Perilaku Penggunaan Gawai pada Kualitas Hafalan Santriyah Rumah Qur'an Hafidzatun Qanitaat
Keywords: perilaku, generasi Z, hafalan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kualitas hafalan Al-Qur'an di kalangan santriyah Rumah Qur'an Hafidzatun Qanitaat, serta melepaskan peran gawai dalam mendukung atau menghambat proses hafalan. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara terbuka dengan santriyah yang berusia 18–27 tahun. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Transendental yang bermakna perilaku komunikasi yang terjalin antara seorang hamba dengan Tuhannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti rasa malas, bosan, dan hubungan yang tidak harmonis dengan orang lain menjadi hambatan utama dalam proses hafalan. Sedangkan faktor eksternal meliputi tuntutan perkuliahan, lingkungan pertemanan yang kurang mendukung, serta penggunaan gawai yang tidak terkontrol. Meski gawai sering menjadi sumber distraksi, hasil wawancara juga mengungkapkan manfaat positif seperti kemudahan mengakses aplikasi Al-Qur'an untuk muroja'ah dan mendengar murottal, serta penggunaan untuk kebutuhan akademik. Pengaruh negatif gawai lebih dominan ketika penggunaan tidak diatur, dengan banyak santriyah melaporkan penurunan kualitas hafalan akibat godaan media sosial dan hiburan digital. Beberapa santri melaporkan perbedaan signifikan dalam kecepatan dan fokus hafalan antara saat menggunakan gawai dan tanpa gawai. Namun, sebagian besar mengakui bahwa gawai juga menjadi alat bantu yang berguna jika digunakan secara bijak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan hafalan dipengaruhi oleh pengendalian diri para santriyah dalam mengelola waktu, emosi, dan teknologi. Selain itu, dukungan lingkungan yang positif, baik dari asrama maupun pertemanan, juga menentukan keberhasilan program hafalan. Diperlukan strategi manajemen waktu dan regulasi penggunaan gawai yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas hafalan santriyah.
References
Abdulwaly, Cece. 60 Godaan Penghafal Al-Qur’an dan Solusinya Mengatasinya. Sukabumi; Farha Pustaka, 2019.
Ach. Shofwan, & Mansyuri, N. I. (2024). Problematika Mahasantri dalam Tahfiz Al-Qur’an (Studi di Pondok Pesantren Ziyadatut Taqwa). Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2). https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i2.10090
Ansori, M., & Huda, M. (2020). Korelasi Antara Emosional Intelegent dan Spiritual Intelegent dengan Motivasi Menghafal Al-Qur’an sebagai Komunikasi Transendental (Studi pada Santri Tahfidz Al-Qur’an PP. Al-Qodiri Jember). Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1). https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i1.3
Arrasyd, H., Siregar, A. K., & Pranjono, P. (2020). Penggunaan Gadget terhadap Hafalan Santri di Pondok Pesantren Tahun 2020 Se-Kecamatan Batang Angkola dan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 282-292.
Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Remaja dalam Keluarga. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(2). https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.7898
Hanafi, Muchlis Muhammad. Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan, Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2019.
Lestari, S. 2014. Psikologi Keluarga: Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta : Kencana.
Nasrullah, Rulli. (2020). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi (cetakan keenam). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Mau, B., & Gabriela, J. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.51730/ed.v5i1.70
Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Rahmanita Ginting, A. Y. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Cirebon: Insani.
Razzaq, Abdur, Dakwah dan Komunikasi Efektif Dalam Islam, Palembang: Noer Fikri Offset, 2022.
Riyadi, M. F., & Widiastuti, M. (2023). Kecenderungan Kecanduan Ssmartphone ditinjau dari Kontrol Diri (Studi pada Remaja di DKI Jakarta). In Psychommunity Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul.
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1). https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sendy Agus Setyawan, 1, Muhammad Akbar Maulana Gustaf, 2, Enggar Dias Pambudi, 3, Mu’ammar Fatkhtoni, 4, & Syaiful Anwar, 5. (2019). Pergaulan Bebas di Kalangan Mahasiswa dalam Tinjauan Hukum Kriminologi dan Hukum. Quarterly, 2(1).
Copyright (c) 2024 Shabira Harum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.