Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Layanan Pendidikan Taman Kanak-Kanak
Keywords: kinerja, layanan, manajerial, pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pengaruh manajerial kepala sekolah dan kinerja guru terhadap layanan pendidikan taman kanak-kanak (TK) di Kecamatan Kasihan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dari 50 TK di seluruh Kecamatan Kasihan. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 kepala sekolah yang dinilai oleh masing-masing 5 orang guru di tempatnya mengajar, 50 orang guru yang dinilai oleh 10 kepala sekolah di tempatnya mengajar dan 50 orang tua murid yang menilai 10 TK tempat anaknya bersekolah. Penelitian ini disusun untuk menghasilkan hipotesis penelitian dengan mengukur sejumlah variabel, menghitung koefisien korelasi antara variabel-variabel, dan variabel mana yang berkorelasi kemudian melihat pengaruhnya. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan: 1) Manajemen kepala sekolah berkorelasi positif dan signifikan dengan layanan pendidikan, ketika manajemen sekolah semakin baik maka layanan pendidikan pun semakin baik, 2) Kinerja guru berkorelasi positif dan signifikan terhadap layanan pendidikan, kinerja guru yang baik akan menjadikan layanan pendidikan juga semakin baik, 3) Manajemen kepala berkorelasi positif dansignifikan terhadap kinerja guru, semakin baik manajemen kepala sekolah maka semakin baik kinerja guru. Untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat sebaiknya kepala sekolah dan guru meningkatkan manajemen dan kinerjanya.
Copyright (c) 2023 Yeti Sukarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.