Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Personal Branding dan Eksistensi Pekerja Migran Indonesia di Singapura
Keywords: Tiktok, Personal branding, Eksistensi, Pekerja Migran Indonesia
Abstract
Popularitas TikTok yang meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir menjadikan platform tersebut sebagai salah satu media sosial yang dipakai sebagai bentuk ekspresi dan kreativitas. Sebagai tren terkini, TikTok memenuhi kebutuhan akan interaksi sosial dan juga sebagai sarana untuk mengekspresikan diri serta pendapat melalui video. Kegunaan dari research ini yakni untuk mengetahui dampak penggunaan TikTok terhadap personal branding dan eksistensi PMI di negara Singapura. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Statistical Package for Social Sciences versi 25 untuk mengolah data. Hasil penelitian melihat bahwa penggunaan TikTok berpengaruh pada pembentukan personal branding dan eksistensi PMI di Singapura. Para pengguna TikTok membuat konten untuk menunjukkan personal branding mereka dan merasa perlu memperbarui konten secara teratur untuk menunjukkan eksistensi pada pengikut mereka.
References
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan. Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar. Interpratama Mandiri
Nisfiannoor, M. (2013). Pendekatan Statistika Modern (Aplikasi dengan. Software SPSS dan E-Views). Jakarta: Universitas Trisakti.
Kriyantono, R. (2012). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana.
Elvinaro, A. Komala, L. Karlinah, S. (2007). Komunikasi Massa. Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sari. U. (2020). Pengaruh Penggunaan Tiktok Terhadap Eksistensi Siswa/Siswi SMK Negeri 1 Sumenep. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mikhael, Abraham (2019) Use of Tiktok For Gratifications and Self-Expression Among Urban Generation Z. Binus University
Ruth, D. Candraningrum, D.A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Jurnal Koneksi Universitas Tarumanegara. 207-208
Johnson, K. (2017). The Importance of Personal Branding in Social Media: Educating Students to Create and Manage their Personal Brand, Jurnal International Metropolitan State University
Data Penempatan dan Pelindungan PMI Periode Tahun 2022. Bp2mi.go.id. Diakses pada 8 Januari 2023. Melalui: https://bp2mi.go.id/statistik-detail/data-penempatan-dan-pelindungan-pmi-periode-tahun-2022
UT Luar negeri. PPMLN UT Beri Literasi Digital Bagi Pekerja Migran Indonesia. Diakses pada 15 Desember 2022. Melalui: https://luarnegeri.ut.ac.id/content/perayaan-migrant-day-ppmln-ut-beri-literasi-digital-bagi-pekerja-migran-indonesia
Global Sosial Media Statistics. Datareportal. Diakses pada 15 Desember 2022. Melalui: https://datareportal.com/social-media-users.
Tiktok a billions. Tiktok.com. Diakses pada 18 Januari 2023. Melalui: https://newsroom.tiktok.com/en-us/1-billion-people-on-tiktok
Copyright (c) 2023 Susy Susanty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.