IMPLEMENTASI STRATEGI MEDIA RELATIONS PT XL AXIATA TBK DALAM MEMBANGUN KEMITRAAN POSITIF DENGAN WARTAWAN
Keywords: Penggunaan media, aplikasi, Hear Me, Komunikasi Interpersonal, Kegunaan dan Gratifikasi
Abstract
Media relations dianggap sebagai suatu hubungan yang perlu dipelihara secara berkelanjutan antara perusahaan XL Axiata dan mitra media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk membahas berbagai implementasi yang telah dilakukan perusahaan dalam memperkuat hubungan dengan wartawan. PT XL Axiata Tbk diakui pentingnya media relations dalam membangun citra positif dan kemitraan dengan media massa, dan telah melaksanakan berbagai program seperti Media Visit, Media Gathering, dan pertemuan informal untuk memperkuat hubungan dengan wartawan. Hasilnya, perusahaan ini mendapatkan pengakuan positif dan penghargaan atas inisiatif sosial korporat mereka. Media relations memainkan peran penting dalam membentuk persepsi publik, dan PT XL Axiata Tbk telah berhasil memanfaatkan strategi ini untuk membangun citra positif.
References
Civilization, I., TEMA 19, & Domenico, E. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 6.
Duryadi. (2021). Metoda Penelitian Ilmiah. 32–40.
Fatimah, R., Hasibuan, E. J., & Novri, N. (2020). Peran Public Relations dalam Mengelola Publikasi Program Kemitraan di PT. Telkom Regional I Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 104–109. https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.339
Halawa, Z., & Islami, L. (2021). Strategi Public Relations Pt. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasari Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Melalui …. Pantarei. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/718%0Ahttps://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/download/718/583
Ilaf, N., & Satya Candrasari, ) ; (2022). Strategi Media Relations PT XL Axiata Tbk Dalam Menjalin Hubungan Baik Dengan Media Massa. Jurnal Professional, 9(1), 1–8.
Informal, P., Membangun, D., & Dengan, H. (2010). PENDEKATAN INFORMAL MEDIA RELATIONS PT . INDOSAT , Tbk. 7.
Iswara, N. D., Uljanatunnisa, U., & Mahdalena, V. (2020). Strategi Media Relations dalam Launching Produk Vivo S1 Periode Juli 2019 (Studi Kasus PT Srikandi Imaji Lintaskreasi). Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 9(1), 1. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.3005
Koagouw, F. V. I. A. (2019). Kata kunci: profesionalisme, wartawan. Unsrat, vol.1 No.3, 1–14.
Mahriva, M. N. (2020). CORPORATE COMMUNICATION PT. XL AXIATA Tbk. MERESPON MASA KRISIS PANDEMI VIRUS COVID-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(1), 137. https://doi.org/10.32509/wacana.v19i1.1044
Mahriva, M. N., & Wuryanata, E. W. (2021). Strategi Media Gathering Pt Xl Axiata, Tbk Dalam Membangun Sinergisitas Dengan Industri Penyiaran. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(1), 105. https://doi.org/10.30813/bricolage.v7i1.2172
Mauludi, A. H., Widyanto, G., & Amelia, R. (2022). Membangun Media Relations Yang Ideal Berdasarkan Perspektif Praktisi Public Relations Dan Media. BroadComm, 4(2), 29–39. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.240
Prastya, N. M. (2023). Pandangan Wartawan tentang Aktivitas Media Relations Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Masa Pandemi. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 14(1), 63–77. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i1.5405
Rachman, T. (2018). Kesetraan Gender di Inews Palembang Definisi Wartawan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Sinaga, R., Suwardi, S., & Dayana, D. (2021). Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara Untuk Meningkatkan Citra Positif. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 7(2), 68–77. https://doi.org/10.56015/governance.v7i2.27
Wirdanuke, D. (2021). Relationship Wartawan Dengan Humas Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Pusat Dalam Melakukan Media Relations. … Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 671–677. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/1116%0Ahttp://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/download/1116/1020
Copyright (c) 2024 Monica Carissa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.