Proses Produksi Bidang Teknik TVRI Pusat dalam Memproduksi Program Acara Sholat Jum'at di Istiqlal
Keywords: Produksi Program, Program Televisi, LPP TVRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses produksi bidang teknik TVRI Pusat dalam memproduksi tayangan yang bermutu berdasarkan teori Komunikasi Organisasi di dalmnya. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi bidang teknik TVRI dalam memproduksi tayangan. Tipe penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang diperoleh dari pegawai TVRI Pusat dengan metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawamcara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memproduksi sebuah program, TVRI menjalankan berbagai proses. Yaitu 1) Pra-Produksi, 2) Produksi, dan 3) Pasca Produksi. Setelah melakukan penelitian di TVRI Pusat menyimpulkan, walaupun penonton TVRI sedikit kalah dengan jumlah penonton televisi swasta lainnya, TVRI tetap melakukan dan membuat program – program dengan cara membuat strategi penayangan dan memperbaharui program – programnya agar minat penonton TVRI kembali.
References
Adhita Manggala, R. (2021). BAB II. file:///C:/Users/Windows10/Downloads/2.2.3.pdf
Ainun Rahmadhani. (2020). Eksistensi Televisi Lokal (Studi Deskriptif SINJAI TV di Kabupaten Sinjai). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/11426-Full_Text.pdf
Aisya Febrianti Masnur, M. F. S. (2021). Konsep Manajemen Strategi.
Andi Sapna inaya Suharjono. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Cafe Social Barn Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Di Masa Pandemi Covid 19 Oleh: Andi Sapna Ainaya Suharjono Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana pada Departemen Ilmu Komunikasi.
Damayanti Kurnia. (2019). PERINGATAN !!! Bismillaahirrahmaanirraahiim Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/4686/01cover_kurnia_10080010194_skr_2015.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Dr. Yusuf Hadijaya, S. P. M. (2019). Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidikan Efektif.
Herdayati, S. P. M. P. dan S. S. Th. I. (n.d.). desainpenelian. 2019. Retrieved June 18, 2023, from https://www.researchgate.net/profile/Syahrial-Syahrial-2/publication/336304206_Desain_Penelitian_dan_Teknik_Pengumpulan_Data_Dalam_Penelitian/links/5d9ac0ab92851c2f70f2184f/desain-Penelitian-dan-Teknik-Pengumpulan-Data-Dalam-Penelitian
Farida Nugrahani. (2020). 21-07-1730.
Johar Firdaus, L. J. F. G. (2022). Unit analisis 3.3. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/13176/11437
M. Dermawansyah, R. M. R. (n.d.). 2.2.3 Strategi Komunikasi. 2020. Retrieved June 18, 2023, from http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/1047/685
Muhammad Budyatna, L. M. G. (2019). Teori Komunikasi Antarpribadi. http://repository.uinsu.ac.id/1107/5/Bab%20II.pdf
Nur Zeina Maya Sari. (2020). Desain Penelitian Sugiyono 3.1. http://journal.unla.ac.id/index.php/sosiohumanitas/article/view/110
Rizkyta Rahmansari. (2019). Pengertian Komunikasi Organisasi 2.2.1. 79–80. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/negara/article/view/788
Siti Nurfatihah. (2020). Produksi Program Televisi (Studi kasus acara variety show Dahsyat di RCTI).
Copyright (c) 2024 Cep Tian Ishak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.