Analisis Komunikasi Pemasaran Pada Sektor Manufaktur Produk Cat

(Studi Kasus PT Meitu Paint Indonesia)

Authors

  • Hanah Sopiah Universitas Terbuka
  • Sri Sediyaningsih Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11915

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Strategi Pemasaran, Promosi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk cat di PT Meitu Paint Indonesia. penelitian ini didasari oleh kemajuan teknologi informasi, inovasi dalam pengembangan produk dan bahan baku cat yang memberikan kinerja serta estetika yang lebih baik. PT Meitu Paint Indonesia menerapkan bauran pemasaran 4P (produk, harga, tempat, dan promosi) untuk meningkatkan daya saing di pasar cat yang kompetitif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan manajer perusahaan, observasi dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dijalankan oleh PT Meitu Paint Indonesia, seperti distribusi brosur ke took cat melalui tim sales, terbukti efektif dalam memperluas jangkauan konsumen. Strategi tersebut memberikan khazanah pengetahuan tentang cara meningkatkan visibilitas merek. Hasil penelitian ini memiliki implikasi dalam penerapan bauran pemasaran yang efektif dalam menghadapi persaingan pasar, khususnya di industri cat.

References

Agusnawati, R., Nurfadillah, N., Wiradana, N., & Muktamar, A. (2024). Efektivitas Evaluasi Strategi dalam Manajemen Pengendalian Mutu Organisasi. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(1), 87–105.

Amelia, N. A. N. (2023). Implementasi Bauran Promosi Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Memopro Wedding Organizer Dalam Meningkatkan Konsumen Memopro. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 4(1), 223–239.

Aprileny, I., Rizki, D. K., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal STEI Ekonomi, 31(01), 37–51.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Companies Hous. (2023). PT. Meitu Paint Indonesia: Company Information. https://companieshouse.id/meitu-paint-indonesia (Diakses 11 Desember 2024).

Delima, P. S., & Riofit, H. (2024). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5).

Doembana, I., Rahmat, A., & Farhan, M. (2017). Buku Ajar Manajemen dan Strategi Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta: ZAHIR Publishing.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(1), 31–55.

Jayadiningrat, C. D. P., Suryana, A., & Syafirah, N. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Jam Tangan Matoa di Tengah Pandemi COVID-19. Ilmu Komunikasi UNPAD, 2(2), 122–134.

Kotler & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran (B. Sabran,). Jakarta: Erlangga.

Lubis, M. R., Nuraflah, C. A., & Luthfi, M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Pada PT. Nipsea Paint and Chemicals Medan. Network Media, 5(2), 125–139. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jnm.v5i2.2259

Manurung, J., & Anom, E. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Musik Di Dotodo Music Edutainment. Technomedia Journal, 8(2 Oktober), 248–260.

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26.

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Warta Dharmawangsa, 13(1).

Nasution, R. W. S., & Aslami, N. (2022). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Meningkatnya Kepuasan Pelanggan. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 111–118.

Rahma, V. N., Huda, A. M., Kom, S., & Ikom, M. (2023). Penerapan Integrated Marketing Communication Toko Kopi Padma Dalam Menarik Pelanggan. The Commercium, 7(1), 10–23.

Rahmah, M., & Ibrahim, H. (2023). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Produk dalam Perdagangan Internasional. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 412–2417.

Rohman, Rila Anggraeni, N. H. R. (2021). Metode Penelitian Pemasan. Malang: UB Press.

Silaban, A. V. D., Zanjabila, A., & Mulyana, O. S. (2024). Strategi Marketing Mix Pada Lapis Kukus Tugu Malang dalam Menjangkau Pelanggan Potensial dan Meningkatkan Penjualan. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 4(6).

Simamora, R. H., Purba, J. M., Bukit, E. K., & Nurbaiti, N. (2019). Penguatan Peran Perawat Dalam Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Layanan Prima. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 25–31.

Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 216–226.

Published

2025-06-16

How to Cite

Sopiah, H., & Sri Sediyaningsih. (2025). Analisis Komunikasi Pemasaran Pada Sektor Manufaktur Produk Cat : (Studi Kasus PT Meitu Paint Indonesia). Communicatio, 1(1), 148–158. https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11915

Issue

Section

Articles