Analisis PT. Unilever Indonesia dalam pemanfaatan media massa dan media sosial dalam (kegiatan media relation)
Keywords: Media Relation, pemanfaatan media sosial, pemanfaatan media massa, Unilever Indonesia
Abstract
Media relations mempunyai nilai lebih karena mampu memposisikan suatu Perusahaan atau organisasi ke kalangan publik dalam mencakup jangkauan yang amat luas. media massa adalah sumber data serta informasi yang sangat valid serta kredibel sesuai fakta- fakta yang ada tentang profil suatu Perusahaan atau organisasi. Pemanfaatan media massa dan media sosial dari Unilever Indonesia dalam kegian media relations ini sudah sangat efektif selaras atas visi juga misi atas Perusahaan itu yaitu sama- sama ingin melindungi bumi dari kerusakaan atau peduli terhadap lingkungan dengan melakukan Gerakan- Gerakan peduli lingkungan dari mulai event, kempanye dan lain- lain. Ketika Perusahaan ingin membagikan suatu informasi yang lebih menarik lagi dan jangkuannya cukup luas maka suatu Perusahaan atau organisasi harus bekerja sama juga dengan media massa atau memiliki hubungan yang baik antara Perusahaan atau organisasi dan media massa, karena jika Perusahaan atau organisasi mengalami suatu pemberitaan negatif maka media massa bisa meminimalisir berita tersebut atau jika ada peluncuran produk baru jika ada hubungan baik antar keduannya maka media massa akan datang tanpa membayar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi literatur yang relevan untuk menunjang penelitian terkait penelitian yang sedang dikaji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Unilever Indonesia memanfaatkan media massa yang berfokus pada Kompas.com dan CNBC Indonesia serta website resmi Unilever dan media sosial dari Unilever sendiri dalam kegiatan media relation yang dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan citra positif Perusahaan tersebut.
Kata Kunci: Media Relations, Pemanfaatan Media Massa dan Media Sosial, Unilever Indonesia
References
Ahmad Salleh. (2019). Komunikasi Era Digital. INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, & Sosial, 1(2), 50–61. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/26
Basuki, K. (2019). Studi Deskriptif. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Hanggarjita, M. D., & Paksi, A. K. (2022). Peran Unilever Dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(3), 283–296. https://doi.org/10.37329/ganaya.v5i3.1846
Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
Ley 25.632. (2002). 済無No Title No Title No Title.
Mustika, R. (2019). Pergeseran Peran Buzzer Ke Dunia Politik Di Media Sosial. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 2(2), 144–151. https://doi.org/10.17933/diakom.v2i2.60
Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 02, 52. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/4198
Sinaga, R., Suwardi, S., & Dayana, D. (2021). Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara Untuk Meningkatkan Citra Positif. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 7(2), 68–77. https://doi.org/10.56015/governance.v7i2.27
Susanto, E., Julia, M., Nisrina, G., Febriani, D. F., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2023). Analisis Sistem Manajemen Sekurity PT Unilever. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 330–338. https://journal.csspublishing/index.php/ijm
Syarifuddin Akbar. (2021). Media Komunikasi Dalam Mendukung PenyebarluasanInformasi Penanggulangan Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 2(1), 73–82.
Wijoyo, A., Agustina, M., Bako, D. N., Jorghi, S., & Harahap, F. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen Pemasaran di PT Mayora Indah Tbk. 1(4), 352–354.
(Nadie, Lahyanto. 2018. Media Massa & Pasar Modal Strategi Komunikasi Bagi Perusahaan Go Public. Jakarta Selatan: Media Centre Redaksi.)
www.unilever.co.id
Bahfein, S. & Alexander B. H.(2023, Agustus 02). Geobak Listrik buat masjid istiqlal dari unilever. [kompas.com]. Diakses dari https://lestari.kompas.com/read/2023/08/02/200000686/gerobak-listrik-buat-masjid-istiqlal-dari-unilever
Purwanti, T. (2024, Januari 15). Lazizmu terima Amanah Rp 1,5 miliar dari unilever Indonesia. [cnbcindonesia.com]. Diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20240115194909-4-506093/lazismu-terima-amanah-rp-15-miliar-dari-unilever-indonesia
Copyright (c) 2024 Annisa Mauliddya -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.