Optimalisasi Keterjangkauan Layanan Bank Sampah di Wilayah Kelurahan Kebagusan Kota Administrasi Jakarta Selatan

  • Danny Primasmada Student
  • Laili Fuji Widyawati Universitas Esa Unggul
  • Mohamad Yohan Badan Perencana Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta
  • Prama Ardha Aryaguna Badan Perencana Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta
  • Ratnawati Suryandari Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.33830/Reksabumi.v3i1.5311.2024

Keywords:

isoline, bank sampah, keterjangkauan spasial, optimalisasi

Abstract

Jakarta sebagai Ibukota Negara Indonesia yang tidak terlepas dari permasalahan persampahan. Persoalan persampahan di DKI Jakarta seperti tidak ada habisnya, hal ini terjadi karena adanya peningkatan jumlah penduduk dan jumlah kontribusi sampah serta jenisnya, salah satunya sampah kemasan yang sangat mendominasi dan juga sulit untuk terurai secara alami serta berujung pada semakin bertambahnya volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Berdasarkan informasi data yang telah diperoleh melalui Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Pasar Minggu Kota Administrasi Jakarta Selatan, di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan terdapat 7 (tujuh) Kelurahan salah satunya Kelurahan Kebagusan dimana volume sampah yang terdapat di Kelurahan Kebagusan mengalami peningkatan setiap tahunnya dan mencapai kurang lebih 20 ton/hari. Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis jangkauan optimal bank sampah di Kelurahan Kebagusan secara spasial, dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Persebaran bank sampah, Jangkauan pelayanan, dan Optimasi pelayanan. Teknik analisis yang digunakan yaitu Buffering dan perhitungan daya jangkau pelayanan (Isoline). Hasil daya jangkauan pelayanan bank sampah terluas yaitu Bank Sampah Flamboyan yang berlokasi di RW 02, sementara daya jangkauan pelayanan terkecil yakni Bank Sampah Durian di RT 003/08. Kemudian dilakukan penentuan rata-rata jangkauan maksimum pelayanan. Hasil perhitungan yang diperoleh jumlah rata-rata jangkau pelayanan maksimum yakni sejauh 569 meter yang dijadikan standar jangkauan optimal pelayanan bank sampah di wilayah Kelurahan Kebagusan. Selain itu, hasil daya jangkau pelayanan yang diperoleh telah ditemukan 3 klasifikasi pelayanan bank sampah di wilayah kelurahan kebagusan.

References

Addahlawi, H. A., Mustaghfiroh, U., Ni'mah, L. K., Sundusiyah, A., & Hidayatullah, A. F. (2019). Implementasi prinsip good environmental governance dalam pengelolaan sampah di indonesia. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 8(2), 106-118.

Arifa, F., Cita, F. P., Hadi, A., Program, I., Pembangunan, S. E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Bank Sampah Di Kabupaten Sumbawa (Studi Kasus Bank Sampah Desa Nijang). NJE Nusantara Journal of Economics, 01(01), 14–27.

Asmi. (2021). Efektivitas Program Bank Sampah Di Wilayah Kelurahan Kebagusan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Burhanuddin, Harjito, Trishuta Pathiassana, M., & Trishuta Pathiussina, R. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Keberlanjutan Pengelolaan Bank Sampah Di Desa Semamung. Jurnal TAMBORA, 5(2), 87–96. https://doi.org/10.36761/jt.v5i2.1130

Fatmawati, A., Arief Muhsin, M., Taufik, A., & Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah Kota Makassar Jalan Jenderal Ahmad Yani No, B. (2019). Kinerja Pelayanan Bank Sampah Kota Makassar. In Jurnal Inovasi dan Pelayanan Publik Makassar (Vol. 1, Issue 2). www.cnnindonesia.com,

Fadhilah, A., Sugianto, H., Hadi, K., Firmandhani, S. W., Murtini, T. W., & Pandelaki, E. E. (2011). Kajian Pengelolaan Sampah Kampus Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Modul, 11(2).

Hapsari, L. A., Mernisa, M., Oktamarsetyani, W., & Yustiana, I. A. (2016). Prinsip Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Biologi Yang Menggunakan Paradigma Positivistik Kuantitatif (Issue 16725251031).

Irwan. (2021). Relevansi Paradigma Positivistik Dalam Penelitian Sosiologi Pedesaan. Ilmu Sosial, 17(August 2018), 21–38. https://doi.org/10.14710/jis.17.1.2018.21-38

Janfa, R. D. (2021). Jangkauan Pelayanan Fasilitas Kesehatan Dan Fasilitas Pendidikan Di Kecamatan Limapuluh Berdasarkan Konsep Neighborhood Unit. Universitas Islam Riau.

Lubis, Lega Reskita; Umari, Z. F. (2019). Analisis Pengelolaan Pengangkutan Sampah Di Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang. Jurnal Teknik Sipil UNPAL, 9(2).

Marwati, U., Noor, L. S., Laksmitawati, D. R., & Nurhidayati, L. (2022). Pengaruh Pelatihan Pembuatan Minuman Probiotik Serta Efikasi Diri Terhadap Minat Usaha Kelompok Masyarakat Pendiri Bank Sampah Di Kota Depok. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 103–111.

Memah, D., Tumbel, A., & Rate, P. V. (2015). Analisis Strategi Promosi, Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Citraland Manado. In Analisis Strategi Promosi (Vol. 3, Issue 1).

Nisa, S. Z., & Saputro, D. R. (2021). Pemanfaatan Bank Sampah sebagai upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Kelurahan Kebonmanis Cilacap. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 89–103. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v3i2.3899

Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, 6 JDIH BPK RI 163 (1981). https://doi.org/10.1016/0166-3097(81)90070-5

Tanjung, N. (2019). Peran Bank Sampah Mutiara Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dikelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, 76 JDIH BPK RI 61 (2008).

Zohriah, A. (2015). Analisis standar sarana dan prasarana. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(02), 53-62.

Published
2024-08-28
How to Cite
Primasmada, D., Widyawati, L. F., Yohan, M., Aryaguna, P. A., & Suryandari, R. (2024). Optimalisasi Keterjangkauan Layanan Bank Sampah di Wilayah Kelurahan Kebagusan Kota Administrasi Jakarta Selatan. REKSABUMI, 3(1), 63–77. https://doi.org/10.33830/Reksabumi.v3i1.5311.2024
Section
Articles