Produktivitas Karya Ilmiah Dosen UIN KHAS Jember Pada Jurnal Terindeks Scopus
Keywords: Scopus, UIN KHAS Jember, VOSviewer, Bibliometric
Abstract
This article examines the productivity of the scientific work of UIN KHAS Jember lecturers in Scopus indexed journals. The method used is the descriptive method with bibliometric analysis. The VOSviewer application is used in the bibliometric study to make it easier to visualize the results found. The results show an inconsistency in the naming of UIN KHAS Jember affiliations on Scopus. The highest productivity occurred in 2020 with 37 scientific papers produced by lecturers. The subject area of ​​most articles falls under the social sciences area. Most of the scientific work produced is available in open access form. In contrast to productivity based on the year of publication, the highest citation occurred in 2021. Meanwhile, the lecturer with the most scientific work productivity is Mukhlis, M. Not all scientific works produced result from lecturer collaboration. However, for lecturers who have collaborated, cooperation is carried out through collaboration with various institutions within and outside the country. Students are the terms that appear the most based on the keywords used.
Artikel ini mengkaji produktivitas karya ilmiah dosen UIN KHAS Jember pada jurnal terindeks Scopus. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisa bibliometrik. Aplikasi VOSviewer digunakan dalam Analisa bibliometric guna memudahkan membuat visualisasi terhadap hasil yang ditemukna Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat inkonsistensi penamaan afiliasi UIN KHAS Jember pada Scopus. Produktivitas tertinggi terjadi pada tahun 2020 dengan 37 karya ilmiah yang dihasilkan oleh para dosen. Area subjek artikel paling banyak masuk di bawah wilayah social sciences. Sebagian besar karya ilmiah yang dihasilkan tersedia dalam bentuk akses terbuka. Berbeda dengan produktivitas berdasarkan tahun terbit, sitasi tertinggi terjadi pada tahun 2021. Sedangkan dosen dengan produktivitas karya ilmiah terbanyak adalah Mukhlis, M. Belum semua karya ilmiah yang dihasilkan merupakan hasil dari kolaborasi dosen. Meskipun demikian, bagi para dosen yang telah berkolaborasi, kolaborasi dilaksanakan melalui kerjasama dengan berbagai lembaga baik dari dalam maupun luar negeri. Berdasarkan kata kunci yang digunakan, students merupakan istilah yang paling banyak muncul.
References
Amilia, F. (2020). Buku Ajar Menulis Artikel Ilmiah. Pustaka Abadi.
Aprison, W. (2018). Studi Tentang Produktivitas Dosen (Pengaruh Persepsi Motivasi, Iklim Kerja, dan Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bukittinggi). Pusaka Media.
Batubara, L. N. B. (2020). Produktivitas Dosen Universitas Sumatera Utara Pada Jurnal Terindeks Web of Science Menggunakan Analisis Bibliometrik. Universitas Sumatera Utara.
Cahya, A. (2018). Pentingnya Indeksasi pada Sebuah Jurnal Ilmiah. Jurnal Kesehatan Komunitas, 4(1).
Hayati, N., & Lolytasari. (2017). Produktivitas Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pada Jurnal Terindeks Scopus: Suatu kajian bibliometrik. Al-Maktabah, 16(1), 22–31.
Herawati, P., Utami, S. B., & Karlina, N. (2022). Analisis Bibliometrik: Perkembangan penelitian dan publikasi mengenai koordinasi program menggunakan VOSviewer. Jurnal Pustaka Budaya, 9(1), 1–8.
Ilovephd. (2021). List of Subject Areas Covered By Scopus Database.
Julia, J., Supriatna, E., Isrokatun, I., Aisyah, I., Hakim, A., & Odebode, A. A. (2020). Moral Education (2010-2019): A Bibliometric Study (Part 2). Universal Journal of Educational Research, 8(7), 2954–2968.
Lestari, W. (2012). Pembuatan Indeks Kata Kunci Artikel Jurnal Ilmiah Di Pdii-Lipi (Pusat Dokumentasi Dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Universitas Sebelas Maret.
Mailangkay, H. H. B. (2016). Penghitungan Angka Kredit Jabatan Akademik Dosen. http://kopertis3.or.id/v2/wp-content/uploads/Prof.-Mailangkay-Penghitungan-angka-kredit.pdf
Muis, A. (2015). Peran dan Produktivitas DPRD di Era Otonomi Daerah: Suatu studi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. IAIN Jember Press.
Mujabuddawat, M. A. (2017). Babak Baru Jurnal Ilmiah Arkeologi di Indonesia. Kapata Arkeologi, 13(1), 55–72.
Riady, Y. (2022). Perilaku Pencarian Informasi dan Literasi Kesehatan Digital Mahasiswa Universitas Terbuka yang Terpapar Covid-19. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi, 1(2), 57–78.
Rohanda, & Winoto, Y. (2019). Analisis Bibliometrika Tingkat Kolaborasi, Produktivitas Penulis, Serta Profil Artikel Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Tahun 2014-2018. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 3(1), 1–15.
Royandiyah, I., Wiradharma, G., Fiani, I. D., Bintarti, A., & Windrati, N. K. (2021). Kajian Penyempurnaan Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka Dari Sudut Pandang Alumni dan Pengguna LulusanIda. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi, 1(2), 102–115.
Sandjaya, T., & Muliawan, R. D. (2019). Produktivitas Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Kandaga, 1(1), 16–19.
Sutrisno, B., & Mulyani, S. (2012). Produktivitas Dosen (Kajian faktor-faktor penduga diketahui). Varia Pendidikan, 24(2), 113–121.
Syaifulloh, M., Wahid, F. S., & Nasiruddin. (2018). Analisis Produktivitas Kegiatan Penelitian Dosen di Universitas Setiabudi. JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen), 6(2), 154–162.
Walid, Sugiman, Sunarmi, & Wiyanti, D. T. (2018). Analisis Produktivitas Kinerja Dosen dan Tenaga Kependidikan dalam Mewujudkan Tahun Reputasi Universitas Negeri Semarang (UNNES) Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan. Prisma: Prosiding seminar nasional matematika, 919–927.