Komunikasi Ekspresif Penggunaan Media Sosial TikTok (Studi Kasus Generasi Z Usia 18-23 Tahun) Komunikasi Ekspresif Penggunaan Media Sosial TikTok (Studi Kasus Generasi Z Usia 18-23 Tahun)
Keywords: komunikasi ekspresif, media sosial, TikTok, generasi Z, kualitatif
Abstract
Tiktok adalah Aplikasi jejaring sosial dan platfrom pembuatan video pendek dengan dukungan musik yang sangat digemari banyak kalangan termasuk dewasa dan anak di bawah umur untuk sekedar hiburan dan mencari informasi maupun menuangkan ekpresi. Aplikasi Tik Tok ini juga bisa membuat penggunanya dikenal atau terkenal, aplikasi tiktok ini berasal dari daerah Tiongkok yang di luncurkan di tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aplikasi Tiktok sebagai wadah untuk komunikasi ekspresif pada Generasi – Z serta mengetahui alasan mengapa aplikasi Tiktok dijadikan tempat unuk Komunikasi Ekspresif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Hasil dari penelitian ini bahwa Generasi – Z aktif dalam menggunakan aplikasi Tiktok untuk mengekpresikan diri Mereka melalui potongan video pendek ataupun berkomentar dan dapat untuk membagikan karya, menambah wawasan, dan untuk hiburan. Generasi – Z memilih aplikasi Tiktok karena aplikasi yang memiliki banyak fitur.
References
Albarran, A. B. (2021). The social media industries. In The Social Media Industries. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203121054
Asano, E. (2017). How Much Time Do People Spend on Social Media? [Infographic] | Social Media Today. Social Media Today.
Baleviciene, D. (2020). Integrated Marketing Communications. In Art Marketing. Pustaka Pelajar. https://doi.org/10.4337/9781800883284.integrated.marketing.communication
Cangara, H. (2016). Komunikasi politik : Konsep, teori, dan strategi / Hafied Cangara. In Communication Science (pp. xxiii, 430 hlm, 472 hlm :ilus. ;23 cm.).
Daniati, F. (2021). TIKTOK SEBAGAI RUANG EKSPRESI PUBLIK (STUDI DESKRIPTIF PENGGUNA TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TEUKU UMAR) (Issue March). Universitas Teuku Umar.
dra.hj.fatmawaty. (2019). Komunikasi Lintas Antar Budaya. PT Remaja Rosdakarya.
E.B. Hurlock. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. In Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga (Vol. 5, Issue 2). Penerbit Bentang.
Effendy, & Onong Uchjana. (2022). Teori dan Filsafat Komunikasi. In Citra Aditya Bakti. (3rd ed.). PT. Citra Aditya Bakti.
hafied. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi. In Pengantar Ilmu Komunikasi (Vol. 1, Issue komunikasi). RajaGrafindo Persada. https://www.gramedia.com/products/pengantar-ilmu-komunikasi-edisi-keempat?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi
Littlejohn, Stephen, Fos, & Karen. (2014). Teori Komunikasi Massa (terj). CV Budi Utama.
Lusiana, Y., & Paramita, S. (2022). Komunikasi Ekspresif Media TikTok. Kiwari, 1(3), 443–448. https://doi.org/10.24912/ki.v1i3.15762
Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (Cetakan ke). Remaja Rosdakarya.
Patel. (2012). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). Rake Sarakin. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. LkiS.
Prof.Dr.Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). CV Jejak (Jejak Publisher). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
Rizali, A. E. N. (2020). Intelektualitas Dan Kreativitas Desainer Sebagai Peluang Meningkatkan Industri Kreatif. Seminar Nasional Envisi, 1–16. https://www.uc.ac.id/envisi/wp-content/uploads/publikasifpd/ENVISIFPD-2020-P001-AWANG EKA NOVIA RIZALI-INTELEKTUALITAS DAN KREATIVITAS DESAINER SEBAGAI PELUANG MENINGKATKAN INDUSTRI KREATIF.pdf
Safitri, U., & Naini, A. M. I. (2020). Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Generasi Z Di Masa Pandemi. Universitas Sebelas Maret, 19(X), 12–26.
Salsabila, E. F., Hanggara, G. S., & Dwi, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Smk Pgri 2 Kediri. Seminar Nasional Virtual, Konseling Kearifan Nusantara, 32–41.
Suharyanti, I. G. dan. (2014). Cyber Public Relations. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 27–48.
Surbakti, K. (2019). Analisa Semiotika Charles Sanders Pierce Pada Film Crazy Rich Asian Dalam Mempresentasikan Budaya Konteks Tinggi dan Budaya Konteks Rendah. In Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota (Vol. 1, Issue 3). Universitas Sumatera Utara Medan.
Wiradharma, G., Anam, K., & Ningrum, K. P. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Apartemen Pada Generasi Milenial. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 70–77. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i2.1221
Copyright (c) 2023 Dicky Dicky Mardianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.