Etnografi Virtual tentang Personal Branding Boy Group SEVENTEEN melalui Platform Instagram @Saythename_17

Authors

  • Maulida Alma Azzahro Universitas Terbuka
  • Rachmawati Windyaningrum Universitas Terbuka
  • Nila Kusuma Windrati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11769

Keywords:

Instagram, Korean Boy Group, Personal Branding, Virtual Ethnography

Abstract

Media sosial Instagram menjadi platform yang banyak digunakan untuk membangun personal  branding.   SEVENTEEN  yaitu  boy  group  korea  memanfaatkan  Instagramnya @Saythename_17 sebagai cara menciptakan citra diri mereka di kalangan penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana SEVENTEEN membangun personal branding melalui konten yang dipublikasikan di Instagram, serta bagaimana penggemar merespons dan membentuk hubungan dengan grup tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual, yang memungkinkan peneliti untuk mengamati interaksi di media sosial. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder melalui observasi terhadap akun Instagram @Saythename_17, dengan menganalisis konten yang diposting, interaksi pengguna, serta respons terhadap konten tersebut. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang mencakup pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menerapkan teknik triangulasi teori dengan menggabungkan teori identitas dan teori personal branding untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Informan penelitian terdiri dari penggemar SEVENTEEN yang aktif terlibat di Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SEVENTEEN berhasil membangun personal branding melalui konten-konten yang konsisten dan terstruktur,  interaksi langsung dengan penggemar. Interaksi ini tidak hanya mempererat hubungan dengan penggemar, tetapi juga memperluas jangkauan audiens, sehingga memperkuat loyalitas penggemar mereka.

References

Ackerman, C. E. (2018, June 7). What is self-concept theory? A psychologist explains. Positive Psychology. Https://Positivepsychology.Com/Self-Concept/.

Chandra, F. (2021). Social Media Marketing: Strategi Memaksimalkan Media Sosial. DIVA Press.

Demand, S. (2024). Instagram user statistics (2024): How many people use Instagram? Demand Sage. https://www.demandsage.com/instagram-user-statistics/

Hidayah, N., & Huriati, H. (2017). Krisis identitas diri pada remaja “Identity crisis of adolescences.” Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 10(1), 49–62.

McNally, D. , & S. K. D. (2011). Be Your Own Brand. Berrett-Koehler Publishers.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE.

Moreau, E. (2024, November 29). What is Instagram? Here’s what Instagram is all about and how people are using it. Https://Www.Lifewire.Com/What-Is-Instagram-3485866.

Muallif. (2024, November 29). Identitas sosial: Pengertian, fungsi, dimensi, komponen, teori, faktor, dan dampak.

Nasrullah, R. (2017). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi Di Internet. Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. (2022). Etnografi Virtual (5th ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Novita, D., Aerwanto, A., Muhamad Hadi Arfian, & Hanifah. (2024). Personal Branding Strategi Untuk Memenangkan Pasar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(2), 953–906.

Prajarto, N. (2018). Netizen dan infotainment: Studi etnografi virtual pada akun Instagram @lambe_turah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1367

Rachmawati, R. P. (2020, October 20). K-pop dalam bingkai industri budaya. Geotimes.

Raharjo, F. S. (2024). The Master Book of Personal Branding: Seni Membangun Merek Diri dengan Teknik Berbicara.Anak Hebat Indonesia.

Rubiyanto, R. (2024). Personal Branding dalam Komunikasi Media Digital: Konsep dan Model Antara Merek, Brand, dan Produk. Rajawali Pers.

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi Online, 6(4), 490–501.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zakia, A., Giningroem, D. S. W. P., & Puspitorini, F. (2024). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan personal branding Seventeen terhadap keputusan pembelian merchandise Seventeen pada komunitas Carat Jabodetabek. IJESM Indonesian Journal of Economics and Strategic Management, 2(3), 2023–2024.

Published

2025-06-16

How to Cite

Azzahro, M. A., Rachmawati Windyaningrum, & Windrati, N. K. (2025). Etnografi Virtual tentang Personal Branding Boy Group SEVENTEEN melalui Platform Instagram @Saythename_17. Communicatio, 1(1), 66–78. https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11769

Issue

Section

Articles