AI dalam Komunikasi: Analisis penggunaan Chatbot Layanan Pelanggan Tes STIFIn Personality

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11783

Keywords:

chatbot, customer service, self disclosure

Abstract

Chatbot, sebagai implementasi kecerdasan buatan (AI) dalam layanan pelanggan, telah merevolusi interaksi antara perusahaan dan pelanggan dengan meningkatkan efisiensi operasional dan mempercepat respons. Penelitian ini menganalisis penggunaan chatbot dalam layanan pelanggan, dengan fokus pada pengalaman pelanggan, tingkat self-disclosure, serta dampaknya terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Menggunakan metode kualitatif dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan data, penelitian ini menemukan bahwa chatbot memberikan manfaat utama dalam hal ketersediaan informasi dan kemudahan akses informasi. Namun, tantangan tetap ada, terutama terkait keterbatasan chatbot dalam menangani pertanyaan kompleks dan kekhawatiran mengenai privasi data. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat self-disclosure  pelanggan terhadap chatbot bervariasi, di mana sebagian narasumber merasa nyaman berbagi informasi secara terbuka, sementara yang lain cenderung berhati-hati. Self disclosure pelanggan bergantung banyak pada kepercayaan keamanan data serta kualitas respons chatbot. Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan untuk meningkatkan teknologi chatbot dengan menyesuaikan fitur interaksi yang lebih personal dan aman guna meningkatkan pengalaman pelanggan.     

References

Kushariyadi, K., Apriyanto, H., Herdiana, Y., Asy’ari, F. H., Judijanto, L., Pasrun, Y. P., & Mardikawati, B. (2024). Artificial Intelligence: Dinamika Perkembangan AI Beserta Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Raihan, M., Nasution, M. L. I., & Daulay, A. N. (2024). Analisis Dampak Perkembangan Teknologi AI Dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional Bank Syariah (Studi Kasus Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 2049-2062.

Rawlins. (2016, April). Facebook Chatbot To Replace Call Center. Retrieved from IT WEB: https://www.itweb.co.za/content/RWnpNgM2OB6qVrGd

Septiani, D., Azzahra, P.N., Wulandari, S.N. & Manuardi, A.R. (2019) Self Disclosure dalam Komunikasi Interpersonal: Kesetiaan, Cinta dan Kasih Sayang. Juornal Fokus: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(6), 265-271. Retrieved from https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.4128

Shweta. (2022). What Is A Chatbot? Everything You Need To Now. Forbes Advisor.

Suciptawati, N. L. (2019). Customer satisfaction analysis based on service quality: Case of local credit provider in Bali. Journal of Physics: Conference Series, 2.

Widijoko. (2018). Analisis Pengaruh Kenyamanan Layanan Online Terhadap Kepuasan Konsumen Mobile Commerce Di Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis, 1-23.

Wulandari, F., Ahdiat, D., Sudrajat, Riskiyai, H., & Nuryaningsyih, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Chatbot Dalam Customer Service Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Telkomsel. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 432–437. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3429

Yudha Nugraha, Y. N. (2022). Peran Responsiveness Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 20, 13.

Zarouali, B. V. (2018). Predicting Consumer Responses to a Chatbot on Facebook. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking

Published

2025-06-16

How to Cite

Mulyadi, R., & Koesanto, S. (2025). AI dalam Komunikasi: Analisis penggunaan Chatbot Layanan Pelanggan Tes STIFIn Personality . Communicatio, 1(1), 106–113. https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11783

Issue

Section

Articles