Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Brownies pada PT. Wali Songo Joyo

  • Muhammad Rifqi Maulana Universitas Trunojoyo Madura
  • Ifan Rizky Kurniyanto Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.33830/Agridev.v2i2.9860.2024

Kata Kunci:

Brownies, Harga, Pembelian, Promosi, Regresi

Abstrak

PT. Wali Songo Joyo adalah sebuah perusahaan yang menghadapi tantangan dalam mencapai target penjualan meskipun telah memiliki beberapa outlet dan stand resmi di berbagai kota. Akses pasar yang terbatas dan penjualan yang belum optimal menunjukkan perlunya adopsi strategi baru untuk mengatasi kendalatersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk brownies pada PT. Wali Songo Joyo. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan data primer yang dikumpulkan langsung dari responden melalui wawancara dan kuesioner. Sampel ditentukan dengan metode non-probability sampling, khususnya dengan Accidental Sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan skala Likert untuk mengukur variabel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial, harga tidak memiliki dampak signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara promosi memiliki pengaruh yang signifikan. Secara keseluruhan, harga dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Referensi

Aisy, M. R. (2024). Tren Bisnis Online: Analisis Perubahan Konsumen dan Strategi Pengembangan Bisnis di Era Digital. Jurnal Of Comprehensive Science, 3(3), 750–755. https://doi.org/https://doi.org/10.59188/jcs.v3i3.659

Akbar, S., Sjahruddin, H., Tangngisalu, J., & Pascawati, P. N. S. (2021). Dampak Promosi, Harga, Dan Diferensiasi Produk Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 10(2), 172–179. https://doi.org/10.52643/jam.v10i2.1013

Ares, G., & Gámbaro, A. (2007). Influence of gender, age and motives underlying food choice on perceived healthiness and willingness to try functional foods. Appetite, 49(1), 148–158. https://doi.org/10.1016/j.appet.2007.01.006

Arganini, C., Saba, A., Comitato, R., Virgili, F., & Turrini, A. (2012). Gender Differences in Food Choice and Dietary Intake in Modern Western Societies. Public Health - Social and Behavioral Health. https://doi.org/10.5772/37886

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Aswar, N. F., Burhanuddin, M. K., & Latiep, I. F. (2020). Product Quality and Price on the Purchase Decision of Hawai Bakery Agents Merauke Products. Economics and Digital Business Review, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.37531/ecotal.v1i2.12

Badan Pusat Statistik. (2023). Jumlah Perusahaan menurut provinsi (Unit), 2020-2022. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDQwIzI=/jumlah-perusahaan-menurut-provinsi.html

Cahya, A. D., Andrian, R., Ramadhani, R. C., & Dwijayanti, E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Roti Bakar 97). JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 175–183. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3444

Cahyono, Y., Suryani, P., & Elvandari, N. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Vista Bangun Propertindo. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(1), 1–23.

Damayanti, N., & Firmansyah, A. (2021). Peran Tata Kelola Perusahaan Dalam Kinerja Operasional dan Kinerja Pasar Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, 26(2), 196. https://doi.org/10.24912/je.v26i2.746

Daulay, L. I. A., Ahmad, K., & Supaino. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Labelisasi Halal, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Brownies Amanda. Konferensi Nasional Sosial Dan Engineering Politeknik Negeri Medan Tahun 2022, 663–673.

Defriyanti, A., & Ernawati, D. (2022). Analisis dan Mitigasi Risiko Pada Supply Chain dengan Pendekatan Metode House Of Risk (HOR) di PT. XYZ. Juminten, 2(6), 36–47. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i6.351

Devi Natalia, Nana Sutisna, C. G. F. (2020). The Influence of Price and Quality of Products on The Purchase Decision of Bread Products. International Journal Management and Economic, 2(3), 147–151.

