Peran Akun Instagram Blackpink dalam Penyebaran Budaya Korea
DOI:
https://doi.org/10.33830/communicatio.v1i1.12059Keywords:
Budaya, Akun Instagram, Media Sosial, Penyebaran BudayaAbstract
Perkembagan teknologi informasi dan komunikasi telah mengaburkan batas-batas geografi dan mempercepat pertukaran budaya lintas negara. Korean Wave merupakan salah satu fenomena global penyebaran budaya Korea Selatan ke seluruh penjuru dunia melalui media hiburan seperti musik, drama, dan juga film. Blackpink merupakan salah satu grup musik perempuan (girlgroup) yang ikut berperan dalam penyebaran budaya Korea Selatan tersebut. Salah satu media sosial yang memiliki pengguna besar adalah Instagram dengan 1,68 miliar di tahun 2024. Penelitian ini ingin melihat bagaimana peran akun Instagram Blackpink (@blackpinkofficial) dalam menyerbarkan budaya Korea. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskripstif kualitatif dengan melakukan observasi pada akun @blackpinkofficial. Hasil penelitian ini adalah akun Instagram Black Pink melakukan penyebaran budaya korea melalui konten yang diunggah. Konten-konten tersebut memuat pakaian, alat musik serta tari tradisional Korea.
References
Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern.
Ahmad Nabil, M. A. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa
ITS. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 4(1), 38-43.
Andi Asari, E. R. (2023). Buku Komunikasi Digital.
Athik Hidayatul Ummah, G. D. (2021). Book Chapter : Komunikasi Korporat, Teori &
Praktis.
Fachrosi E, F. D. (2020). Dinamika Fanatisme Penggemar K-Pop Pada Komunitas BTS-Army
Medan. Jurnal Diversita, 6(2), 194-201.
Fariszy R, S. V. (2024). Budaya Tradisional Sebagai Daya Tarik Konten Modern. Jurnal Ilmu
Komunikasi, 6(12), 120-140.
Hasfi, D. N. (2023). Komunikasi Di Era Digital. Tantangan Dan Peluang Menghadapi
Disrupsi Sosial.
Novi T.A, R. Y. (2023). Kolaborasi Strategi Branding Produk Oreo X Blackpink Melalui
Pemanfaatan Popularitas Blackpink. Jurnal UIN Sayyid Ali Rahmatulla Tulungagung,
7(2).
Rozy R.F, I. R. (2024). Why we should See Youtube from digital ecology perspective. Jurnal
Ilmu Komunikasi, 22(1), 77-91.
Safitri, N. A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Beli
Konsumen Melalui Media Sosial. Jurnal Universitas Trunojoyo Madura, 11(2).
Sugihartati. (2017). Budaya Populer dan Subkultural Anak Muda : Antara Resistensi Dan
Hegemoni Kapitalisme Di Era Digital.
Suryadi, E. (2021). Strategi Komunikasi : Sebuah Analisis Teori Dan Praktis.
Umilasari, P. (2020). Strategi Komunikasi Virtual akun @K_DRAMAINDO Dalam
Menyebarkan Budaya Pop Korea Di Indonesia. Jurnal UIN SUSKA RIAU.
