Strategi Komunikasi Interpersonal Pelaku Usaha Mikro Pada Kantin Layang Pekerjaan Umum

Authors

  • Riskiyanto Riskiyanto Universitas Terbuka
  • Sekartaji Anisa Putri Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11892

Keywords:

Strategi Komunikasi Interpersonal, Pelanggan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, khususnya dalam menciptakan lapangan kerja dan memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh pelaku usaha mikro pada Kantin Layang Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam menarik pelanggan. Komunikasi interpersonal yang melibatkan interaksi tatap muka antara individu memainkan peran penting dalam membangun hubungan dan memengaruhi keputusan pembelian. Meskipun produk yang dijajakan serupa antar kedai, terdapat perbedaan signifikan dalam jumlah kunjungan pelanggan yang dipengaruhi oleh sikap dan komunikasi penjaga kedai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi bagaimana strategi komunikasi interpersonal diterapkan oleh para pelaku UMKM di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum. Wawancara dilakukan kepada dua orang pelaku usaha serta satu karyawan pelaku usaha kantin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh para pelaku UMKM ialah pendekatan personal, mendengarkan pelanggan secara aktif, membangun kepercayaan, serta menerapkan komunikasi non-verbal yang positif. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi komunikasi bagi pelaku usaha mikro, serta menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya dalam bidang komunikasi interpersonal.

References

Astuti, I. I. (2022). UMKM Sebagai Pembangkit Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi Berbasis Digital Marketing. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(2), 59–65.

DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th Edition). Pearsons Education.

Eriyanto. (2023). Metode Penelitian Komunikasi. Universitas Terbuka.

Fida, W. N., & Unde, A. A. (2019). Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak Remaja Dalam Menghadapi Pergaulan Bebas Di Negeri Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 20–30.

Firmansyah, M., Siregar, M., & Nuraini, Q. (2018). Strategi Komunikasi Interpersonal Pengelola Grup Penjualan Jersey di FaceBook (Studi Kasus Bit and Run pada Grup FaceBook Lelang Jersey & Aksesoris Sepakbola Dari GO, PI, AAA Original R7 Gallery). Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 3(1), 13–29. https://doi.org/10.33751/jpsik.v3i1.1007

Kartini, Arlintang, D., Fathurrahman, Setiawan, E. B., Al-Farabi, B. F., Galib, A., & Ainina, N. (2024). Tinjauan Kritis terhadap Teori Komunikasi Interpersonal: Implikasi terhadap Hubungan Sosial dalam Era Digital. VISA: Journal of Visions and Ideas, 4(1), 274–281.

Nurbani, Rosyid, M. I., & Bintari, A. (2022). Komunikasi Antarpribadi. Universitas Terbuka.

Prajarto, N. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Universitas Terbuka.

Sendjaja, S. D., Rahardjo, T., Pradekso, T., & Sunarwinadi, I. R. (2014). Teori Komunikasi (3rd ed.). Universitas Terbuka.

Suzanna, E., Anastasya, Y. A., & Amalia, I. (2022). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMKN 5 Lhokseumawe. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(2), 43–49. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.11

Widiyati, E. N., & Prihantoro, E. (2023). Straregi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Bogor. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(01), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i01.530

Published

2025-06-16

How to Cite

Riskiyanto, R., & Putri, S. A. (2025). Strategi Komunikasi Interpersonal Pelaku Usaha Mikro Pada Kantin Layang Pekerjaan Umum. Communicatio, 1(1), 137–147. https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11892

Issue

Section

Articles