Analisis Personal Branding Tasya Farasya di Instagram

Authors

  • Salmah B. Nafi’uddin Universitas Terbuka
  • Raesita Rakhmawati Rosadi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11670

Keywords:

Content Creator, Influencer, Instagram, Personal Branding, Social Media

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, media sosial, khususnya Instagram, menjadi platform utama dalam membangun personal branding. Instagram menawarkan beragam fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menampilkan sisi unik dan keterampilan mereka, serta berinteraksi langsung dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi personal branding yang dijalankan oleh Tasya Farasya, seorang beauty influencer asal Indonesia yang sukses membangun citra dirinya di Instagram. Dengan menggabungkan elemen-elemen seperti keunikan, konsistensi konten, interaksi dengan pengikut, dan kolaborasi dengan merek, Tasya berhasil menciptakan hubungan emosional yang kuat dengan audiensnya. Penelitian ini juga menilai pengaruh personal branding Tasya terhadap engagement dan respons pengikut di Instagram. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tasya Farasya memanfaatkan media sosial dengan cerdas, menciptakan konten yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan nilai edukasi, terutama dalam dunia kecantikan. Keberhasilan Tasya Farasya dalam membangun personal branding di Instagram memberikan wawasan penting tentang bagaimana media sosial dapat digunakan untuk membangun citra diri yang autentik dan berpengaruh, serta mendukung kesuksesan karir di era digital.

References

Chakti, G. (2019). The Book of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Farasya, Tasya [@tasyafarasya]. (N.d). Instagram. https://www.instagram.com/tasyafarasya/

Fitriani, R., Nurprapti, N., & Nurjuman, H. (2019). Strategi Pengelolaan Akun Instagram Dalam Membangun Personal Branding Selebgram (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., ... & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing (Vol. 1). Penerbit Insania.

Hootsuite, (We are Social). (2024). Data Digital Indonesia 2024 | Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara/Fasilitator Digital Marketing, Internet marketing, SEO, Technopreneur dan Bisnis Digital. (2024). Retrieved December 22, 2024, from Andi.link website: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/#google_vignette

Marpaung, A. G. J. (2024). Pembentukan Personal Branding Influencer Melalui Media Sosial TikTok (Studi pada Akun TikTok@ melati. sesilia) (Doctoral dissertation, Universitas Kristen Indonesia).

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Montoya, P., & Vandehey, T. (2002). The personal branding phenomenon: realize greater influence, explosive income growth and rapid career advancement by applying the branding techniques of Michael, Martha & Oprah. Peter Montoya.

Montoya, P., & Vandehey, T. (2008). The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in a Crowded Marketplace. United States. McGraw Hill Professional

Mujianto, H., Nurhadi, Z. F., & Kharismawati, K. (2021). Instagram sebagai media pembentuk personal branding. Commed Jurnal Komunikasi dan Media, 5(2), 154-169.

Raharjo, F. S. (2019). The master book of personal branding: Seni membangun merek diri dengan teknik berbicara. Anak Hebat Indonesia.

Solikhatin, S. A., Putri, D. K., Setiawan, N. A., Salsabila, S., & Arifudin, D. (2023). Pengantar Digital Marketing. Zahira Media Publisher.

Tamimy, M. F. (2017). Sharing-mu, personal branding-mu: Menampilkan image diri dan karakter di media sosial. VisiMedia.

Wardah, N. (2021). Personal Branding Habib Husein Ja’far Al Hadar Melalui Media Sosial Instagram (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Published

2025-06-16

How to Cite

Nafi’uddin, S. B., & Rosadi, R. R. (2025). Analisis Personal Branding Tasya Farasya di Instagram. Communicatio, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11670

Issue

Section

Articles