Pengaruh Terpaan Konten Media Sosial Instagram @voluntrip.kitabisa terhadap Keputusan Berpartisipasi Generasi Z

Authors

  • Naqid Diya Madinah Muntaha Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Anindita Lintangdesi Afriani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11757

Keywords:

Generasi Z, Kegiatan Sosial, Keputusan Berpartisipasi, Media sosial Instagram, Terpaan Media

Abstract

Media sosial Instagram memberikan banyak informasi, salah satunya adalah informasi mengenai kegiatan sosial, namun dengan banyaknya informasi tersebut generasi Z masih kurang peduli dan kurang terlibat dalam kegiatan sosial. Voluntrip by Kitabisa hadir sebagai salah satu komunitas yang mengadakan kegiatan sosial dengan menggunakan media sosial sebagai salah satu wadah promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan konten media sosial Instagram @voluntrip.kitabisa terhadap keputusan berpartisipasi generasi Z. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Activation Theory of Information Exposure. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei dengan mengambil populasi followers Instagram @voluntrip.kitabisa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari rumus Taro Yamane. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 64,6% keputusan berpartisipasi generasi Z dipengaruhi oleh terpaan konten media sosial Instagram @voluntrip.kitabisa dan sebanyak 35,4%  sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Dimensi tertinggi dari penelitian ini adalah Utilitarianisme dengan nilai indeks sebesar 87,33% dan Pasca Pengambilan Keputusan dengan nilai indeks sebesar 87,75%. Dimensi terendah yaitu Involvement dengan nilai indeks sebesar 79,43% dan Evaluasi Alternatif sebesar 77,33%. Hasil uji hipotesis menujukkan bahwa semakin besar terpaan konten media sosial Instagram @voluntrip.kitabisa, semakin tinggi keputusan berpartisipasi generasi Z.

References

AIESEC Indonesia. (2022). 5 Rekomendasi Kegiatan Sosial Bagi Anak Muda!

Algasmi, M. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Media Instagram Fuadbakh dalam Menanamkan Nilai - Nilai Islam Terhadap Followersnya [SKRIPSI]. UIN Raden Intan Lampung.

Amalia, R., & Firmadhani, C. (2022). Teknik Pengambilan Keputusan (M. R. Setiawan, Ed.; 1 ed.). CV. RTujuh Mediaprinting.

Annur, M. A. (2022). Data Pendapat Responden tentang Kondisi Rakyat di Usia ke77 Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/17/77-tahunrimerdeka-banyak-warga-merasa-belum-sejahter

Aristawati, S. A. (2023). Prosiding Seminar Nasional Dampak Media Sosial terhadap Kosakata pada Remaja.

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2023). Persentase Penduduk Miskin menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta (Persen), 2021-2023. Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. https://jakarta.bps.go.id/indicator/23/1125/1/persentase-penduduk-miskinmenurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta.html

Basarah, F. F., & Romaria, G. (2020). Perancangan Konten Edukatif di Media Sosial. JAM: Jurnal Abadi Masyarakat, 5(2).

Biocca, F. A. (1988). Opposing Conceptions of the Audience: The Active and Passive Hemispheres of Mass Communication Theory. Dalam In J. A. Anderson (Ed.) (Ed.), Communication yearbook 11 (hlm. 51–80). Sage Publications.

Budhi, K. H., & Pratiwi, A. (2021). Pengaruh Terpaan Konten Akun Instagram @rintiksedu Terhadap Minat Mendengarkan Podcast Rintik Sedu. Jurnal The Source, 3(1), 54–59.

Datareportal. (2023). Digital 2023: Global Overview Report. https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report

Detik.com. (2023). Bappenas: Angka Partisipasi Pemuda Menurun dalam Pembangunan Indonesia Emas 2045.

Garinsingan, D. T. (2022). Pengaruh Terpaan Konten Instagram Terhadap Tingkat Literasi Followers (Pengaruh Terpaan Konten Instagram @studiodjiwa terhadap Tingkat Literasi mengenai Mental Well Being bagi Para Pengikutnya Periode September-Oktober 2022). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. UNDIP. 75

Guna, A. (2020). Pengaruh Terpaan Akun Media Sosial Instagram @jokowi Terhadap Keputusan Memilih pada Pemilih Pemula (Survey pada Mahasiswa Broadcasting Universitas Mecu Buana 2018). Universitas Mercu Buana.

Habibah, A. F., & Irwansyah. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3(2), 350–363.

Ibrizah. (2023). Pengaruh Penggunaan Tiktok terhadap Perilaku Sopan Santun Melalui Interaksi Teman Sebaya pada Remaja Desa Bulubrangsi Kabupaten Lamongan. IAIN Kediri.

Khainayya, R. (2022). Pengaruh Terpaan Informasi Instagram @kitabisacom Terhadap Keputusan Followers Berdonasi Online di Masa Pandemi COVID-19. Dalam Skripsi.

Latif, A., Irwan, & Mustanir, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Partisipasi Masyarakat Pada Perencanaan Pembangunan. JAKPP: Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik, 5(2), 144–164.

Lestari, I. (2023). Pengaruh Terpaan Konten YouTube Jayne Alexander Terhadap Perilaku Konsumerisme Fandom BLINK (Survei Terhadap Grup Chat Blink Berbagi di Telegram). Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Littlejohn, W., Stephen, & dkk. (2009). Family Communication Theories, Family Communication. Sage.

Lontoh, J. K., Tumbel, A., & Kawet, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow di Kota Tomohon. Jurnal EMBA, 8(4), 11–20.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). JMPIS: Junal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727.

Munawwaroh, P. R. (2018). Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata ke Siak Sri Indrapura. JOM: Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 5(1).

Murtiastuti, D. (2020). Pengaruh Terpaan Video Beauty Vlogger Rachel Goddard Terhadap Perilaku Imitasi Mempercantik Diri. Dalam Skripsi.

Nandita, F.K., dkk. (2023). Pengaruh Konten Instagram terhadap Keputusan Pembelian Indomie Ramen Series. Jurnal Manajemen Bisnis dan Terapan, 1(2), 141-153. https://doi.org/10.20961/meister.v1i2.772

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18–29.

Rahma, A., & Wempi, J. (2023). Strategi Komunikasi Voluntrip dalam Menumbuhkan Partisipasi Kaum Zillenial pada Kegiatan Sosial. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media dan Cinema, 6(1), 246–260.

Silajadja, M., Magdalena, P., & Nugrahanti, T. P. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88–100.

Soewardikoen, D. W. (2021). Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Edisi Revisi. PT. Kanisius.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryadi, E. (2019). Metode Penelitian Komunikasi (dengan pendekatan Kuantitatif). PT. Remaja Rosdakarya.

Wardhani, H. A. (2018). Empati Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zahra, M. A. (2024). Pengaruh Terpaan Konten Media Sosial Instagram Hotel Ubud Malang Terhadap Keputusan Berkunjung Konsumen. Universitas Muhammadiyah Malang.

Zulfadli. (2021). Pengaruh Konten Instagram @Bocokopi Terhadap Minat Beli Followers. Universitas Islam Riau.

Published

2025-06-16

How to Cite

Muntaha, N. D. M., & Afriani, A. L. (2025). Pengaruh Terpaan Konten Media Sosial Instagram @voluntrip.kitabisa terhadap Keputusan Berpartisipasi Generasi Z. Communicatio, 1(1), 49–65. https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11757

Issue

Section

Articles