Hamida, I. A., & Amron, A. (2022). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Layanan Pesan-Antar Shopee Food (Studi pada Pengguna Shopee Food di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 25(1), 33. https://doi.org/10.31941/jebi.v25i1.1921

Irwansyah, Lestari, Y., & Adam, N. F. (2020). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di bursa efek indonesia. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 16(2), 259–267. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI

Kurniyanto, I. R., & Krisnamurthi, B. (2018). Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Harga Saham Perusahaan Perkebunan Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2016. Forum Agribisnis, 8(2), 199–211. https://doi.org/10.29244/fagb.8.2.199-211

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Marsila, Mappatompo, A., & Rizal, S. (2023). Indonesian Journal of Management Studies ( I J M S ). 10–25.

Muhidin, M., & Situngkir, T. L. (2022). Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015 - 2021. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(1), 15–27. https://doi.org/10.47467/manageria.v3i1.2093

Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447

Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ : International Journal of Business, 4(2), 62. https://doi.org/10.33365/tb.v4i2.1335

Pratama, M. A., Andari, T. T., & Gunawan, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Keputusan Pembelian Roti Soek Padjajaran Bogor. Karimah Tauhid, 2. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/8583/4008

Prayudi, A. (2022). Analisis Pengaruh Penggajian, Fasilitas Kerja Dan GayaKepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pd. PembangunanKota Binjai. Jurnal Manajemen, 8(1), 2301–6256. https://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/viewFile/154/136

Rahmadani, N. A., Nawangsih, & Abrori, I. (2022). Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Lokasi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Brownies Amanda di Kabupaten Lumajang Niken Ayu Rahmadani 1 , Nawangsih, 2 , Imam Abrori 3. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 5(1), 14–22. https://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/634

Restuningtyaswidi, H., & Simamora, L. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Buah Dan Sayur Terhadap Penggunaan Aplikasi Di Jabodetabek. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 17(2), 39–54. https://doi.org/https://doi.org/10.20956/jsep.v17i2.18188

Röhr, A., Lüddecke, K., Drusch, S., Müller, M. J., & Alvensleben, R. V. (2005). Food quality and safety - Consumer perception and public health concern. Food Control, 16(8 SPEC. ISS.), 649–655. https://doi.org/10.1016/j.foodcont.2004.06.001

Roibafi, N. L., Soeprajitno, E. D., & Wihara, D. S. (2022). Analisis kualitas produk, promosi dan penampilan karyawan terhadap keputusan pembelian di toko kue riezza tart and brownies. Simposium Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 133–139. proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/1838/1373

Sander, D. A., Chan, A., & Muhyi, H. A. (2021). Keterkaitan Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tinjauan Sistematis Literatur Review. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(3), 283–300.

Slack, N., Singh, G., & Sharma, S. (2020). The effect of supermarket service quality dimensions and customer satisfaction on customer loyalty and disloyalty dimensions. International Journal of Quality and Service Sciences, 12(3), 297–318. https://doi.org/10.1108/IJQSS-10-2019-0114

Styaningrum, A. (2019). PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN(Studi Pada Rumah Brownies Maylisa). Buletin Bisnis & Manajemen, 05(02), 136–147.

Van Quang, N., Dang Quang, N., Bich Thao, P., Thi My Loan, L., Kim Oanh, N., & Thanh Tung, A. (2023). Research on Faktors Influencing Tiktok Shop Buying Behavior of Students of Hanoi University of Industry. EON Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 12(6), 63–73.

Xiong, Y. (2022). The Impact of Artificial Intelligence and Digital Economy Consumer Online Shopping Behavior on Market Changes. Discrete Dynamics in Nature and Society, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/9772416.

Diterbitkan
2024-09-10
Cara Mengutip
Maulana, M. R., & Kurniyanto, I. R. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Brownies pada PT. Wali Songo Joyo. AgriDev, 2(2), 74–86. https://doi.org/10.33830/Agridev.v2i2.9860.2024
Bagian
Articles