Hubungan Motivasi Ekstrinsik dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 024 Tarai Bangun Pekanbaru
Keywords: Learning Outcomes, Learning Motivation, Elementary Mathematics Learning
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan keterkaitan antara motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 024 Tarai Bangun. Jenis penelitian yaitu korelasional. Populasi murid kelas V A SDN 024 Tarai Bangun yang totalnya yakni 24 siswa. Sampel diambil dengan menerapkan teknik sampling jenuh. Teknik penyusunan data yaitu angket, wawancara serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data memanfaatkan statistic, sebelumnya dilaksanakan uji prasyarat analisis mencakup uji normalitas serta uji linearitas. Hasil penelitian secara deskriptif memperlihatkan motivasi ekstrinsik siswa kelas V A di SD 024 Tarai Bangun termasuk kategori sedang melalui nilai rata-rata (Mean) = 52,50. Sedangkan hasil belajar Matematika murid Kelas V A SD Negeri 024 Tarai Bangun ada pada kategori tinggi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata (Mean) = 71,50. Secara korelasional variabel motivasi ekstrinsik memiliki keterkaitan yang cukup signifikan hasil belajar Matematika melalui nilai rhitung = 0,534 dan nilai p = 0,007 < 0,05. Rata-rata siswa yang bermotivasi yang amat tinggi serta mempunyai indeks hasil belajar yang baik bahkan sangat baik.
In this study, Class V students at SD Negeri 024 Tarai Bangun were asked to describe the correlation between extrinsic motivation and their mathematical learning outcomes. Correlational research is used in this field. 24 students are enrolled in class V A at SDN 024 Tarai Bangun. Saturated sampling was used to collect samples. Techniques for gathering data include surveys, interviews, and documentation. The data analysis method makes use of statistics. Prior to this, tests for the prerequisites of analysis, such as normality and linearity tests, have been performed. The study's descriptive findings demonstrated that Class V A students at Tarai Bangun SD 024 had moderate extrinsic motivation, with an average value (Mean) of 52.50. Students in Class V A at SD Negeri 024 Tarai Bangun have achieved exceptional levels of proficiency in mathematics. The average value (Mean) from the research findings was 71.50. Extrinsic motivation has a substantial correlation with learning outcomes in mathematics, with a value of rcount = 0.534 and a value of p = 0.007<0.05. On average, students are very highly motivated and have good or even very good learning outcome indexes.
References
Abdul Majid & Arief Z (2015). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Partisipasi Siswa dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1). 1-11
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmelia, S. P., & Fitria, Y. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 76-87.
Atika Windi Nuriski (2015). Kontribusi Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sambi Tahun Ajaran 2015/ 2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Azka, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Gaya Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 23-31.
Duwi Priyatno. 2014. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi.
Elmy Maryana. (2021). Hubungan Motivasi Ekstrinsik Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 2 Bumiharjo. Jurnal Unipma.
Friantini, R. N.,, & WInata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.
Hamzah B Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2016). Pengaruh karakteristik gender dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 32-45.
Indriani, A. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa kelas V terhadap prestasi belajar matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 134-139.
Kasdiyanti, A., Alpusari, M., Mulyani, E. A., & Hermita, N. (2019). Hubungan Motivasi Ekstrinsik Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Se-Gugus I Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 1-5.
Mursi, I. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Kompetensi Belajar Kognitif Selama Pembelajaran Daring Biologi. 4(1), 39–44.
Nita Sulistyarini. 2016. "Pengaruh Model Make A Match pada Pemberlajaran IPA terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus III Jumapolo Kabupaten Karangayar," Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Nyanyu Khodijah. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Pratiwi, N. W. D., Asri, I. A. S., & Kristiantari, M. R. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 192-201.
Pratiwi, N. L. P. P., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. R. (2018). Hubungan antara motivasi ekstrinsik dengan kompetensi pengetahuan ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 8(2), 114–121.
Risma Dewi. (2019). Karakteristik Motivasi Ekstrinsik dan Intrinsik Siswa SMP Dalam Belajar Matermatika. Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika, vol I no(2), 116 - 126.
Suardana, A. A. P. C. P., & Simarmata, N. (2013). Hubungan antara motivasi belajar dan kecemasan pada siswa kelas VI Sekolah Dasar di Denpasar menjelang Ujian Nasional. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 203-212.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumantri, & Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Ulandari, K. S. S., Dibia, I. K., & Sudana, D. N. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2).
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa10 Halim Perdana Kusuma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.
Yunita Dwi Rezki., Trisniawati, & Muanifah, M. T. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bumirejo. Trihayu Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8 (I), 1239 - 1245.
Copyright (c) 2023 Dinda Permata Bunda, Trisniawati, Mahmudah Titi Muanifah, Sri Adi Widodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.