STUDENTS ACCESSIBILITY AND INTENSITY TO THE ONLINE TUTORIAL PROGRAM

Authors

  • Ernik Yuliana Universitas Terbuka

Keywords:

accessibility, aksesibilitas, intensitas, intensity, online tutorial, tutorial online

Abstract

Salah satu jenis tutorial yang dikembangkan Universitas Terbuka (UT) adalah tutorial online, yaitu bentuk alternatif tutorial yang mempercepat proses interaksi antara mahasiswa dengan tutor. Tujuan penulisan artikel adalah menganalisis upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan intensitas mahasiswa dalam tutorial online. Responden penelitian adalah mahasiswa Program Studi Agribisnis FMIPA-UT yang dipilih dengan sengaja berdasarkan tingkat keaktifan dalam tutorial online. Teridentifikasi ada 90 mahasiswa yang aktif, dan dikirimkan kuesioner kepada mereka. Jumlah kuesioner yang telah diisi dan dikirim kembali adalah 38 kuesioner. Kuesioner dikirimkan kepada responden melalui pos, e-mail, dan disisipkan dalam tutorial online. Pengumpulan data menggunakan metode sensus, data dianalisis secara deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas dan intensitas mahasiswa dalam tutorial onlineadalah rendah, ditunjukkan dengan jumlah waktu akses < 1,7 jam per minggu, dan frekuensi akses (1-11 jam per minggu). Artinya, responden belum memanfaatkan tutorial online dengan optimum sebagai media pembelajaran. Sebagian besar responden mempunyai interaksi yang sedang. Mereka lebih banyak terfokus pada bagian utama dalam tutorial online, yaitu forum diskusi, sementara beberapa bagian lain dalam tutorial online belum dimanfaatkan. Upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan intensitas mahasiswa dalam tutorial online adalah: 1) meningkatkan sosialisasi pelaksanaan tutorial online kepada mahasiswa; 2) mengembangkan materi inisiasi yang menarik; 3) pembekalan tutor; 4) kerja sama UT dengan penyedia jaringan internet di daerah untuk memperluas akses mahasiswa terhadap tutorial online.

 

Universitas Terbuka (UT) - The Indonesia Open University - provides online tutorial as one of the techniques for improving interaction process between students and tutors. This article is aimed at analyzing efforts which can improve the students accessibility and intensity to the online tutorial. Respondents were purposively selected based on the level of students activity on the online tutorial at Agribusiness Study Program. Of the 90 people who were sent the questionnaire, 38 people returned the completed questionnaire. Questionnaires were distributed to students by way of postal mail, e-mail, and inserted on the online tutorial program. Data were collected by census method, analysed by descriptive and multiple regression analysisThe findings indicated that the students accessibility and intensity to the online tutorial is still low, indicated by the number of low access time (<1.7 hours per week) and low access frequency (1-11 hours per week). The respondents were not use online tutorial program optimally as a medium of learning. At most, respondents had only medium interaction in the online tutorial. They were mostly focused on the main part of the online tutorial, e.g. the discussion forum, while many other parts were less explored. Efforts to improve the students accessibility and intensity to the online tutorials are: 1) Improving socialization of online tutorial; 2) developing interesting initiation materials; 3) tutor briefing for improvement; and 4) cooperation of UT with internet service providers in the region to expand alternative access of online tutorials for the students.

References

Budiwati, Y. (2007). Pengaruh pengelolaan tutorial online terhadap partisipasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 8 (1), 54-67.

Kustiari et al. (2006). Faktor-faktor penentu tingkat kemampuan petani dalam mengelola lahan marjinal. Jurnal Penyuluhan 2 (1), 7-17.

Librero, A.D. (2010). Implementing an online photography course at the up Open University: Converging ICTs to enhance student learning outcomes and achievements. AAOU Journal 5 (2), 103-112.

Padmo, D. & Pribadi, B. (2002). Media dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh. Dalam T. Belawati (Eds). Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Padmo, D. & Julaeha, S. (2007). Tingkat kepedulian dan self efficacy mahasiswa Universitas Terbuka terhadap e-learning. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 8 (1), 40-53.

Panen, P. (2002). Pengertian sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh. Dalam T. Belawati, dkk (Eds). Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rashid, N. & Rashid, M. (2011). Issues and problems in distance education. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE 12 (4): Article 5.

Sapari, Y. Saleh, A. & Lumintang, R.W.E. (2009). Pemanfaatan media komunikasi Prima Tani, aksesibilitas kelembagaan tani, persepsi petani tentang teknologi agribisnis industri pedesaan. Jurnal KMP (Komunikasi Pembangunan) 07 (1), 26-36.

Suparman, A. (2004). Desain Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanti (2007). Pengaruh faktor internal mahasiswa terhadap partisipasi mahasiswa dalam tutorial online. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 8 (1), 68-82.

Yuliana, E. (2007). Hubungan karakteristik mahasiswa dengan persepsinya terhadap tugas akhir program. Jurnal Pendidikan 8 (1), 32-50.

Yuliana, E. & Wardiny, T.M. (2011). Aksesibilitas dan intensitas mahasiswa dalam tutorial online (Kasus: Mahasiswa Program Studi Agribisnis FMIPA-UT). Laporan Penelitian Kelembagaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yuliana, E. & Winata, A. (2009). Persepsi mahasiswa terhadap tutorial online mata kuliah Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut (Kasus Program Magister Manajemen Perikanan Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan Terbuka Jarak Jauh 10 (2), 118-128.

Downloads

Published

30-08-2013

How to Cite

Yuliana, E. (2013). STUDENTS ACCESSIBILITY AND INTENSITY TO THE ONLINE TUTORIAL PROGRAM. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 14(1), 24–32. Retrieved from http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/390

Issue

Section

Articles