Strategi Komunikasi Kelompok Karang Taruna Klepu Dalam Mendorong Minat Baca Warga
Keywords: Group Syntality Theory, Karang Taruna, Komunikasi Kelompok, Strategi Komunikasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Karang Taruna Desa Klepu dalam mendorong budaya membaca warga Dukuh Tempel Desa Klepu dengan pendekatan group syntality theory (teori kepribadian kelompok). Ada dua aspek yang diperhatikan dari pendekatan ini yakni maintenance energy dan effective energy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menitikberatkan teknik pengumpulan data pada wawancara dan observasi sebagai data primer dan dokumentasi sebagai data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan maintenance energy berhasil dibangun dengan baik oleh Karang Taruna Desa Klepu melalui pemetaan masalah di lingkungan internal yang menjadi faktor penghambat kesuksesan gerakan budaya membaca warga. Hasil pemetaan tersebut yang kemudian digunakan menjadi acuan untuk membangun ulang komitmen dan soliditas anggota terhadap kelompok dan tujuan yang telah disepakati bersama. Adapun dari aspek effective energy Karang Taruna Desa Klepu berhasil menjadikan dinamika kelompok sebagai kekuatan utama untuk membangun ulang komitmen anggota. Kekuatan itu dibangun melalui strategi komunikasi yang menekankan harmonisasi dan simultansi. Selain itu, Karang Taruna Desa Klepu berhasil memetakan varian strategi komunikasi yang lebih luas. Hanya saja demi simultansi kesuksesan kegiatan sejenis di masa depan, Karang Taruna Desa Klepu perlu membangun komunikasi intensif dengan berbagai pihak dan juga merancang ulang pola evaluasi yang lebih terarah dan terukur melalui data komprehensif
References
Aina, A. J., Ogungbeni, J. I., Adigun, J. A., & Ogundipe, T. C. (2011). Poor reading habits among Nigerians: The role of libraries. Library Philosophy and Practice, 2011(OCT).
Asri, R. H. (2018). Strategi Komunikasi Humas Polda Polda D. I. Yogyakarta Melalui Skill Digital Savvy Di Era Disruptif. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 95. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.432
Boonaree, C., & Goulding, A. (2019). The Role of Community Libraries in Empowering Female Citizens in Disadvantaged Areas of Thailand. 1–10.
Fadillah, D. (2019). Dinamika Komunikasi Organisasi Muhammadiyah Diy Dan Pencalonan Senator Dpd Ri Dalam Tinjauan Teori Kepribadian Kelompok Raymond Cattell. Mediakom, 3(1), 1. https://doi.org/10.32528/mdk.v3i1.2409
Hasanah, U. M. U. (n.d.). Budaya Membaca di Kalangan Anak Muda Oleh Umi Ma ’ rufah Uswatun Hasanah Abstract. Sebelas Maret Institutional Repository, 1–2. https://core.ac.uk/download/files/478/20325902.pdf
Huriyah, L. (2016). Peran Perpustakaan Keluarga dalam Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Anak. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 63–86.
Igwe, K. N. (2016). DigitalCommons @ University of Nebraska - Lincoln Reading Culture and Nigeria ’ s Quest for Sustainable Development. Library Philosophy and Practice (e-Journal), 482(June), 1–11.
Itsekor, V. O., & Nwokeoma, N. M. (2017). ACTA UNIVERSITATIS LODZIENSIS FOLIA LIBRORUM 1 (24), 2017 The Importance of the Use of Libraries and the Need for a Reading Culture. 1(24). http://dx.doi.org/10.18778/0860-7435.24.07
Kominfo. 2017. Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kominfo.go.id, 10 Oktober, https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media, diakses 12 Februari 2021.
Odunewu, K. O., & Odeyemi, B. V. (2019). THE ROLES OF LIBRARIES AND LIBRARIANS IN DEVELOPING INFORMATION MANAGEMENT AND READING CULTURE IN NIGERIA. International Journal of Social Science and Humanities Researc, 7(4), 687-694.
Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.
Latiana, L., Hidayah, I., & Rosida, R. (2018). Replikasi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) oleh Karang Taruna Kampung Malon Gunungpati Semarang. Snkppm, 1, 378–382. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/view/142
Restianto, R. D., & Rahaju, T. (2020). Implementasi Kebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima Ke Sentra Pkl Gajah Mada Kabupaten Sidoarjo. Publika, 8(2), 1–9.
Rohayati, I. (2011). Program bimbingan teman sebaya untuk meningkatkan percaya diri siswa. Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163. http://jurnal.upi.edu/file/36-ICEU_ROHAYATI.pdf
Ruzicka, M. F., Palisi, A. T., & Berven, N. L. (1979). Use of Cattell’s Three Panel Model. Small Group Behavior, 10(1), 40–48. doi:10.1177/0090552679101003.
Sari, R. N. (2015). Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Perspektif Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Kantor Pemerintahan Desa Ngasem, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Stones, C. R. (1987). The volunteers: An Empirical Exploration of Relative Psychosocial Isolation. Small Group Research, 18(2), 168–178. https://doi.org/10.1177/104649648701800202
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung. Hlm 53-54.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabet
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Copyright (c) 2023 Pundra Rengga Andhita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.