Social Media Dynamics: Unraveling Netizen Interactions and Promoting Responsible Behavior in Indonesia Dinamika Media Sosial: Mengungkap Interaksi Netizen Dan Mendorong Perilaku Bertanggung Jawab Di Indonesia
Keywords: Interaksi Netizen, Media Sosial, Etika Bermedia Sosial
Abstract
Penelitian ini berpijak pada teori penilaian sosial dari berbagai kanal media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twitter dan sebagainya, dari masing masing aplikasi tersebut tentunya mempunyai karakteristik dan sikap pengguna yang berbeda beda dalam hal menggali dan menanggapi suatu fenomena di dalam nya. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam terkait bagaimana interaksi netizen Indonesia di media sosial tercermin, dengan fokus pada perubahan dinamika interaksi seiring perkembangan media sosial yang nantinya pada penelitian ini akan memberikan manfaat mengenai mendorong kesadaran masyarakat terhadap dampak interaksi online, baik positif maupun negatif, dan mempromosikan perilaku yang lebih bertanggung jawab di media sosial. Data yang diambil dari penelitian ini melalui penyebaran angket yang nantinya akan menjadi sampel penelitian. Etika dalam bermedia sosial sangat diperlukan seperti layaknya kehidupan bermasyarakat, namun, hal ini banyak diacuhkan oleh sebagian masyarakat, maka tidak sedikit masyarakat yang terkena dampak berita bohong atau hoax, maka dari itu diperlukan etika dan kewaspadaan dalam bermedia sosial.
References
Alamsyah, A. (2021). Youtube: Sebuah Kajian Demokratisasi Informasi dan Hiburan. Jurnal Politik Profetik, 9(1), 98-118.
Ati, R. M., Rhangga, A., & Anggraini, P. (2023). Literasi Digital Sebagai Upaya Kritis Memerangi Berita Bohong: Studi Terhadap Gerakan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO). Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 7(3), 420-429.
Azhar, A. F., & Soponyono, E. (2020). Kebijakan Hukum Pidana dalam Pengaturan dan Penanggulangan Ujaran Kebencian (Hate Speech) di Media Sosial. Jurnal pembangunan hukum Indonesia, 2(2), 275-290.
Febriansyah, F. I., & Purwinarto, H. S. (2020). Pertanggungjawaban Pidana bagi Pelaku Ujaran Kebencian di Media Sosial. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 20(2), 177-188.
Finaka, A. 2021. Benarkah Netizen Indonesia Paling Tak Sopan se-Asia?https://indonesiabaik.id/infografis/benarkah-netizen-indonesia-paling-tak-sopan-se-asia.
Ikhsan. 2021. Riset: Netizen di Indonesia Paling Tak Sopan se-Asia Tenggara. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210225115954-185-610735/riset-netizen-di-indonesia-paling-tak-sopan-se-asia-tenggara.
Jannah, F. N., Fatonah, A. R., & Turnip, M. (2023). ANALISIS WACANA VAN DIJK TERHADAP OPINI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL TWITTER. KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 5(2), 179-195.
Komalasari, S., & Asbari, M. (2023). Fenomena Pengadilan Netizen: Dampak Negatif Over-sharing?. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 67-71.
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia (Studi Analisis Falsafah Hukum Islam Dalam Kode Etik NetizMU Muhammadiyah). Asy Syar'iyyah: Jurnal Ilmu Syari'ah dan Perbankan Islam, 5(2), 202-225.
Manufa, S. (2023). Peran Media Sosial dalam Matinya Kepakaran. Al-Tadabbur, 8(2), 239-253.
Manalu, R. (2023). Fenomena Extreme Speech di Social Media: Memahami Perilaku Ujaran Kasar oleh Remaja di Media Sosial. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 92-108.
Marshall, T. C., Ferenczi, N., Lefringhausen, K., Hill, S., & Deng, J. (2020). Intellectual, narcissistic, or Machiavellian? How Twitter users differ from Facebook-only users, why they use Twitter, and what they tweet about. Psychology of Popular Media, 9(1), 14.
Prajarto, N. (2018). Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram@ lambe_turah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 33-46.
Rahman, O. H., Abdillah, G., & Komarudin, A. (2021). Klasifikasi Ujaran Kebencian pada Media Sosial Twitter Menggunakan Support Vector Machine. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 5(1), 17-23.
Restendy, M. S. (2020). Dinamika produksi media cetak dan tantangan industri pers di Indonesia. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2), 141-164.
Rizky, F. U., Hasanah, E. P., & Salisah, N. H. (2021). Analisis Psikologi Komunikasi Kelompok Virtual dalam Penerimaan Konten Radikalisme. Jurnal Komunikasi, 15(1), 99-114.
Sepima, A., Siregar, G. T., & Siregar, S. A. (2020). Penegakan Hukum Ujaran Kebencian di Republik Indonesia. Jurnal Retentum, 2(2).
Setia, P. (2021). Membumikan Khilafah di Indonesia: Strategi Mobilisasi Opini Publik oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Media Sosial. Journal of Society and Development, 1(2), 33-45.
Sihombing, E. S., & Evangelina, M. E. M. (2022). Kerancuan Berpikir: Propaganda Publik Media Pro-Ukraina Dalam Situasi Perang Rusia-Ukraina 2022. Sapientia Humana: Jurnal Sosial Humaniora, 2(02), 182-192.
Suryani, Y., Istianingrum, R., & Hanik, S. U. (2021). Linguistik Forensik Ujaran Kebencian terhadap Artis Aurel Hermansyah di Media Sosial Instagram. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 107-118.
Copyright (c) 2024 OLIVE TIAR AGNESIA BONITA, Pasya Padika Rasendriya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.