Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Peningkatan Penjualan Produk Logam pada CV Tanjung Indah Logam
Keywords: bauran pemasaran, strategi komunikasi, media sosial
Abstract
CV. Tanjung Indah Logam pada awalnya memasarkan dan menjual produknya hanya melalui promosi mulut ke mulut. Seiring berjalannya waktu CV Tanjung Indah Logam mulai memasarkan produknya melalui media online seperti, media sosial dan marketplace, sehingga CV Tanjung Indah Logam dapat meningkatkan penjualannya. Dalam waktu tiga tahun, CV Tanjung Indah Logam mengalami peningkatan pendapatannya secara signifikan. Peningkatan penjualan yang signifikan selama tiga tahun terakhir memicu ketertarikan penulis terhadap bagaimana CV Tanjung Indah Logam menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data kualitatif kemudian menjelaskannya secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi Pustaka dan dokumentasi kemudian disajikan secara deskripsi yang mendetail. Fokus penulisan akan membahas tentang strategi bauran pemasaran (4P) yaitu Product, Price, Place dan Promotion yang dilakukan oleh CV. Tanjung Indah Logam. Kemudian akan dibahas juga mengenai sarana bauran promosi meliputi iklan, penjualan langsung, promosi penjualan dan word of mouth dalam menunjang strategi tersebut.
References
Arianto, (2021). Komunikasi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi di Era Digital. Airlangga University Press
Amalia, N. (2023). Implementasi Strategi IMC Integrated Marketing Communications Oleh UMKM Bidang Oleh – Oleh Kuliner Di Malang Pada Masa Pandemi Covid-19Kontra.
https://jurnal.ut.ac.id/index.php/ikomik/article/view/3585/1476
ADS&ANM. (2021) Macam-macam Metode Penelitian Karya Ilmiah dan Penjelasannya
Azizah, L. (2021) Kajian Teori: Pengertian, Contoh & Cara Membuat
https://www.gramedia.com/literasi/kajian-teori/
Banjaŕnahor, Astri Rumondang, et al. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Cangara, H. (2017). Perencanaan dan strategi komunikasi. Rajawali Pers
Cahyono, E, D. Safitri, R. Pradesti, E. (2021) Jual Beli Sayuran Via Instagram : Sebuah Metode Partisipatoris Dalam Inovasi Agribisnis
https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkp/article/view/3485/pdf
Fitrianti,N. Sazali, M. Kinanti, D,N. (2022) Burger King’s Goodvertising Campaign Analysis in the Pandemic Era (Study on Posts of Calls to Buy Competitors’ Products on Instagram Account @burgerking.id).
https://jurnal.ut.ac.id/index.php/ikomik/article/view/2737/1118
Hermawan, Agus (2012) Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Mursid, L,F. (2021) Strategi Komunikasi Pemasaran Co-Branding McDonald’s BTS Pada Program BTS Meal
http://repository.untag-sby.ac.id/21410/8/JURNAL.pdf
Novaldy, D.; Pithaloka, D. (2017). Komunikasi Pemasaran PT. Mustika Ratu Cabang Pekanbaru Dalam Menghadapi Persaingan Pasar. Universitas Islam Riau
Riskita, A. (2022). Perkembangan UMKM di Indonesia dan perannya seperti apa?
https://store.sirclo.com/blog/perkembangan-umkm-di-indonesia/.
Resmawa, Ira N. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Memasarkan Produk Cemilan Kerupuk Singkong Samiler “SAMIJALI” di UKM Eks Lokalisasi Dolly. Surabaya : STIE YAPAN
Silviani, I. ; Darus, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (Imc). Scopindo Media Pustaka.
Seskolana, Y, I. (2018) Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Gojek Indonesia dalam Meningkatkan Pengguna Go-Pay
https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/8/6
Prasetyo, Bambang D. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru. Universitas Brawijaya Press.
Copyright (c) 2024 FADHLY YUDHA ABDULLAH ABDULLAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.