Analisis Kinerja Pengelolaan Sampah di Kabupaten Pangandaran

Analisis Kinerja Pengelolaan Sampah di Kabupaten Pangandaran

  • Desi Ratna Suminar Menikah

DOI:

https://doi.org/10.33830/Reksabumi.v3i2.5402.2024

Keywords:

indeks kinerja pengelolaan sampah (IKPS), Kabupaten Pangandaran, interprestasi nilai IKPS

Abstract

Pelayanan pengelolaan sampah sangat penting untuk menjaga kualitas lingkungan terutama di daerah kota wisata seperti Kabupaten Pangandaran. Terjadinya penumpukan sampah di lokasi wisata menyebabkan ketidaknyamanan terhadap pengunjung wisata. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk meningkatkan pelayanan pengelolaan sampah, tetapi penumpukan sampah kerap terjadi di daerah pantai, baik itu sampah dari pengunjung atau pun sampah kiriman dari sungai. Oleh sebab itu, diperlukan  Indeks Kinerja Pengelolaan Sampah (IKPS) sebagai alat ukur untuk mengetahui seberapa besar kinerja pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan menginterprestasikan Nilai IKPS. Metode yang digunakan adalah menggunakan perhitungan nilai Indeks Kinerja Pengelolaan Sampah. Hasil dari perhitungan nilai IKPS, Kabupaten Pangandaran memiliki nilai IKPS sebesar 43,18 dengan kategori Sangat Kurang, artinya kinerja pengelolaan sampah di Kabupaten Pangandaran belum maksimal dan masih perlu ditingkatkan.

References

Ajrina, F. I., Putri, H. T., & Maryati, S. (2020). Kinerja pengelolaan sampah kota Bandar Lampung berdasarkan sudut pandang pemerintah. Lampung: Institut Teknologi Sumatera.

Anggraeni, D. A. R., Ati, N. U., & Sekarsari, R. W. (2021). Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Dalam Pengelolaan Sampah Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).(Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu). Respon Publik, 15(6), 43-49.

Fitriasari, S., Iswandi, D., Insani, N. N., & Aulia, S. R. (2021, December). Implementasi Program Pertukaran Pelajar dalam Kegiatan Belajar di Luar Kampus–Kampus Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 4).

Hidayati, T. (2019). Statistika Dasar Panduan Bagi Dosen dan Mahasiswa.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2020. Pedoman Perhitungan Nilai Indeks Kinerja Pengelolaan Sampah. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2-52.

Marlina, A. (2020). Tata Kelola Sampah Rumah Tangga melalui Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 125-144.

Rumakat A A., Juwana I., & Ainun S. (2021). Penyusunan Indeks Tingkat Pelayanan Sistem Pengelolaan Sampah Kota.Jurnal Institut Tekhnologi Nasional, 9(1), 33-50.

Samsam, N. (2023). Potensi Pengembangan Obyek Wisata Mangrove menuju Wisata Ramah Muslim di Desa Salubiro Mamuju Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Sitawati A., & Situmorang R. Sistem Informasi Perencanaan. Universitas Terbuka, 2022

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Published
2024-08-28
How to Cite
Desi Ratna Suminar. (2024). Analisis Kinerja Pengelolaan Sampah di Kabupaten Pangandaran: Analisis Kinerja Pengelolaan Sampah di Kabupaten Pangandaran. REKSABUMI, 3(2), 78–92. https://doi.org/10.33830/Reksabumi.v3i2.5402.2024
Section
Articles