Analisis Makna Pesan Motivasi dalam Lirik Lagu 21st Century Girls
Keywords: BTS, songs, women, semiotika
Abstract
BTS (Bangtan Sonyeondan) adalah sebuah boy band yang asalnya dari Korea Selatan dan namanya sudah tidak asing lagi terdengar bagi semua orang di dunia. Prestasi dan personal branding yang kuat, membuat BTS sangat dikenal semua orang. Dalam membuat karya musiknya, para penggemar selalu dikejutkan dengan skill mereka dalam penulisan lirik yang selalu memberikan banyak makna, entah itu tentang perjalanan karir mereka atau tentang isu-isu sosial. Karya ilmiah ini dibuat dengan judul “Analisis Makna Pesan Motivasi yang Tersirat Bagi Perempuan Di Dunia dari Lirik Lagu 21st Century Girls karya Boy Band Korea Selatan : BTS (Bangtan Sonyeondan)”. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif interpretatif dan dianalisa melalui teori semiotika Ferdinand De Saussure dengan tujuan untuk menjelaskan pesan motivasi dari lirik lagu tersebut yang dijabarkan perbait. Peneliti memilih lagu ini karena lagu 21st Century Girls karya BTS adalah sebuah lagu yang sangat inspiratif dengan mengangkat isu-isu sosial pada perempuan tentang kepercayaan diri seorang perempuan. Dapat diketahui, kepercayaan diri perempuan cenderung menurun karena standar kecantikan masyarakat yang tinggi. Dalam penelitian inilah ditemukan makna pesan motivasi bagi perempuan yang terlibat dalam masalah kepercayaan diri.
References
Amara, V. R., Kusuma, R. S., Sos, S., & Kom, M. I. (2022). Analisis Semiotika Gangguan Kesehatan Mental Pada Lirik Lagu BTS Magic Shop. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/98528%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/98528/3/Nas kah Publikasi.pdf
El-Yana, K. E. (2021). Perempuan Dalam Bingkai. Google Buku : Indigo Media Prasetiyo, A. (2013). Musik Di kalangan Remaja. Promusika, 75–92.
Fitri, S. F. (2017). Analisa Semiotik Makna Motivasi Lirik Lagu “Cerita Tentang Gunung Dan Laut” Karya Payung Teduh, Vol 8(3), 2579-329. https://doi.org/10.31294/jkom.v8i3.3071
Fitroh, D. (2019). Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Beyond The Scene (BTS) (Studi Analisis Semiotika Roland R. Barthes dalam Album Love Yourself: Tear). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Fung, A. Y., Hong, S. K., Huang, L., Jung, H., Kang, B., Kim, J. O., ... & Zhang, Q. (2017). The Korean Wave: evolution, fandom, and transnationality. Lexington Books.
Rinata, A. R. R. (2019). Fanatisme Penggemar KPop Dalam Bermedia Sosial Di Instragram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 14.
Indah & Rachman, R. M. I & R. S. R. (2020). Pengaruh Personal Branding Dan Citra Merek Terhadap Keputusan pembelian ( Studi Kasus Kuantitatif BTS Dan Album love Yourself Pada Fandomnya Army Bandung). Buana komunikasi, 1(1), 67.
Lushka, S. L. (2018). BTS To All The Youngsters Without Dreams. Sleman Yogyakarta : Aria Media.
Soekir, A. S. (2022). Kenapa Harus Perempuan. Google Buku : Stiletto Book.
Lantowa, F. L. (2017). Semiotika Teori, Metode, Dan Penerapannya Dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta : Deepublish.
Latifah Uswatun Khasanah. (2022, Agustus 19). Analisis Semiotika: Teknik Analisis Data yang Menganalisis Simbol. Retrieved from https://www.dqlab.id/analisis-semiotika-teknik-analisis-data-yang- menganalisis-simbol#:~:text=tengah%20dan%20akhir.- ,3.%20Analisis%20Semiotika,yang%20menggambarkan%20sesuatu%20yang %20lain.
Sobur, A. S. (2016). Semiotika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Vera, N. V. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi (I). Bogor : Ghalia Indonesia.
Copyright (c) 2022 Liris Febrianty, Windra Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.