AI dalam Komunikasi: Analisis penggunaan Chatbot Layanan Pelanggan Tes STIFIn Personality
DOI:
https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11783Keywords:
chatbot, customer service, self disclosureAbstract
Chatbot, sebagai implementasi kecerdasan buatan (AI) dalam layanan pelanggan, telah merevolusi interaksi antara perusahaan dan pelanggan dengan meningkatkan efisiensi operasional dan mempercepat respons. Penelitian ini menganalisis penggunaan chatbot dalam layanan pelanggan, dengan fokus pada pengalaman pelanggan, tingkat self-disclosure, serta dampaknya terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Menggunakan metode kualitatif dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan data, penelitian ini menemukan bahwa chatbot memberikan manfaat utama dalam hal ketersediaan informasi dan kemudahan akses informasi. Namun, tantangan tetap ada, terutama terkait keterbatasan chatbot dalam menangani pertanyaan kompleks dan kekhawatiran mengenai privasi data. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat self-disclosure pelanggan terhadap chatbot bervariasi, di mana sebagian narasumber merasa nyaman berbagi informasi secara terbuka, sementara yang lain cenderung berhati-hati. Self disclosure pelanggan bergantung banyak pada kepercayaan keamanan data serta kualitas respons chatbot. Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan untuk meningkatkan teknologi chatbot dengan menyesuaikan fitur interaksi yang lebih personal dan aman guna meningkatkan pengalaman pelanggan.
References
Kushariyadi, K., Apriyanto, H., Herdiana, Y., Asy’ari, F. H., Judijanto, L., Pasrun, Y. P., & Mardikawati, B. (2024). Artificial Intelligence: Dinamika Perkembangan AI Beserta Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Raihan, M., Nasution, M. L. I., & Daulay, A. N. (2024). Analisis Dampak Perkembangan Teknologi AI Dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional Bank Syariah (Studi Kasus Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 2049-2062.
Rawlins. (2016, April). Facebook Chatbot To Replace Call Center. Retrieved from IT WEB: https://www.itweb.co.za/content/RWnpNgM2OB6qVrGd
Septiani, D., Azzahra, P.N., Wulandari, S.N. & Manuardi, A.R. (2019) Self Disclosure dalam Komunikasi Interpersonal: Kesetiaan, Cinta dan Kasih Sayang. Juornal Fokus: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(6), 265-271. Retrieved from https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.4128
Shweta. (2022). What Is A Chatbot? Everything You Need To Now. Forbes Advisor.
Suciptawati, N. L. (2019). Customer satisfaction analysis based on service quality: Case of local credit provider in Bali. Journal of Physics: Conference Series, 2.
Widijoko. (2018). Analisis Pengaruh Kenyamanan Layanan Online Terhadap Kepuasan Konsumen Mobile Commerce Di Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis, 1-23.
Wulandari, F., Ahdiat, D., Sudrajat, Riskiyai, H., & Nuryaningsyih, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Chatbot Dalam Customer Service Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Telkomsel. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 432–437. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3429
Yudha Nugraha, Y. N. (2022). Peran Responsiveness Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 20, 13.
Zarouali, B. V. (2018). Predicting Consumer Responses to a Chatbot on Facebook. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking
