Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa ITS
Keywords: perilaku konsumtif, media sosial, mahasiswa
Abstract
Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi telah membuat akses internet mudah tersedia bagi semua orang. Penelitian ini menyelidiki hubungan antara penggunaan media sosial dan perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna media sosial, terutama di kalangan remaja, penelitian ini berfokus pada bagaimana media sosial mempen garuhi kebiasaan pengeluaran mereka. Data dikumpulkan dari mahasiswa ITS melalui survei online dan dianalisis menggunakan metode penelitian korelasional. Hasilnya menunjukkan adanya korelasi signifikan antara penggunaan media sosial yang intensif dan peningkatan perilaku konsumtif. Mahasiswa yang menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial cenderung lebih terpengaruh oleh iklan dan konten promosi, yang mengarah pada pengeluaran yang lebih tinggi dan seringkali tidak perlu. Penelitian ini menyoroti perlunya keterlibatan aktif dari pihak universitas dan orang tua dalam memantau dan membimbing penggunaan media sosial mahasiswa untuk mengurangi dampak tersebut.
References
Fungky, T., Sari, T. P. ., & Sanjaya, V. F. . (2022). PENGARUH GAYA HIDUP SERTA LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z PADA MASA PANDEMI. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 82-98. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.71.
Sofia, A., & AdiyantI, M. G. (2013). Hubungan pola asuh otoritatif orang tua dan konformitas teman sebaya terhadap kecerdasan moral. Jurnal pendidikan progresif, 4(2), 133-141.
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA DI GENUK INDAH SEMARANG. Jurnal Psikologi, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14.
PERDANA, P. I., & Mujiasih, E. (2018). HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MEMBELI PAKAIAN PADA MAHASISWI ANGKATAN 2016 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal EMPATI, 6(4), 195-208. https://doi.org/10.14710/empati.2017.20031.
Kemp, S. (2024). Digital 2024: Indonesia. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia.
Muhamad, N. (2024). Mayoritas Anak Muda Indonesia Gunakan Internet untuk Media Sosial. Databoks.Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/11/mayoritas-anak-muda-indonesia-gunakan-internet-untuk-media-sosial
Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google form sebagai alternatif pembuatan latihan soal evaluasi. URECOL, 183-188.
https://journal.unimma.ac.id/index.php/urecol/article/view/1582
Pratama, R., Aisyah, S. A., Putra, A. M., Sirodj, R. A., & Afgan, M. W. (2023). Correlational Research. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1754-1759.
https://journal.unimma.ac.id/index.php/urecol/article/view/1582
Nabil, A., Wirawan, M. A., Lauzzadani, R., & Rakhmawati, N. A. (2024). RayhanLauzzadani/Dataset-Kuesioner-Pengaruh-MediaSosial-terhadap-PerilakuKonsumtif. Zenodo. https://doi.org/10.5281/zenodo.11322397.
Copyright (c) 2024 Ahmad Nabil, Mochammad Afandi Wirawan, Rayhan Lauzzadani, Nur Aini Rakhmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.