ANALISIS KONTEN REELS INSTAGRAM @KOPIKENANGAN.ID SEBAGAI BENTUK PEMASARAN
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Produk, Reels, Kopi Kenangan, Instagram
Abstract
Industri F&B merupakan salah satu industri yang sangat produktif, seperti yang tercermin dalam kontribusinya terhadap PDB non-migas di Indonesia. Pertumbuhan yang kuat dalam industri ini menuntut adanya strategi komunikasi pemasaran yang efektif agar pelaku bisnis dapat bertahan dan berkembang dalam persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini memiliki fokus yang terhadap penerapan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Kopi Kenangan melalui konten reels yang diunggah pada akun @kopikenangan.id. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari 63 konten reels yang dibagikan antara 1 Januari 2023 hingga 27 Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Kopi Kenangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Kopi Kenangan secara konsisten mengadopsi strategi komunikasi pemasaran yang berfokus pada periklanan dan hubungan masyarakat serta publisitas. Dengan demikian, mereka dapat memanfaatkan platform reels Instagram dengan baik untuk memperkenalkan produk mereka kepada audiens yang lebih luas.
References
Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2020). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215–222. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195
Damastuti, R. (2021). MEMBEDAH FEEDS INSTAGRAM PRODUK SKINCARE LOKAL (ANALISIS ISI KUANTITATIF AKUN INSTAGRAM AVOSKIN). Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 189. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.189-199
Eriyanto. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (3 ed.). Universitas Terbuka.
Felin, F., & Damastuti, R. (2022). ANALISIS ISI KONTEN POST AKUN INSTAGRAM @MENANTEA.TOKO DALAM MEMBANGUN ENGAGEMENT FOLLOWERS. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jikq.v5i1.122
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Penerbit Qiara Media.
Ginting, I., & Sudrajat, R. (2022). Analisis Strategi Promosi @Jurnalrisa Coffee Di Masa Pandemi Covid-19 Di Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 123–137. https://doi.org/10.5281/zenodo.6943622
Juli, E. K. (2022). PENGARUH HARGA, KEPERCAYAAN, BRAND LOVE DAN E-PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH PADA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK PADA ERA PANDEMI COVID 19. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1083
Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III-2022. (2022, November 11).
Noti, F. B., Widodo, H. P., & Setiamandani, E. D. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kae Thai Tea Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 33–43. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i1.76
Santoso, A., Mulyana, A., & Irfan, M. (2020). E-COMMERCE CONTENT CREATIVE DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Content Instagram Payfazz). Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5(4), 1–13. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1278
Suryana, A. (2020). Komunikasi Pemasaran (4 ed.). Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2023 Ridwan Noor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.