Knowledge Transfer Pada Kegiatan Sesi Berbagi Pustakawan di Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
Keywords: Knowledge Transfer, Librarian, KKP Library
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses alih pengetahuan (knowledge transfer) yang berlangsung di Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui kegiatan "Sesi Berbagi Pustakawan", serta mengidentifikasi tantangan dan strategi yang diterapkan dalam pelaksanaannya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, dan pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, yaitu pustakawan internal yang telah mengikuti kegiatan tersebut lebih dari lima kali dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara dan observasi sebagai data primer, serta kajian kepustakaan sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses alih pengetahuan berlangsung melalui empat tahapan konversi pengetahuan, yakni sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, dan internalisasi. Namun, pelaksanaan kegiatan ini dihadapkan pada berbagai hambatan, seperti perbedaan kondisi infrastruktur antarperpustakaan, keterbatasan fasilitas teknologi, serta rendahnya kepercayaan diri pustakawan. Untuk mengatasi tantangan tersebut, Perpustakaan KKP melakukan pembinaan ke berbagai daerah guna menjaring ide dan umpan balik, serta mengadakan pelatihan public speaking bagi pustakawan sebagai bagian dari peningkatan kapasitas dalam berbagi pengetahuan.
References
Andi, M. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Messenger Info Dalam Pemberian Informasi dan Peningkatan Kinerja Pada Sub Bagian Program Pemerintah dan Peningkatan Kinerja Pada Sub Program Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan [Universitas Hasanuddin]. Diambil kembali dari https://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/Yjl5ZDdmNGMyZDFmYzAwZjY0ZTY2Y2UMjU5NzU0NDk1NmUyMTRmYw==.pdf
Behori, A., & Alamin, B. (2018). E-Notulen Rapat di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo. Jurnal Ilmiah Informatika(3).
Isnaini, M. (2019). Manajemen Knowledge Sharing Bagi Pustakawan di Perpustakaan Perguruan Tinggi: Upaya Pengembangan Profesi Jabatan Fungsional Pustakawan. Nazharat: Jurnal Kebudayaan (25). doi:https://doi.org/10.30631/nazharat.V25i5.20
Lawe, L., Harindah, S., & Senduk, J. J. (2016). Peran Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kinerja Pustakawan di Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara. ACTA DIURNA KOMUNIKASI(5). Diambil kembali dari https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12773
Lexy, J. M. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya.
Mazidah, A., & Laily, N. (2020). Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Perilaku Inovatif dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM)(9).
Mubarokah, A., & Masruri, A. (2023). Sikap Pustakawan dalam Menjalankan Kompetensi Profesional Layanan Informasi di Perpustakaan Cahaya Ilmu SMAN 1 Bengkulu Tengah. LIBRARIA:Jurnal Perpustakaan(11), 1-28.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. PT. Grasindo.
Siti, Z., & Arif, W. (2019). Knowledge Management: Peran Transfer Knowledge Terhadap Akuntabilitas dan Kinerja Aparatur Pemerintah Desa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi(07), 38-51.
Sulistiorini, Marina, D., Nafisa, F., & Silvi, I. F. (2019). Saatnya Pustakawan Bergerak di Era Disruptif. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga(9), 19-30.
Tobing, P. L. (2016). Knowledge Management: Konsep, Arsitektur, dan Implementasi. Diambil kembali dari https://www.academia.edu/en/76916806/Knowledge_Management_Konsep_Arsitektur_dan_Implementasi
Copyright (c) 2025 Lia Rizkia, Al Muhdil Karim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.