Strategi Komunikasi Pemasaran DNW_Gift melalui Shopee Live dalam Menarik Minat Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11968Keywords:
Strategi, Komunikasi Pemasaran, DnW_Gift, Shopee Live, Minat KonsumenAbstract
Shopee Live merupakan salah satu sarana penjualan berbasis digital yang banyak dimanfaatkan oleh para penggiat bisnis online yang bergabung dalam platform Shopee. Salah satunya DnW_Gift. Tantangan utama para penggiat usaha dalam menggunakan Shopee Iive adalah bagaimana cara menarik minat konsumen di tengah persaingan yang sangat ketat dan memastikan pesan yang disampaikan dapat tersampaikan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang telah digunakan DnW_Gift melalui shopee Iive dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DnW_Gift menerapkan analisis STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) sebagai dasar dalam penyusunan strategi komunikasi pemasarannya. Selain itu, penerapan bauran promosi serta pendekatan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terbukti efektif dalam menarik minat konsumen selama sesi siaran langsung. Temuan ini menegaskan bahwa strategi komunikasi yang terencana mampu meningkatkan daya tarik konsumen. Evaluasi berkala terhadap efektivitas strategi yang digunakan sangat disarankan untuk memastikan relevansi dan adaptabilitas dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berkembang.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). Syakir Media Press.
Dr. Redi Panuju, M. S. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. Prenada Media.
Gudiato, C., Sediyono, E., & Sembiring, I. (2022). Analisis Sistem E - Commerce pada Shopee untuk meningkatkan daya saing. 2(1), 6–10.
Mulyati, H. P., & Sudrajat, A. (2024). Efektifitas Model Aida Sebagai Strategi Pemasaran Dan E-Wom Untuk Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Era Digital ( Studi Kasus Pada Produk Hanasui ). 13(4), 873–881.
Prasetyo, B. D., Febriani, N. S., Asmara, W. W., Tamitiadini, D. D., Destrity, N. A., Avina, D. A. A., & Illahi, A. K. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru. Universitas Brawijaya Press.
Putri, M. K., Rahman, J. S. F. M., Nursyifa, F. A., Alfarisi, S., Putro, T. G. S., & Agustin, R. (2019). Analisis Segmentasi Pasar Dalam Penggunaan Produk Viefresh Di Wilayah Sekitar Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(2), 156–161. https://doi.org/10.30651/blc.v16i2.3133
Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 71–90.
Similarweb. (2024a). shopee.co.id Website Analysis for October 2024. Similarweb.
Similarweb. (2024b). tokopedia.com Website Analysis for October 2024. Similar We.
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29.
Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
