Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi

Authors

  • Hanum Aulia Azzahra Universitas Negeri Malang Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v21i1.1553.2020

Keywords:

Pandemi Covid-19, pembelajaran daring, pendidikan karakter

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah melakukan pembelajaran daring di rumah sesuai dengan arahan Mendikbud melalui Surat Edaran No. 4 Tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan serta bagaimana membangun karakter siswa melalui pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan atau menelusuri sumber yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada pemerintah, guru dan orang tua agar memberikan solusi dan perannya dalam pembelajaran daring.

References

Ahmad, R., Firman & Suriadi, J.H. (2021). Analisis Problem Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Ezerly, S., Hidayah, A. A. (2020). Mendikbud Luncurkan Kurikulum Darurat. Lokadata. https://lokadata.id/artikel/belajar-daring-terkendala-kemendikbud-luncurkan-kurikulum-darurat
Kemendikbud. (2020). Mendikbud terbitkan SE tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat covid-19. Kemdikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19
Kompas.com. (2020). Wabah Corona, Ini Tanggapan Kemendikbud Tentang Meliburkan Sekolah. Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/11/18003611/wabah-corona-ini-tanggapan-kemendikbud-tentang-meliburkan-sekolah
Liputan6.com. (2019). Tujuan Kurikulum 2013 di Balik Pro Kontra Penerapannya. Liputan6. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3875318/tujuan-kurikulum-2013-di-balik-pro-kontra-penerapannya
Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Jurnal Al – Mau’izhoh, 2(2).
Menteri pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan.
Menteri pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Suasthi, I. G. A., & Suadnyana, ida bagus putu eka. (2020). Membangun Karakter “ Genius ” Anak Tetap Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid - 19 Pada Sekolah Suta Dharma Ubud Gianyar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).

Downloads

Published

11-10-2021

How to Cite

Aulia Azzahra, H. . (2021). Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 21(1), 33–38. https://doi.org/10.33830/ptjj.v21i1.1553.2020

Issue

Section

Articles