation, and school administration. The results obtained from this program are being able to instill empathy and social sensitivity in students towards the problems of the lives of the people around them, and being able to hone thinking skills in working with other students who have different fields of knowledge

References

Ali, Z. (2022). Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus: SDN 17 Palu). Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i2.15

Anashrulloh, A. S., & Tranggono, D. (2022a). PEMBENTUKAN LITERASI, NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PENEMPATAN SMP NEGERI 3 SIDOARJO. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(4), 655–663. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i4.145

Anashrulloh, A. S., & Tranggono, D. (2022b). PEMBENTUKAN LITERASI, NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PENEMPATAN SMP NEGERI 3 SIDOARJO. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(4), 655–663. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i4.145

Anugrah, T. M. F. (2021). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–48.

Ayu, N., & Syukur, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi pada Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa SD Negeri Tanrara. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3106–3121. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.720

Dwi Etika, E., Cindy Pratiwi, S., Megah Purnama Lenti, D., & Rahma Al Maida, D. (2021). PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM ADAPTASI TEKNOLOGI DI SDN DAWUHAN SENGON 2. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 281–291.

Dwi Noerbella. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087

Manulu, M. U. S., & Hidayati, C. (2023). Kampus Merdeka Sebagai Wadah Pengembangan Metode Mengajar Yang Kreatif Melalui Pendekatan Kampus Mengajar Untuk Memperkuat Literasi Numerasi Dan Teknologi Di Smp Al-Huda Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 202–209. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/semnas.v2i1.173

Pardede, S. D., Pardede, S., & Siregar, H. A. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5422–5431. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3278

Purwaningsih, Y., Khasanah, L. N., & Yunus, M. (2023). Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan Tiga dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi di SD Negeri 3 Ngabeyan Sukoharjo 2023 (Analysis of the Implementation of the Third Class Teaching Campus Program in Improving Literacy Skills at SD Negeri 3 Ngabeyan Sukoharjo 2023). Jurnal Abdimas Multidisiplin (Jamu), 2(1), 27–38. https://doi.org/10.35912/jamu.v2i1.2409

Putra, M. U. M., & Damanik, S. (2023a). Pendampingan Mahasiswa Kampus Mengajar Berbasis Digital, Literasi dan Numerasi. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 3(1), 104–109. https://doi.org/10.47709/dst.v3i1.2700

Putra, M. U. M., & Damanik, S. (2023b). Pendampingan Mahasiswa Kampus Mengajar Berbasis Digital, Literasi dan Numerasi. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 3(1), 104–109. https://doi.org/10.47709/dst.v3i1.2700

Rachman, B. A. R., Firyalita, S. F., Nurul, L. M., Halimatus, S., & Ifit, N. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Rizkiyah, N., Adiansha, A. A., Yusuf, M., Fatmah, & Syarifuddin. (2023). Implementasi Kampus Mengajar Angkatan IV dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V SDN Inpres Kalate. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i2.325

Salha, Muwakhidah, & Mufidah, E. F. (22 C.E.). PROGRAM PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SDN 374 GRESIK MELALUI KAMPUS MENGAJAR 3. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konselng 2022, 39–44.

Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022a). The Impact of “Kampus Mengajar MBKM Program” on Students’ Social Skills. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23

Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022b). The Impact of “Kampus Mengajar MBKM Program” on Students’ Social Skills. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23

Utami, E. L., Mulyadiprana, A., & Saputra, E. R. (2023). Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 302–312. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2550

Waldi, A., Meisah Putri, N., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles