Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pencegahan Bullying di Lingkungan Taman Kanak-Kanak

(Studi Kasus TK Al-Ikhlas Karangantu)

Authors

  • Nur Rafia Mushar Universitas Terbuka
  • Amelia Yeza Pradhipta Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11804

Keywords:

Guru TK, Pencegahan Bullying, Strategi Komunikasi Interpersonal

Abstract

Bullying pada anak usia dini merupakan masalah serius yang memerlukan perhatian khusus, terutama mengingat dampak negatifnya terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Penelitian ini mengungkapkan strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru di TK Al-Ikhlas Karangantu untuk mencegah bullying. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara dengan tiga orang guru TK Al-Ikhlas Karangantu. Berdasarkan hasil wawancara ini, strategi komunikasi interpersonal yang dilakukan TK Al-Ikhlas untuk penyampaian pesan pencegahan bullying adalah menciptakan komunikasi dua arah yang terbuka antara guru dan murid, mengenalkan pesan pencegahan anti bullying melalui media yang menarik perhatian murid TK, dan menjadi role model bagi murid TK melalui perkataan dan tindakan guru yang menunjukkan sopan santun dan saling menghormati. Penerapan strategi komunikasi interpersonal ini diharapkan dapat menciptakan komunikasi yang efektif antara guru dan murid TK serta interaksi yang positif sesama murid TK.

References

Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. CV Syakir Media Press.

Adiyono, A., Irvan, I. & Rusanti. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3). http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Anggraini, C., Ritonga, D., Kristina, L., Syam, M. & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (MUDE), 1 (3). https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611

Astuti, P.R. (2008). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi K.P.A. Jakarta: PT Grasindo.

Aulia, R. (2024). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa (Studi Komparasi di Sekolah Daerah Bojonggede Terhadap Kasus Bullying). Jakarta: Universitas Nasional.

Endraswara, S. (2006). Metode, Teori, Teknik PENELITIAN KEBUDAYAAN Ideologi, Epistemologi, dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Widyatama.

Eriyanto. (2023). Metode Penelitian Komunikasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Firmansyah, F. (2021). Peran Guru Dalam Penanganan dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3). https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Hanansyah, A., Samatan, N., Banowo, E. (2024). Strategi Komunikasi Persuasi Guru Dalam Mencegah Kasus Perundungan Siswa Disekolah (Studi Kasus Pada SMPN 9 Kota Bekasi). ARKANA Jurnal Komunikasi dan Media, 3 (1). https://doi.org/10.62022/arkana.v3i01.6591

Hasibuan, V., Lestari, W., Yani, F. & Lova, S. (2023). Edukasi Bullying Pada Anak Sekolah Dasar Dalam Pendidikan Multikultural. Journal of Human and Education (JAHE), 3 (4), pp 117 – 125. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.430

Jayanti, R. & Hidayat, O. (2023). Pola Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Terhadap Pencegahan Bullying di Lingkungan Sosial. JUDIKA Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi, 1 (2). http://dx.doi.org/10.30743/jdkik.v1i2.7491

Musayyana. (2021). Peran Guru Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Anak di Taman Kanak-Kanak Mawar Bondowoso. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Prasetio, A. & Fanreza, R. (2023). Strategi Sekolah dalam Upaya Pencegahan Bullying di Ismaeliyah School. Jurnal ANSIRU PAI, 7 (1). http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.14761

Rosmita, Ermi dkk. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Sumatera Barat. CV. Gita Lentera.

Samudra, L., Soraya, I., Muntazah, A. (2023). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Menciptakan Pemahaman Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Irfan Kota Depok. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3 (2), pp 615-625. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i2.1123

Septihani, A., Tri, D.P., Pramita, E.A., Sari, Y. 2024. Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Mengatasi Perundungan Pada Anak. Journal of Dialogos: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (2). https://doi.org/10.62872/7c1rw677

Siburian, S. I., Silviani, I. Peran Komunikasi Antarpribadi Mengefektifkan Pembelajaran Daring Melalui Media Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar VI SD Methodist 9 Medan. Message: Jurnal Komunikasi, 11 (1). http://dx.doi.org/10.46930/messageilmukomunikasi.v11i1.1513

Silviana, N.A., Sufiyanto, M.I. 2024. Strategi Guru Untuk Mengatasi Bullying dan Kekerasan Pada Tingkat Sekolah Dasar. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1). e-ISSN: 2988-0688.

Sudarto, G.N., Zelfia, Idris, M. 2024. Peran Komunikasi Anterpersonal Siswa dalam Mengurangi Tindakan Bullying Siswa di SMAN 11 Makassar. Respon Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 5 (4). https://doi.org/10.33096/respon.v5i4.263

Syaifuddin, M. & Akhwan, Z. (2024). Communication Analysis in Bullying Prevention in Islamic Boarding Schools in Pasuruan Regency. Communicator: Journal of Communication, 1(2). https://doi.org/10.59373/comm.v1i2.49

Widaningsih. 2012. Pendidikan Karakter Pada Taman Kanak-Kanak Kenapa Tidak? Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10335

Yuris, E. & Siregar, I. (2024). Strategi Komunikasi Efektif Guru Bimbingan Konseling Dalam Menghadapi Tantangan Psikososial Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.56832/edu.v4i3.560

Published

2025-06-16

How to Cite

Mushar, N. R., & Yeza Pradhipta, A. (2025). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pencegahan Bullying di Lingkungan Taman Kanak-Kanak : (Studi Kasus TK Al-Ikhlas Karangantu) . Communicatio, 1(1), 114–123. https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11804

Issue

Section

Articles