Author Guidlines

Apakah anda berminat untuk publikasi artikel pada Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh? Untuk mendapatkan gambaran utuh tentang jurnal ini silakan Anda membaca informasi berbagai menu pada situs web ini. Secara khusus perhatikan halaman tentang tujuan dan kebijakan jurnal serta Author Guidelines.

Artikel yang akan diterbitkan di Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh diutamakan merupakan hasil penelitian empiris. Analisis konseptual atau model tertentu yang memuat analisis komprehensif dan integratif dapat dipertimbangkan untuk publikasi. Topik artikel mencakup berbagai dimensi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, seperti pembelajaran online, e-learning, manajemen pendidikan jarak jauh, pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam pendidikan jarak jauh.
Naskah belum pernah dipublikasikan di jurnal lain atau pada saat yang sama disubmit pada jurnal lain. Naskah diketik dalam format satu spasi, satu kolom, ukuran kertas A4, dan menggunakan jenis huruf Arial Narrow dengan ukuran font 12.

Penulis perlu terlebih dahulu melakukan registrasi untuk submit artikel. Apabila sudah registrasi dan mendapat password, lakukan log-in dan mengunggah artikel melalui jendela pengiriman di situs web. Ikuti langkah-langkahnya dan berikan informasi yang diminta oleh sistem.

Ketentuan penulisan naskah

  • Judul: Gunakan maksimal 15 kata untuk mendeskripsikan topik utama artikel, ditulis dalam Bahasa Indonesia
  • Penulis: Di bawah judul tulis nama penulis, alamat email penulis, dan institusi penulis.
  • Abstrak: Maksimal 200 kata. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia and English.
  • Kata kunci: Gunakan kata kunci yang merupakan konsep utama untuk memudahkan pencarian artikel. Kata kunci ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, minimal 3 kata/frasa dan maksimal 5 kata/frasa

Diikuti uraian Isi naskah mengikuti struktur dengan persentase sebagai berikut.

Pendahuluan meliputi latar belakang, rumusan masalah dan tujuan penelitian, serta kajian teori dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan masalah penelitian, kerangka teori (30%).

Metode , menjelaskan jenis dan model penelitian, pengambilan sampel, lokasi dan waktu, jenis data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data (15%).

Temuan dan Pembahasan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan yang mengaitkan hasil dengan teori dan penelitian sebelumnya yang digunakan . Dapat juga ditambahkan implikasi temuan. (45%)

Kesimpulan berupa uraian integratif dari hasil temuan sesuai dengan tujuan penelitian.(10%)

Referensi berisi sumber referensi yang digunakan sebagai sumber dalam teks artikel, disusun menurut abjad, menggunakan sistem American Psychological