Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Internal dalam Membangun Budaya Organisasi: Studi Kasus PT Suzuki Indomobil
DOI:
https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11871Keywords:
Budaya Organisasi, Instagram , Komunikasi organisasi, Media Richness TheoryAbstract
PT Suzuki Indomobil Motor dan PT Suzuki Indomobil Sales menggunakan media sosial Instagram @simsisfamily dalam komunikasi internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan konten media sosial Instagram dalam membentuk komunikasi organisasi PT Suzuki Indomobil Motor dan PT Suzuki Indomobil Sales. Dengan menggunakan metode penelitain kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi online, wawancara mendalam, dan tinjauan literatur. Penelitian ini didasarkan pada Media Richness Theory yang diperluas oleh Sproul dan Valacich, yang menekankan kemampuan media untuk menyampaikan informasi secara efektif melalui elemen visual dan interaksi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konten Instagram membantu membangun budaya organisasi yang erat dengan menciptakan komunikasi yang interaktif dengan karyawan. Fitur-fitur seperti unggahan foto, video, dan cerita digunakan untuk berbagi informasi perusahaan, meningkatkan keterlibatan karyawan, serta menciptakan rasa kebersamaan. Akun ini juga terbukti efektif dalam menyampaikan pesan organisasi secara real-time, efisien, dan aman melalui pengelolaan akses yang terverifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Instagram sebagai platform komunikasi internal dapat meningkatkan efektivitas komunikasi organisasi, mengurangi hambatan jarak, dan memperkuat hubungan internal dalam mendukung budaya organisasi yang positif.
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Instagram, Komunikasi organisasi, Media Richness Theory
References
Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Bening Media Publishing. www.bening-mediapublishing.com
Afriandi, R., & Anisa, E. (2023). Utilization of Instagram social media as a means of promotion and preservation of Javanese Culture (Qualitative descriptive study on Instagram account @bpnb.diy). Proceeding Sylection. Volume 03, No 01, pp. 819-830. https://doi.org/10.12928/sylection.v3i1.14105
Akhmad, B. A. (2022). Komunikasi Organisasi (Tomi Oktavianor (ed.)). Aswaja Pressindo.
Asari, A. (2023). Komunikasi Digital. Lakeisha.
Dlelengana, Sabo, et al. (2024). Influence of social media on organizational communication and organizational culture at the South African Social Security Agency in South Africa. Problems and Perspectives in Management, 22(2), 433-442. doi:10.21511/ppm.22(2).2024.33
Fauzi, A. R. (2019). Penggunaan Line Sebagai Media Komunikasi Organisasi (Studi Kualitatif Deskriptif Media Sosial Line Pada UKM di Universitas Muhammadiyah Surakarta). 1–22. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/69651
Fitriani, D. R., Nengsih, K., & Anggraeni, R. (2019). Pola Komunikasi Internal Melalui Pesan Digital Pada Pt. Indosiar Visual Mandiri. 4(1), 1–171.
Martha, Z. (2021). Penggunaan Fitur Media Sosial Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi. 3(1), 26–32.
Pradja, B. P., et al. (2024). Human relations and the use of new media technology in organizational communication at pt. lantera sejahtera indonesia. International Journal of Social Science. https://doi.org/10.53625/ijss.v3i5.7428
Purbaningrum, D. (2024). Komunikasi Organisasi (4th ed.). Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/reader/index.php?modul=SKOM432903
Rahayu, M. ., Poerana, A. F., & Lubis, F. O. (2020). Pemanfaatan Instagram Dalam Menjaga Hubungan Baik Pt. Pupuk Kujang Dengan Stakeholders. 19(2), 186–201.
Rezeki, S. R. ., Restiviani, Y., & Rita Zahara. (2020). Penggunaan Sosial Media Twitter Dalam Komunikasi Organisasi (Studi Kasus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dalam Penanganan Covid-19). Journal of Islamic and Law Studies, 4(2), 63–78.
Roskiana, S., & Haris, I. (2020). Komunikasi dalam organisasi (Teori dan Aplikasi). In ngewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: Vols. i–vi
Silva, P.M., Santiago Resende, N., & Vieira Cunha, T. (2021). Comunicação Organizacional E Humanização Em Redes Digitais: Análise De Conteúdo Da Nubank No Instagram. Revista Univap, 27(54). https://doi.org/10.18066/revistaunivap.v27i54.2618
Urse, E., & Tasențe, T. (2023). The role of social media in the Development of the Communication Strategy of Public Institutions. Ars Aequi, 12(1), 280–288. Retrieved from https://revista.drept-ovidius.ro/index.php/arsaequi/article/view/232
