Pola Komunikasi Organisasi dalam PT Bussan Auto Finance
DOI:
https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.11975Keywords:
Komunikasi interpersonal, Organisasi, Pola Komunikasi OrganisasiAbstract
Perbedaan generasi dalam angkatan kerja dapat memengaruhi preferensi dan gaya komunikasi. Hal ini kemudian dapat menjadi salah satu penghambat dalam aktivitas komunikasi dalam organisasi. PT Bussan Auto Finance (BAF), sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa keuangan menghadapi tantangan serupa dalam mengelola komunikasi antar karyawan lintas generasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi organisasi yang diterapkan oleh PT. BAF dalam mendukung hubungan interpersonal yang positif antar karyawan, meningkatkan keterlibatan serta kepuasan kerja, dan merancang model komunikasi yang inklusif untuk menghadapi perbedaan generasi di tempat kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam untuk mengeksplorasi persepsi dan pengalaman karyawan terhadap pola komunikasi organisasi yang diterapkan. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis tematik. Penelitian menunjukkan bahwa PT. BAF menghadapi tantangan dalam komunikasi organisasi akibat adanya perbedaan generasi. Pola komunikasi organisasi secara vertikal menjadi salah satu komunikasi yang efektif untuk penyampaian informasi, tetapi kurang mendukung partisipasi karyawan. Sebaliknya, komunikasi lateral dan informal meningkatkan hubungan serta keterlibatan karyawan. Untuk menjembatani perbedaan yang ada, PT. BAF mengadopsi kebijakan komunikasi hibrid dan pelatihan antargenerasi guna membangun pemahaman dan hubungan yang harmonis.
References
Aji, H. K., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2024). Komunikasi Organisasi dan Kelompok. UnisriPress.
Ariyanto, D., Najich, A. B., Oktavia, S. N. N., Ambarwati, I., Yunitasari, L., & Setianingrum, N. (2024). Membangun Strategi Inklusif Dalam Pelatihan Dan Pengembangan Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Ditengah Keberagaman. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(10), 125-129.
Cahyadi, N., S ST, M. M., Ani Mekaniwati, S. E., Djajasinga, I. N. D., Hidayati, H., SE I, M. M., ... & S EI, M. M. (2023). Perilaku Dalam Organisasi. CV Rey Media Grafika.
Cyrious, C., & Adriana, E. (2023). Faktor Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3(3), 194-206.
Heryanto, T., & Ikasari, A. C. (2024). Peran Komunikasi Yang Efektif Dalam Organisasi. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 18(1).
Jannah, M., Ritonga, N. D. A., & Farhan, M. (2024). Tantangan komunikasi antar-generasi dalam lingkungan kerja organisasi modern. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 70-81.
Nartin, S. E., Faturrahman, S. E., Ak, M., Deni, H. A., MM, C., Santoso, Y. H., ... & Eliyah, S. K. (2024). Metode penelitian kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri.
Pibrinia, V., et al. (2024). Pola Komunikasi Organisasi dalam Pengkaderan pada Anggota LPM Sketsa Universitas Mulawarman Periode 2022/2023. eJournal llmu Komunikasi, 12 (4): 186-200.
Purbaningrum, D. (2019). Komunikasi Organisasi. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.
Rahmi, S. (2021). Komunikasi interpersonal dan hubungannya dalam konseling. Syiah Kuala University Press.
Seneru, W., Paharuddin, S. T., Utama, F. Y., Rosnani, S. A. N., Murcahyanto, H., Mohzana, H., ... & Kamaluddin, S. S. (2024). Strategi Komunikasi Organisasi Yang Efektif. Cendikia Mulia Mandiri.
Sundari, S., Silalahi, V. A. J. M., & Siahaan, R. S. (2024). Komunikasi Interpersonal dalam Membangun Harmoni dan Produktivitas di Tempat Kerja. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 419-438.
Suprianto, K., SE, M., Yuliana, S. E., Suparman, S. E., Sudiyarti, M. S., Utomo, K. W., ... & Edi Sumarya, S. T. (2023). Pengantar Perilaku Organisasi. Cendikia Mulia Mandiri.
