Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pencegahan Bullying di Lingkungan Taman Kanak-Kanak
(Studi Kasus TK Al-Ikhlas Karangantu)
DOI:
https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11804Keywords:
Guru TK, Pencegahan Bullying, Strategi Komunikasi InterpersonalAbstract
Bullying pada anak usia dini merupakan masalah serius yang memerlukan perhatian khusus, terutama mengingat dampak negatifnya terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Penelitian ini mengungkapkan strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru di TK Al-Ikhlas Karangantu untuk mencegah bullying. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara dengan tiga orang guru TK Al-Ikhlas Karangantu. Berdasarkan hasil wawancara ini, strategi komunikasi interpersonal yang dilakukan TK Al-Ikhlas untuk penyampaian pesan pencegahan bullying adalah menciptakan komunikasi dua arah yang terbuka antara guru dan murid, mengenalkan pesan pencegahan anti bullying melalui media yang menarik perhatian murid TK, dan menjadi role model bagi murid TK melalui perkataan dan tindakan guru yang menunjukkan sopan santun dan saling menghormati. Penerapan strategi komunikasi interpersonal ini diharapkan dapat menciptakan komunikasi yang efektif antara guru dan murid TK serta interaksi yang positif sesama murid TK.
References
Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. CV Syakir Media Press.
Adiyono, A., Irvan, I. & Rusanti. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3). http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Anggraini, C., Ritonga, D., Kristina, L., Syam, M. & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (MUDE), 1 (3). https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Astuti, P.R. (2008). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi K.P.A. Jakarta: PT Grasindo.
Aulia, R. (2024). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa (Studi Komparasi di Sekolah Daerah Bojonggede Terhadap Kasus Bullying). Jakarta: Universitas Nasional.
Endraswara, S. (2006). Metode, Teori, Teknik PENELITIAN KEBUDAYAAN Ideologi, Epistemologi, dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Widyatama.
Eriyanto. (2023). Metode Penelitian Komunikasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Firmansyah, F. (2021). Peran Guru Dalam Penanganan dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3). https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590
Hanansyah, A., Samatan, N., Banowo, E. (2024). Strategi Komunikasi Persuasi Guru Dalam Mencegah Kasus Perundungan Siswa Disekolah (Studi Kasus Pada SMPN 9 Kota Bekasi). ARKANA Jurnal Komunikasi dan Media, 3 (1). https://doi.org/10.62022/arkana.v3i01.6591
Hasibuan, V., Lestari, W., Yani, F. & Lova, S. (2023). Edukasi Bullying Pada Anak Sekolah Dasar Dalam Pendidikan Multikultural. Journal of Human and Education (JAHE), 3 (4), pp 117 – 125. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.430
Jayanti, R. & Hidayat, O. (2023). Pola Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Terhadap Pencegahan Bullying di Lingkungan Sosial. JUDIKA Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi, 1 (2). http://dx.doi.org/10.30743/jdkik.v1i2.7491
Musayyana. (2021). Peran Guru Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Anak di Taman Kanak-Kanak Mawar Bondowoso. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
Prasetio, A. & Fanreza, R. (2023). Strategi Sekolah dalam Upaya Pencegahan Bullying di Ismaeliyah School. Jurnal ANSIRU PAI, 7 (1). http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.14761
Rosmita, Ermi dkk. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Sumatera Barat. CV. Gita Lentera.
Samudra, L., Soraya, I., Muntazah, A. (2023). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Menciptakan Pemahaman Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Irfan Kota Depok. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3 (2), pp 615-625. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i2.1123
Septihani, A., Tri, D.P., Pramita, E.A., Sari, Y. 2024. Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Mengatasi Perundungan Pada Anak. Journal of Dialogos: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (2). https://doi.org/10.62872/7c1rw677
Siburian, S. I., Silviani, I. Peran Komunikasi Antarpribadi Mengefektifkan Pembelajaran Daring Melalui Media Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar VI SD Methodist 9 Medan. Message: Jurnal Komunikasi, 11 (1). http://dx.doi.org/10.46930/messageilmukomunikasi.v11i1.1513
Silviana, N.A., Sufiyanto, M.I. 2024. Strategi Guru Untuk Mengatasi Bullying dan Kekerasan Pada Tingkat Sekolah Dasar. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1). e-ISSN: 2988-0688.
Sudarto, G.N., Zelfia, Idris, M. 2024. Peran Komunikasi Anterpersonal Siswa dalam Mengurangi Tindakan Bullying Siswa di SMAN 11 Makassar. Respon Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 5 (4). https://doi.org/10.33096/respon.v5i4.263
Syaifuddin, M. & Akhwan, Z. (2024). Communication Analysis in Bullying Prevention in Islamic Boarding Schools in Pasuruan Regency. Communicator: Journal of Communication, 1(2). https://doi.org/10.59373/comm.v1i2.49
Widaningsih. 2012. Pendidikan Karakter Pada Taman Kanak-Kanak Kenapa Tidak? Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10335
Yuris, E. & Siregar, I. (2024). Strategi Komunikasi Efektif Guru Bimbingan Konseling Dalam Menghadapi Tantangan Psikososial Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.56832/edu.v4i3.560
